Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Kesehatan

shares |

ADVERTISEMENT

Berkenalan dengan manfaat daun sirih merah dan sirih hijau serta kandungan senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan.

Daun sirih ada beberapa macam jenisnya, yaitu daun sirih merah, sirih hijau dan sirih hitam. Namun yang populer di masyarakat adalah sirih merah dan sirih hijau. Ketiganya bisa dibedakan dari warna daunnya.

Daun sirih hijau banyak ditemukan merambat diantara pepohonan di daerah pedesaan dan lebih dulu digunakan sebagai tanaman herbal dibanding sirih merah. Sementara sirih merah sendiri bisa ditemukan di daerah hutan yang tidak terlalu lebat. Fungsinya lebih kepada dijadikan tanaman hias karena warnanya yang cukup bagus. Namun seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia, sirih merah mulai dilirik menjadi tanaman obat tradisional.

Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat Daun Sirih Merah

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-daun-sirih-merah-dan-hijau.html
Gambar Sirih Merah
Selain bersifat antiseptic, sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.

Selain itu tanaman sirih merah mempunyai manfaat menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan dan bisa digunakan sebagai obat kumur, karena alkaloid di dalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.

1. Mengatasi Keputihan

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan.

2. Menghilangkan bau badan

Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil, airnya diminum.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan bebearapa menit dalam mulut lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Kandungan dan Manfaat Sirih Hijau

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-daun-sirih-merah-dan-hijau.html
Gambar Sirih Hijau
Menurut literatur, kandungan daun sirih hijau sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat itu, menyebabkan sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat dan kegunaannya.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan:

1. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.

2. Bisa untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.

3. Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.

4. Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya. Daun sirih hijau bisa menyembuhkan sariawan.

5. Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.

6. Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.

7. Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur

8. Bisa untuk mengobati Asma

9. Mengobati radang tenggorokan

10. Air rebusannya dapat digunakan untuk membersihkan mata

11. Dapat menghilangkan bau ketiak

12. Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.

13. Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.

14. Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.

15. Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.

16. Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.

Nah, jangan pernah ragu untuk menanam tanaman sirih di pekarangan rumah Anda. Karena selain bagus untuk dijadikan tanaman hias, daun sirih hijau dan sirih merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Related Posts

46 comments:

  1. lah dirumah saya kok jadi sarang semut dan nyamuk.. mereka betah dan hidup dengan damai diantara daun2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarang semut? Sarang Nyamuk? Itu rumah apa kebun gan?

      Delete
  2. Artikelnya semakin mantap...

    Lanjutkan untuk membuat postingan sejenis

    ReplyDelete
  3. wah baca artikel ini bisa tambah pengetahuan ni ?

    Mampir ya di pondokibu.com

    ReplyDelete
  4. Saya punya tanaman sirih merah di halaman rumah,dan sering dimanfaatkan untuk obat macam2 penyakit,...ada yg nyoba buat diabetes ,stroke,..dan aku pernah keputihan,hasilnya alhamdulillah sembuh....

    ReplyDelete
  5. Kalau untuk keputihan, daun sirih merah yang direbus diminum air rebusannya.. atau dibasuhkan saja, sebagai obat luar?

    ReplyDelete
  6. ane baru tahu gan .. ternyata daun sirih bisa ngobatin penyakit diabetes.. nice info bua ane cz ibu ane ada gejala diabetes.. btw ngerebusnya berapa lama gan?

    ReplyDelete
  7. terimakasih infonya... tapi cara menghilangkan rasa getir dan pahitnya gimana ya...?

    ReplyDelete
  8. Minum rebusan air daun sirih bikin awet muda,kulit serta wajah tambah clingg... Sudah terbukti

    ReplyDelete
  9. bagaimana cara mengobati asma dengan daun siri hijau

    ReplyDelete
  10. manfaatnya sangat banyak yah daun siriih, tapi dun sirih merah agak langka,,, makasih bnyak infonya

    ReplyDelete
  11. Nice article....

    http://www.penyembuhan-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.luka-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.infeksi-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.sariawan-obat.blogspot.com (sariawan)

    http://www.Sakit-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.sprue-killer.blogspot.com (sariawan)

    ReplyDelete
  12. kalu untuk mengobati gatal2 di daerah kewanitaan bagaimana caranya??

    ReplyDelete
  13. makasih ya, informasinya sangat bermanfaat sekali, selamat berbagi

    ReplyDelete
  14. wah info bagus nih,nambah pengetahuan, terus berkarya gan

    ReplyDelete
  15. Artikel yang sangat bermanfaat, semoga dapat membantu untuk sesama.

    ReplyDelete
  16. terima kasih atas infonya... semoga bermanfaat bagi banyak orang. amin.

    ReplyDelete
  17. Bisa juga info lain NGINANG di http://polaberita.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. untuk nginang gan bisa diliat di http://polaberita.blogspot.com/2013/06/manfaat-sirih-dan-kebiasaan-nginang.html

    ReplyDelete
  19. Saya mencari benih sirih merah dan sirih keling.
    Sila hubungi saya di talian 0193645709 atau email mekarsegar@gmail.com
    sekiranya benih-benih berada dalam simpanan tuan.

    ReplyDelete
  20. kalau langsung di kunyah dan di makan mentah secara rutin ada efek samping nya gak yah?

    ReplyDelete
  21. info yang sangat bagus nih gan, tentang manfaat daun sirihnya terimakasih.

    ReplyDelete
  22. terimakasih ya gan atas semua artikel nya , semua mengandung ilmu kesehatan
    salam : http://tanjungherbal.com/crea

    m-arabian/

    ReplyDelete
  23. daun sirih cuco

    ReplyDelete
  24. Bukan rahasia lagi, memang daun sirih merupakan obat andalan sejak jaman dahulu. makasih infonya sobat

    ReplyDelete
  25. Setuju sobat daun sirih merupakan baik untuk kesehatan, baca juga : http://obatnaturals.blogspot.com/2013/08/khasiat-dan-cara-budidaya-tanaman-sirih.html

    ReplyDelete
  26. semua diciptakan pasti ada maksud dan tujuannya. subhanallah

    teman2 numpang memperkenalkan varian abon
    ada abon jamur. jamur tiram dijadikan abon
    makanan enak sehat
    penasaran silahkan kunjungi www.ailanifood.com

    ReplyDelete
  27. daun sirih memang banyak manfaatnya. terkenal dengan kandungan yang dapat membersihkan keputihan. daun sirih adalah salah satu tanaman yang diharuskan dimiliki oleh setiap orang pada zaman dulu karena khasiatnya.

    ReplyDelete
  28. untuk menumbuhkan rambut botak apakah bisa ?

    ReplyDelete
  29. ok banget infonya,terima kasih gan

    ReplyDelete
  30. ok banget infonya,terima kasih gan

    ReplyDelete
  31. Banyak juga kegunaan daun sirih....
    Klo dulu ane suka pake daun sirih buat mimisan..tapi sekarang udah engga :D

    Artikelnya bagus menarik :)

    ReplyDelete
  32. The website is very very good and very creative at all thanks has presented all of this.

    ReplyDelete