Resep Cara Membuat Kolak Pisang untuk Buka Puasa

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/06/resep-cara-membuat-kolak-pisang-untuk.html
Kolak pisang merupakan makanan yang banyak digemari karena rasanya yang unik, manis dan lezat saat disantap. Terlebih saat bulan Ramadhan tiba, banyak orang yang ingin membuat kolak pisang enak sehingga mencari resepnya. Kolak pisang sangat tepat jika dijadikan menu pembuka ketika berbuka puasa. Rasanya yang manis dapat dengan segera mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Untuk Anda yang ingin membuat kolak pisang namun tidak tau caranya, di sini kami akan berbagi resep kolak pisang yang super enak sehingga Anda tidak kerepotan saat membuatnya. Namun sebelum kita membahas resepnya, sebaiknya terlebih dahulu Anda ketahui manfaat pisang untuk kesehatan. Jadi selain menikmati kolak yang Anda buat, Anda juga dapat merasakan manfaatnya.

Buah pisang merupakan buah yang memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga banyak orang yang membudidayakannya. Buah ini banyak dikebun, bahkan di pedesaan, pohon pisang juga banyak ditemui di sekitar rumah. Cara membudidayakannya juga tidak terlalu sulit, pisang tergolong tanaman yang mudah ditanam dan bisa tumbuh di daerah manapun.

Buah pisang sangat populer bagi semua orang. Untuk yang tidak memiliki tanaman pisang, Anda juga dapat membeli di toko buah dengan harga yang tidak terlalu mahal. Hampir semua pisang kulitnya berwarna kuning ketika masak. Daun pisang yang cukup lebar dan memanjang juga biasa dimanfaatkan sebagai pembukus makanan oleh orang-orang. Buah pisang merupakan suku dari suku Musaceae dan buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun seperti jari, dan disebut sisir.

Kandungan yang ada dalam buah pisang

Kalori

Pisang mengandung kalori yang baik sehingga pantas untuk dijadikan camilan. Dengan mengonsumsi pisang, Anda tidak perlu khawatir lagi menjadi gemuk. Pisang tidak akan mengganggu pola diet Anda, jadi bisa dijadikan makanan camilan untuk pelaku diet. Satu buah pisang ukuran sedang diketahui hanya mengandung sekitar 110 kalori.

Karbohidrat

Karbohidrat yang terdapat dalam buah pisang bisa dijadikan sebagai sumber energi. Mengkonsumsi 1 buah pisang setelah sarapan dapat memberikan anda energi yang sempurna untuk memulai hari. Pisang juga baik dikonsumsi setelah olahraga karena akan dengan cepat mengembalikan energi yang telah dipakai selama olahraga.

Serat

Berdasarkan data nutrisi buah pisang, 1 buah pisang ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 3 gr serat. Serat dalam buah pisang dapat membuat kenyang lebih lama dan baik untuk melancarkan pencernaan.

Resep kolak pisang

Bahan-bahan yang diperlukan
  • 1 kilogram pisang matang (dapat menggunakan pisang tanduk, pisang kepok, pisang raja atau pisang yang lain)
  • Gula pasir sebanyak 1 ons
  • Gula merah sebanyak 1 ons
  • 1 ons kolang-kaling yang telah dibersihkan dan dibelah dua
  • 2 lembar daun pandan yang telah dicuci bersih
  • Santan 65 ml (dapat menggunakan santan instant atau santan yang dibuat sendiri)
  • 3 gelas air putih atau setara 370 ml untuk kuahnya

Cara membuat kolak pisang paling enak
  • Pisang dipotong-potong berbentuk miring atau sesuai selera Anda
  • Rebus gula merah hingga mencair dan saring agar ampasnya hilang
  • Rebus saringan gula merah bersama dengan gula pasir/gula putih, aduk-aduk hingga tercampur.
  • Masukkan air kedalam wada, kemudian pisangnya dan mulai merebusnya
  • Setelah warnanya berubah, masukkan santan, kolang-kaling, dan pandan dan aduk hingga merata
  • Masak kolak pisang sampai matang dan angkat
  • Kolak pisang siap untuk disajikan

Mudah-mudahan resep kolak pisang di atas bermanfaat untuk Anda. Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai selera Anda agar rasa kolak pisang yang Anda buat sesuai keinginan Anda.

Related Posts