Manfaat dan Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/05/manfaat-dan-khasiat-bunga-kamboja.html
Info Kesehatan - Bunga Kamboja merupakan merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Jika ditelusuri dari namanya,ternyata bunga kamboja ini tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja sebab bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico dan Afrika. Lalu sejak kapan keberadaannya di Indonesia?. Hingga saat ini belum diketahui kapan tepatnya bunga ini masuk ke Indonesia. Namun, bunga kamboja diperkirakan pertama kali dibawa ke Indonesia oleh bangsa Portugis dan Belanda yang mana keduanya merupakan bangsa yang peduli terhadap lingkungan dan sangat menyukai alam tropis.

Okeh sebelum kita lanjut ke bahasan kita yang sesunggguhnya mengenai Manfaat dan Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan.Kita akan lebih mengenal dulu seperti apakah bunga kamboja ini sesungguhnya.

Mengenal Bunga Kamboja
Seperti telah disebutkan diatas bunga kamboja berasal dari daratan amerika dan afrika,namun ada satu spesies yang diperkirakan kamboja asli Indonesia yaitu bunga kamboja yang berwarna putih dengan bagian dalam berwarna kuning di mana kuntumnya tidak terbuka penuh serta berukuran kecil.Secara umum morfologi bunga kamboja memiliki batang berkayu keras, tinggi mencapai 6 meter, percabangannya banyak, batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok dan bergetah. Daun : daun hijau, berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing dan agak keras dengan urat-urat daun yang menonjol, sering rontok terutama saat berbunga lebat, Bunga: Bunganya berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai, daun bunga berjumlah 5 buah, berbunga sepanjang tahun. Syarat Tumbuh : Tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian tanah 700 meter di atas permukaan laut, tumbuh subur hampir di semua tempat dan tidak memilih iklim tertentu untuk berkembang biaknya.

Kamboja termasuk tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Kamboja memiliki beberapa jenis, ada yang kerdil ada juga yang besar yang bisa mencapai tinggi beberapa meter. Kamboja yang besar biasa kita temukan di area pemakaman.

Selain ukuran pohonnya, jenis pohon kamboja juga bisa dibedakan dari daunnya. Ada pohon kamboja yang daunnya lebar dengan ujung lancip, ada kamboja yang daunnya kecil dan lonjong dengan ujung tumpul. Kembang bunga kamboja memiliki aneka warna, dari mulai putih, kuning, merah dan merah muda atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Bunga kamboja juga memiliki nama yang berbeda di berbagai daerah diantaranya,Semboja (Jawa), Bunga jebun (Bali); Samoja, Kamoja,Samboja (Sunda), Bunga lomilate (Gorontalo); Campaka molja/bakul (Madura), Pandam (Minangkabau); Karasuti, Kolosusu, Tintis (Minahasa), Capaka kubu(Tidore).

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah akar, daun, getah, serta kulit pohonnya. Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk dan damar. Kandungan minyak mrnguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farnesol dan fenetilalkohol.

Manfaat Bunga Kamboja

Bunga Kamboja memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutamaa untuk pengobatan tradisional berbagai penyakit seperti bisul,puru (prambusia),Kencing nanah (gonorrhea),bengkak,gigi berlubang,kutil,menghilangkan tahi lalat.Contoh cara penggunaannya seperti dibawah ini!

Mengobati Bisul
Untuk mengobati bisul dengan bunga kamboja, bisa dilakukan dengan menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yang lain.

Cara lainya dengan menggunakan getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja langsung dari pohonnya dan dioleskan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul.

Mengatasi Bengkak
Cara mengobati bagian tubuh yang bengkak adalah dengan kulit pohon kamboja. Caranya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan setengah 4 gelas air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak jika memungkinkan. Jika tidak, gunakan untuk mengompres.

Manfaat Kamboja untuk mengobati Patek, Puru (Frambusia)
Caranya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi dan menggosok bagian tubuh yang luka.

Mengobati Kencing Nanah (Gonorrhea) dengan akar bunga kamboja
Caranya cuci bersih 1 potong akar pohon kamboja, kemduian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air ramuan tersebut diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir.

Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Untuk mengobati sait gigi akibat gigi berlubang, caranya mudah. Ambil getah pohon kamboja menggunakan kapas, kemudian kapas tersebut dipakai untuk mencocok gigi yang berlubang.

Menghilangkan Tahi Lalat
Tahi lalat bisa menambah kecantikan wajah seseorang, namun terkadang tahi lalat yng ada pada bagian tubuh yang tidak diinginkan membuat si empunya merasa tidak nyaman. Bagi anda yang ingin menghilangkan thi lalat bisa dengan menggunakan getah pohon kamboja. Caranya, ambil getah kamboja menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat hilang dengan sendirinya.

Getah Pohon Kamboja untuk Menghilangkan kutil
Kutil perupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu.Apalagi jika adanya pada anggota tubuh yang sangat penting terutama untuk penampilan.Untuk menghilangkannya caranya sama dengan menghilangkan tahi lalat, yaitu menggunakan getah kamboja. Namun harus waspada karena getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan sampai terkena bagian tubuh yang yang lain.

Nah itulah ulasan mengenai Manfaat dan Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan yang bisa saya sampaikan kali ini.semoga bermanfaat!!!!!

Related Posts

0 comments:

Post a Comment