Cara Membuat Ramuan Tradisional Kunyit untuk Berbagai Penyakit

shares |

Resep Cara Membuat Ramuan Tradisional dari Kunyit untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit.
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/cara-membuat-ramuan-tradisional-kunyit.html
Seperti yang sudah pernah kita bahas dalam artikel sebelumnya tentang manfaat kunyit baik untuk kesehatan maupun kecantikan bahwa kunyit sering dijadikan sebagai ramuan atau dikenal dengan istilah jamu yang dapat mengobati berbagai penyakit serta gangguan kesehatan lain. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep mengenai cara membuat ramuan tradisional dari kunyit untuk mengobati beberapa penyakit.

Oke, langsung saja ini dia beberapa ramuan yang terbuat dari kunyit dan dipercaya dapat mengobati penyakit tertentu:

Ramuan untuk Mengobati Demam

Rimpang kunyit yang dicuci (20g), diparut, ditambah dengan air matang 100ml, diperas dengan saringan kain. Airnya diminum 2 kali sehari.

Ramuan untuk Mengobati Diare

Kunyit diiris, direbus dengan air, ditambah 1 sendok teh air kapur sirih, aduk sampai rata. Dinginkan. Saringan airnya diminum 3 kali sehari sampai sembuh.

Ramuan untuk Mengobati Borok

Ambil kunyit kira-kira sebesar ibu jari, cuci bersih kemudian diparut, ditambah satu sendok teh air kapur sirih dan perasan air 1 jeruk nipis, aduk sampai rata. Oleskan campuran pada bagian tubuh yang sakit.

Ramuan untuk Mengobati Gatal (cacar air)

Caranya, ambil sepotong kunyit, segenggam daun asam dicuci, diblender hingga halus seperti bubur. Oleskan pada bagian tubuh yang gatal.

Ramuan untuk Mengobati Keputihan

Kunyit tua (15g) dikupas dan diparut. Ditambah 150ml air asam dan gula jawa, aduk rata. Peras dengan kain, dan minum setiap hari.

Ramuan untuk Mengobati Radang Amandel

Setengah jari kunyit diparut, ditambah 2 sendok air minum, aduk sampai rata, peras dan ambil airnya. Tambah 1 kuning telur ayam kampung dan sedikit air kapur sirih. Kocok adunan, minum 1 hingga 2 kali sehari.

Ramuan untuk Mengobati Radang Gusi

Ambil setengah ibu jari kunyit dan 3 potong gambir diiris. Rebus dalam 2 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Gunakan air itu untuk berkumur 3 hingga 4 kali sehari.

Ramuan untuk Mengobati Terlambat Haid

Sediakan kunyit dan daun sigading (15g), biji pala dan kapulaga (10g), ketumbar, jinten hitam dan cengkeh (5g). Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, bagi menjadi 3 bagian untuk diminum 3 kali sehari.

Kesehatan kulit dan umum (jamu)

Ambil 100g rimpang kunyit segar, 100 ml air jeruk nipis, 11/2 sendok makan madu dan air secukupnya. Kunyit dihaluskan dengan blender, campurkan pasta kunyit tersebut dengan madu dan air jeruk nipis. Tambahkan air secukupnya. Minum secara teratur.

Selain dapat memberikan manfaat, ternyata kunyit juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh, antara lain:
  1. Menyebabkan gangguan pada lambung
  2. Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, sehingga wanita hamil dan ibu menyusui sebisa mungkin mengurangi konsumsi kunyit.
  3. Sejumlah zat/senyawa dalam kunyit sebagian sukar diserap oleh tubuh, sehingga manfaat dari kunyit ini tidak bisa dimaksimalkan oleh tubuh.
  4. Bagi anda yang sedang menjalankan kemoterapi, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit karena bisa menurunkan efek kemoterapi

Jika Anda menderita beberapa penyakit yang disebutkan di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencoba ramuan tradisional kunyit untuk mengobatinya. Semoga cepat sembuh dan jaga selalu kesehatan Anda serta orang-orang tercinta.

Related Posts