Manfaat Benalu Bagi kesehatan dan Pengobatan Tradisional

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/03/manfaat-benalu-bagi-kesehatan.html
Info Kesehatan - Info selanjutnya seputar Tanaman Obat indonesia yaitu kita akan membahas mengenai Manfaat Benalu Bagi kesehatan dan Pengobatan Tradisional.Tuhan menciptakan semua makhluknya pasti memiliki manfaat sekecil apapun.sebagai contoh Tuhan menciptakan nyamuk.Kalau kita fikir nyamuk hanya hewan kecil pengisap darah,dan bahkan menyebarkan penyakit.Namun juga memberikan manfaat untuk orang yang memiliki perusahaaan lotion anti nyamuk,obat nyabuk bakar,obat nyamuk semprot.dan bahkan perusahaanya itu menghidupi berjuta juta karyawannya.

Seperti halnya benalu,meskipun tanaman ini parasit.Hidupnya menempel pada tanaman lain dan bahkan untuk hidup dia menyerap makanan dari pohon inangnya.Tetapi benalu tidak sepenuhnya merugikan.Karena sekecil apapun benalu memiliki manfaat khususnya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.Sebelum kita membahas akan manfaat dan khasiat Benalu untuk kesehatan dan pengobatan tradisional alangkah baiknya kita mengenal dulu seperti apa benalu ini.

Mengenal Tanaman Benalu


Benalu (loranthus) merupakan jenis tumbuhan yang hidupnya tidak memerlukan media tanah. Ia hidup sebagai parasit (parasiet=Belanda), menempel pada dahan-dahan pohon kayu lain dan mendapatkan makanannna dengan mengisap mineral yang larut dalm pohon kayu yang ditempelinya. Bunga benalu berkelamin tunggal biji buahnya mengandung getah.Pengembangbiakannya melalui binatang atau burung yang memakan biji buah benalu tersebut. Proses pengembangbiakannya sangat sederhana: biji benalu yang bergetah itu dimakan binatang atau burung. Kemudian biji benalu tersebut melekat di dahan dahan kayu bersama dengan kotoran burung yang memakannya, dan tumbuh di dahan itu.

Berikut nama lokal atau nama lain dari benalu,kemladean,pasilan,kemaduan (jawa) Manganndeuh (sunda)

Kandungan Kimia dan efek farmakologis

KANDUNGAN KIMIA : Kandungan kimia yang terkandung pada Benalu benalu berbeda beda tergantung pada inang yang di temelinya contoh benalu yang tumbuh pada tanaman teh dan kopi banyak dicari karena kandungan kimia yang baik seperti kofein, tanin, dan juga minyak asiri. Sementara benalu yang menempel pada tanaman kopi dapat mengandung kofein, dekstrin, protein, asam, denim, fosfat dan juga karbonat.

karena kandungan kimianya benalu dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya Tumor, Kanker, Amandel, Campak;

Manfaat Benalu Bagi kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Berikut beberapa contoh manfaat benalu dan cara pengggunaanya:

1. benalu untuk mengobati Tumor dan Kanker

Bahan: 1-2 batang benalu yang menempel pada 1 pohon teh, 1 batang rumput alang-alang, adas palawaras secukupnya.
Cara Membuat: semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari ½ gelas.

2.ramuan tradisional benalu untuk obati Amandel

Bahan: 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis, adas palawaras secukupnya.
Cara Membuat: kedua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari ½ gelas.

3. Benalu untuk mengatasi Campak

Bahan: 1-2 batang benalu adas pulasari secukupnya.
Cara Membua: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus.
Cara menggunakan: digunakan sebagai bedak bagi yang kena
campak.

Sebagai tambahan berikut saya sertakan beberapa manfaat dan khasiat benalu berdasarkan inang/pohon yang ditempelinya :

  • Benalu yang menempel pada tanaman kelor dan salam dapat digunakan sebagai obat gondok menyeluruh.
  • Benalu yang menempel pada tanaman randu dapat digunakan untuk mengobati asma, ginjal, saraf dan hernia.
  • Benalu yang menempel pada tanaman delima dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu mempersubur rambut, mengobati kecing manis dan membantu mengecilkan perut.
  • Benalu yang menempel pada tanaman sono dapat digunakan sebagai obat rematik dan pegal linu.
  • Benalu yang menempel pada tanaman turi dapat digunakan untuk mengobati kencing nanah, mengatasi gangguan saluran kencing, mengatur kadar oksigen dalam darah, mengatasi batu ginjal dan juga masalah pankreas.
  • Benalu yang menempel pada tanaman sawo dapat digunakan untuk membantu mengecilkan perut.
  • Benalu yang menempel pada tanaman sirsak dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, sariawan dan juga ambeien.
  • Benalu yang menempel pada tanaman mangga dapat digunakan untuk mengatasi mual, sesak napas, lever, dan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.
  • Benalu yang menempel pada tanaman alpukat dapat digunakan untuk mengobati tips, mengatasi masalah darah tinggi dan kencing manis.
  • Benalu yang menempel pada belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk dan pusing.
  • Benalu yang menempel pada beringin dapat digunakan untuk menghitamkan rambut, mengobati gatal – gatal, datang bulan yang tidak lancar dan mengatasi masalah kutu air.
  • Benalu yang menempel pada cengkeh dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru – paru, jantung dan menjaga kadar kolesterol.
  • Benalu yang menempel pada durian dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan dan mengobati flu.
  • Benalu yang menempel pada gading dapat digunakan untuk mengatasi gangguna kesuburan rahim, keputihan dan mengobati gatal – gatal.
  • Benalu yang menempel pada jambu air dapat digunakan untuk mengobati maag, mual, mules, perih dan juga perut kembung.
  • Benalu yang menempel pada jati dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah, mengobati penyakit kanker, kencing manis, gondok, sakit akibat virus dan juga sifilis.
  • Benalu yang menempel pada jarak dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatasi masalah gatal – gatal pada ibu yang baru melahirkan.
  • Benalu yang menempel pada kacang – kacangan dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan.
  • Benalu yang menempel pada kopi dapat digunakan untuk mengatasi masalah darah rendah, gatal – gatal dan mengobati maag.

Related Posts