Manfaat Bayam dan Kandungan Nutrisinya

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-bayam-dan-kandungan-nutrisinya.html
Bayam merupakan makanan kegemaran dari tokoh kartun terkenal, Popeye. Setiap kali mengkonsumsi bayam, Popeye berubah menjadi sangat kuat dan tak terkalahkan. Tentu bukan tanpa alasan kenapa sang penulis memilih bayam sebagai makanan super dalam ceritanya. Dalam kehidupan nyata, bayam memang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Bayam memiliki nama Latin Amaranthus tricolor Linn dan berasal dari suku amaranthaceae. Di Indonesia, terdapat dua jenis bayam, ada yang berdaun hijau ada juga yang berdau merah. Bayam sering dikonsumsi sebagai sayur bening, campuran gado-gado, pecel, belakangan juga dijadikan keripik. Meski merupakan sayuran dengan kandungan gizi cukup tinggi, namun bayam bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar dengan harga murah.

Kandungan Nutrisi Bayam


Selain mengandung serat, bayam juga kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat, zat besi, dan seng.

Kandungan Gizi dalam 100 gram Bayam

Manfaat Bayam untuk Kesehatan


Bayam memang sayuran dengan harga murah. Namun kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan bayam sebagai makanan yang mempunyai manfaat tinggi untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bayam untuk tubuh kita:

Mencegah Kanker

Serat pada bayam yang mampu mencegah sambil tidak memberi kesempatan pada zat karsinogen (zat penyebab kanker) "nyangkut" di dinding usus. Selain itu, klorofil pada bayam hijau mampu mencegah mutasi sel menjadi ganas. Pigmen merah pada bayam merah kaya flavonoid yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah kanker.

Mencegah Jantung Koroner

Bayam yang mengandung kolin dan inositol mampu mencegah jantung koroner. Kedua senyawa ini bahu membahu mencegah penimbunan plak.

Kadar Gula Darah

Kandungan seratnya membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga setelah makan tidak serta merta menaikkan kadar gula darah.

Kesehatan Mata

Luteinnya dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Penelitian di AS menunjukkan, mereka yang makan bayam ataupun sayuran hijau lainnya 5 porsi atau lebih dalam seminggu, risiko terkena degenerasi makula turun hingga 43%.

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi pada bayam tak diragukan lagi. Para ahli bahkan meyakini, kandungan zat besinya dua kali lipat lebih banyak sayuran lainnya. Cocok diasup oleh penderita anemia akibat kekurangan zat besi.

Menurunkan Berat Badan

Bayam memiliki kadar kalori yang rendah dan juga serat yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat dan lemak serta memberi rasa kenyang di lambung. Konsumsi bayam sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Lainnya

Bayam kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi mencegah pertumbuhan janin yang cacat. Kandungan kalsium dan magnesiumnya berkhasiat menguatkan tulang dan gigi.

Catatan Penting!!!
  • Bagi Anda yang menderita kadar asam urat tinggi, artritis, dan peradangan di saluran cerna sebaiknya jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi bayam.
  • Sedikit tips saat memasak bayam, jangan dipotong terlalu kecil dan dimasak sampai terlalu matang karena akan menghilangkan beberapa kandungan nutrisi di dalamnya.

Oke, itu dia informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat bayam bagi kesehatan. Meski murah, bayam kaya akan kandungan nutrisi dan khasiat kesehatan.

Related Posts

6 comments: