6 Tips Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

shares |

ADVERTISEMENT

tips menjaga kesehatan tulangSalah satu hal terpenting yang harus kita lakukan adalah menjaga tubuh agar selalu tetap fit dan sehat. Agar kondisi selalu sehat maka kita diwajibkan untuk melakukan berbagai aktifitas yang sudah semestinya harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Misalnya adalah menjaga kesehatan tulang. 

Seiring berjalannya waktu tentu usia seseorang akan terus bertambah sehingga kesehatan tulang pun harus tetap dijaga. Salah satu masalah yang berkaitan dengan kesehatan tulang dan tidak mungkin asing di telinga kita yaitu osteoporosis. Yaitu rapuhnya tulang yang diakibatkan oleh tingkat kepadatan tulang yang sudah berkurang, sehingga lebih mudah patah. Oleh sebab itu, untuk Anda yang masih muda segera persiapkan tulang Anda untuk memasuki masa tua Anda mulai sekarang. Berikut ini akan di ulas 6 tips mudah menjaga kesehatan tulang


Tips Menjaga Kesehatan Tulang Anda


1. Hindari berbagai minuman yang dapat membuat tulang menjadi keropos

Minuman yang dimaksud adalah minuman bersoda atau yang mengandung soda. Selain tidak sehat untuk tulang, minuman bersoda juga tidak baik untuk lambung.

2. Untuk menjaga kesehatan tulang cukupi asupan kebutuhan vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk memperoleh vitamin D dapat di dapat dari sayur-sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi.

3. Rutin minum susu setiap hari

Di dalam susu terdapat kandungan kalsium, vitamin D, kalium, dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hampir 80% orang luar lebih sering minum susu saat sarapan dibanding hanya minum air mineral setelah sarapan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda meniru kebiasaan mereka. Anda bisa minum susu saat sarapan atau saat menjelang tidur atau bisa di pagi dan malam hari.

4. Olahraga secara rutin demi menjaga kesehatan tulang

Olahraga tidak perlu yang berat-berat, cukup dengan berlari pagi atau berjalan santai di pagi hari sudah bisa membantu menjaga kesehatan tulang Anda. 

5. Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan tulang Anda

Kebiasaan butuk yang paling sering orang lakukan dan secara tidak sadar merusak kesehatan tulang adalah merokok dan minum minuman beralkohol yang membuat massa tulang menjadi turun, dan efeknya mengakibatkan osteoporosis. Untuk itu, stop merokok dan miras dari sekarang.

6. Bantu menjaga kesehatan tulang dengan sinar matahari

Sinar matahari mengandung banyak vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Cukup dengan berjemur di pagi hari selama kurang lebih 15 menit sudah bisa membantu mengaktifkan provitamin D yang akan diubah menjadi vitamin D untuk membantu menguatkan tulang.

Lakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menjaga kesehatan tulang Anda agar masa tua Anda terasa lebih menyenangkan. Untuk itu, mari jaga kesehatan  tulang sejak sekarang jika tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Related Posts