Manfaat Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional Alami

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/04/manfaat-daun-sembung-sebagai-obat.html
Info Kesehatan - Dewasa ini banyak dari kita yang apabila terkena penyakit terutama penyakit ringan seperti sakit kepala, flu, atau batuk yang pertama teringat adalah beli obat baik itu di apotik atau di warung. Jarang sekali yang mencoba mengobatinya dengan daun daunan ataupun ramuan tradisional yang notabene murah dan low efek samping.

Hal ini mungkin karena kebanyakan orang ingin yang instan atau karena ketidaktahuan akan tanaman apa yang cocok sebagai ramuannya. Menggunakan obat kimia dari apotik ataupun menggunakan ramuan tradisional adalah pilihan.Namun yang pasti yang alami lebih sehat. Karena itulah kali ini Info Kesehatan akan berbagi informasi Manfaat Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional Alami.seperti apa penjelasanya? yuk kita simak saja infonya dibawah ini!!

Mengenal Tanaman Sembung

Sembung atau Blumea Balsamifera merupakan tanaman perdu yang umbuh di tempat terbuka sampai tempat yang agak terlindung di tepi sungai, tanah pertanian, pekarangan, dapat tumbuh pada tanah berpasir atau tanah yang agak basah pada ketinggian sampai 2.200 m di atas permukaan laut. Pohonya tegak, tinggi sampai 4 m, berambut halus, daun-daunnya di bagian bawah bertangkai, di bagian atas merupakan daun duduk, tumbuh berseling, bentuk daun bundar telur sampai lonjong, bagian pangkal dan ujung daun lancip, pinggir bergerigi atau bergigi, panjang 8 cm - 40 cm, lebar 2 cm - 20 cm, terdapat 2 - 3 daun tambahan pada tangkai daunnya. Permukaan daun bagian atas berambut agak kasar, bagian bawah berambut rapat dan halus seperti beledru. Bunga berkelompok berupa malai, keluar di ujung cabang, warnanya kuning. Buah longkah sedikit melengkung, panjangnya 1 mm.

Perkembangbiakan dengan biji, pemeliharaannya sangat mudah, hanya diperlukan cukup air, dan kelembaban. Pupuk yang diperlukan hanya pupuk dasar. Sembung akan baik tumbuh di tempat yang cukup sinar matahari atau sedikit terbuka.

Kandungan Kimia dan efek farmakologis

Kandungan kimia yang tedapat pada tanaman sembung yaitu borneol, cineole, limonene, dan dimenthyl ether phloroacetophenone, glukosida, alkohol sesquiterpen, asam palmitin, minyak siri, dan zat bergetah (untuk kapur barus). Daun segarnya mengandung borneol, rasanya asam/pedas, sedikit pahit, agak hangat, dan harum. Sembung bersifat Anti rematik, melancarkan sirkulasi, menghilangkan bekuan darah dan pembengkakan dan diuretik.

Manfaat Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional Alami

Daun sembung dipercaya atau biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti: Reumatik, Nyeri haid, Influenza, Kembung, Diare, Sakit tulang infeksi pernafasan,sakit perut,penyakit kulit.Penjelasan lengkap dan cara pemanfaatanya bisa disimak dibawah ini!

Manfaat Daun sembung Untuk mengobati diare
Untuk mengobati diare dengan daun sebung anda bisa membuatanya dengan cara merebus segenggam daun sembung dengan 3 gelas air.Rebuslah hinggga tersisa setengahnya.Penggunaanya dengan cara meminum ramuan ini 3 kali sehari setengah gelas.

Daun sembung Untuk mengatasi nyeri haid dan haid tidak teratur.
Untuk mengatasi masalah nyeri haid ambil 7 lembar daun sembung cuci bersih.Selanjutnya panggang atau sangrai beberapa biji kedaung dan dihaluskan.Kedua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas.Minum ramuan ini setelah dingin.Bisa juag tambahkan 1 sendok madu.

Untuk mengatasi masalah haid tidak teratur ambil 5 lembar daun sembung dan
rebus dengan 3 gelas air sisakan hingga setengahnya. Minum air rebusan daun sembung tersebut 3 kali sehari setengah gelas. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk penambah nafsu makan.

Daun sembung untuk mengobati Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah jantung (angina pectolis):
Cara membuat ramuannya ambil 1/2 genggam daun sembung dicuci Ialu direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Setelah dingin disaring Ialu diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 x 3/4 gelas.

Mengobati maag dengan daun sembung
Caranya, ambil lima lembar daun sembung, rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1/2 gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu minum sebelum makan pagi atau sarapan.

Daun sembung untuk obat flu dan batuk

Sediakan 1 genggam daun sembung, Pulo sari sebesar satu jemari, Setengah sendok adas, ¼ genggam kayu angin, setengah genggam daun bayam duri. Cuci semua bahan dengan air bersih. Rebus bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa separuh. Ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin di pagi dan sore hari sampai benar-benar sembuh.

Untuk mengobati luka memar dan penyakit kulit ambil satu genggam dau sembung segar dan lumatkan.pemakaiannya tempelkan pada bagian yang sakit.atau bisa juga dengan merebus daun sembung tersebut dan gunakan airnya untuk mencuci luka.

Itulah beberapa manfaat dan contoh pemanfaatan daun sembung.Selain daunya bagian akar dari daun sembung pun disa digunakan sebagai obat.Semoga bermanfaat



Related Posts