Tips Agar Tertidur Lelap Dengan Cepat

shares |

ADVERTISEMENT

Tips Agar Tertidur Lelap Dengan CepatSetelah seharian beraktifitas membuat tubuh terasa sangat lelah di malam harinya sehingga biasanya seseorang lebih memilih untuk langsung tidur atau beristirahat. Namun, saat menjelang tidur sering terdapat beberapa kendala yang sering dialami oleh beberapa orang, misalnya adalah sulit tidur (bukan berarti insomnia), penyebabnya bisa karena masih memikirkan sesuatu seperti pekerjaan di kantor, meeting, tugas sekolah bagi pelajar, dan masih banyak lagi. Kiat awal agar tidur Anda berkualitas adalah dengan memfokuskan pikiran Anda untuk tidur, dan tidur, bukan yang lain. Langkah kedua yang bisa Anda coba agar waktu istirahat Anda terasa bermakna adalah dengan melakukan tips agar bisa tertidur lelap berikut ini, silahkan di simak baik-baik.

Tips Agar Bisa Tidur Dengan Lelap dan Nyenyak


1. Tidur dalam keadaan gelap

Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar tidur Anda nyenyak, salah satunya adalah dengan tidur dalam keadaan ruangan yang gelap, yaitu dengan mematikan lampu. Banyak sekali manfaat yang didapat jika tidur dalam keadaan ruangan yang lampunya mati adalah meningkatkan kinerja otak, mengurangi risiko pemanasan global, dan yang paling pnting adalah lebih cepat terlelap.

2. Abaikan pikiran Anda kecuali tidur

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal tadi, saat menjelang tidur usahakan untuk fokus tidur dan tidak memikirkan hal lain yang tidak ada kaitannya dengan tidur Anda. Namun, sangat tidak wajar jika otak tidak di gunakan untuk berpikir, oleh sebab itu sekalipun ada hal yang harus Anda pikirkan saat menjelang tidur, coba untuk memikirkan sesuatu yang berkaitan dengan tidur Anda seperti mimpi indah dan semacamnya.

3. Hindari beraktifitas sebelum tidur

Jangan pernah melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat Anda menjadi asyik sehingga lupa waktu untuk tidur. Misalnya Anda menonton film favorit yang akan tayang di layar televisi, atau bermain playstation, atau mungkin juga membaca novel yang sangat mudah Anda pahami. Jika memang Anda terbiasa melakukan hal tersebut, lakukan saja seperti biasa tetapi cobalah untuk melakukan sesuatu yang sangat sulit Anda pahami maksudnya. Misalnya membaca novel, cobalah untuk baca novel yang Anda tidak mengerti maksudnya sehingga Anda bosan membacanya dan memilih untuk tidur, simpel bukan.

4. Hindari makan malam yang berat

Makan malam yang berat sebelum tidur dapat membuat Anda menjadi gendut karena tidak bisa diolah saat Anda tidur. Jika Anda ingin makan berat, leih baik makan 2.5 jam sebelum Anda tidur karena memang di anjurkan oleh dokter seperti ini.

5. Minum susu

Minum susu hangat sebelum tidur dipercaya dapat membuat tidur Anda semakin rileks, nyaman, dan tentunya semakin nyenyak. Jadi, silahkan dicoba dan buktikan sendiri.

Itu tadi kiat-kiat atau tips yang bisa Anda coba agar dapat tertidur lelap di malam hari setelah lelah beraktifitas seharian penuh.

Related Posts

2 comments:

  1. susah kosentrasi kalau masih ingat kerjaan tak beres

    ReplyDelete
  2. Fokus memang kunci utama cepat tidur!Thanks banget....

    ReplyDelete