Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan.html
Buah manggis adalah buah yang berbentuk bulat berukururan sebesar kepalan tangan orang dewasa dan rasanya yang manis sedikit asam. Buah ini sangat disukai karena kesegaran rasanya. Selain rasanya yang lezat, buah yang banyak tumbuh didaerah tropis ini juga banyak mengandung vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Namun, banyak orang yang belum memahami secara utuh tentang manfaat buah manggis ini bagi kesehatan. Karena itulah disini saya akan berbagi kepada anda mengenai manfaat buah manggis untuk kesehatan agar anda dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Mencegah Kanker


Buah manggis mengandung xamthone yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Selain mencegah kanker, kandungan tersebut juga dapat digunakan oleh seseorang yang sudah terlanjur terjangkit virus kanker. Xamthone akan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh terutama pada usus besar dan hati. Tak hanya itu saja, kandungan xamthone dalam buah manggis ini juga berfungsi sebagai pencegah leukimia.

Menangkal Radikal Bebas


Manfaat buah manggis yang berikutnya adalah sebagai penangkal radikal bebas. Buah manggis mengandung kandungan bernama Cetechins dimana zat tersebut sangat penting untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Menurut penelitian, Xamthone adalah zat bermanfaat yang khasiatnya jauh lebih besar dibandingkan vitamin C dan vitamin E. Karena itulah, mengkonsumsi buah manggis rutin setiap hari akan mencegah anda dari serangan radikal bebas sehingga tubuh anda selalu sehat.

Pereda Nyeri


Manggis mengandung zat yang mampu membuat otot tubuh menjadi rileks sehingga rasa nyeri yang ada ditubuh anda akan berkurang sedikit demi sedikit. Cara mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah manggis dalam olahan jus. Hindari penambahan gula yang terlalu banyak karena gula dapat menyebabkan manfaat buah ini sedikit berkurang.

Mengatasi Batu Ginjal


Khasiat buah manggis yang keempat adalah sebagai pencegah penyakit batu ginjal. Seperti yang kita ketahui, batu ginjal merupakan salah satu diantara ribuan penyakit yang membahayakan bahkan dapat merenggut nyawa seseorang. Untuk menghindari bahaya tersebut, sebaiknya mulai saat ini anda rutin mengkonsumsi buah manggis. Selain mencegah batu ginjal, kandungan dalam buah manggis mampu membuat kinerja ginjal anda menjadi lebih baik.

Pelangsing Alami


Buah manggis mengandung Xanthone yang dapat membuat tubuh anda menjadi langsing. Caranya adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat kemudian memperbanyak memakan buah yang kaya kandungan Xanthone seperti buah manggis. Selain berguna untuk melangsingkan tubuh, kandungan xanthone dalam buah manggis juga mampu menghindari diabetes dan penyakit jantung.

Kesehatan Pencernaan


Khasiat buah manggis yang selanjutnya adalah sebagai penjaga kesehatan bagi sistem pencernaan. Seperti yang kita ketahui, seiring bertambahnya usia seseorang maka bakteri yang didalam perutnya akan semakin banyak sehingga penyakit diare akan seringkali menyerang. Untuk mencegah hal itu terjadi, anda dapat mengkonsumsi buah manggis rutin setiap hari dalam jumlah yang wajar saja. anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus, puding, buah segar atau olahan yang lain.

Menambah Stamina


Selain itu, buah manggis juga bermanfaat sebagai penambah stamina bagi manusia.hal ini dikarenakan buah manggis dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat beraktifitas. Konsumsilah buah ini minimal satu buah setiap harinya.

Demikian beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan yang semoga dapat menambah pengetahuan anda. Cegahlah penyakit sejak dini dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah manggis. Semoga bermanfaat !

Related Posts