Meredakan Demam Dengan Asam Jawa dan Bawang Merah

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/04/meredakan-demam-dengan-asam-jawa-dan.htmlInfo Kesehatan - Demam bisa menerpa siapapun, anak-anak maupun orang dewasa. Demam adalah meningkatnya suhu tubuh diatas normal yang meningkatkan tonus otot serta menggigil. Ketika mengalami demam keadaan tubuh menjadi melemah dan sistem kekebalan tubuh menurun. Didaerah saya Muara Enim, Sumatera Selatan untuk meredakan deman tersebut dapat menggunakan Air Asam Jawa yang dicampur dengan bawang merah. 

Bawang merah mengandung zat Sikloaliin, Floroglusin, Metialiin, Kuersetin, Kaemfreol. zat-zat  ini sangat ampuh untuk menurunkan suhu tubuh atau  Demam dan Asam jawa memiliki sifat Dingin atau sejuk, apabila kedua bahan ini dikombinasikan dapat menurunkan Demam.  

Dimasa saya kecil dulu ketika saya deman ibu saya sering membuat air asam jawa dicampur bawang merah untuk meredakan panas. Ramuan ini sudah dikenal sejak bertahun-tahun lalu. Untuk membuat Ramuan tradisional ini sangat mudah dan tidak merogoh kocek terlalu dalam, untuk membuatnya dapat menggunakan bahan-bahan yang ada dirumah. Caranya adalah sebagai berikut:

  • siapkan wadah mangkuk, 
  • air matang 250 ml
  • asam jawa 1 bungkus kecil siap pakai
  • 3 butir bawang merah, diiris
Cara membuatnya sangat mudah dan tidak meghabiskan waktu yang banyak. Setelah semua bahan sudah siap, masukan air matang, asam jawa dan bawang yang telah diiris tadi kedalam mangkuk dan aduk hingga tercampur. Setelah bahan sudah selesai dbuat, balurkan dikening  orang yang sedang menderita demam selain dibalurkan langsung dikening. Usapkan ramuan tersebut secara berkala yaitu sekitar 30 menit sekali. 

Ramuan ini sebaiknya digunakan terus saat tubuh masih mengalami demam. Air Asam jawa dan Bawang merah ini dapat juga dijadikan sebagai air untuk mengkompres. Ramuan tradisional ini bisa digunakan untuk bayi, anak-anak ataupun orang dewasa.

Related Posts