Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

shares |

Cara Perawatan Wajah
Pemilik wajah berminyak sangat rentan terserang jerawat daripada jenis kulit lainnya. Minyak di wajah dapat menjadi perangkap bagi kotoran dan polusi yang akhirnya bercampur dengan bakteri. Bukan hanya jerawat tapi juga komedo.

Karena itulah, pemilik wajah berminyak memerlukan penanganan dan perawatan khusus. Metode perawatan wajah yang salah justru akan memperparah kondisi wajah, terlebih lagi jika wajah anda sudah terlanjur berjerawat.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat wajah berminyak dan berjerawat.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak


Jika Anda termasuk pemilik wajah berminyak, maka Anda perlu menerapkan tips-tips berikut ini untuk perawatan kulit berminyak Anda:

Bersihkan wajah secara teratur
Banyak cara dapat dilakukan untuk mengurangi minyak yang muncul di wajah. Contohnya, menggunakan kertas minyak untuk wajah, mengoleskan gel lidah buaya, selalu membawa tissue, dan mencuci wajah dengan air dingin adalah beberapa langkah menguragi kadar minyak pada wajah.

Hindari pelembab
Wajah Anda sudah mengeluarkan pelembab alami yakni minyak wajah. Jadi, menggunakan pelembab justru hanya akan memperparah masalah Anda.

Hindari minyak
Wajah berminyak rentan mengalami jerawat. Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan, arahkan rambut menjauh dari wajah serta konsumsi makanan yang rendah minyak dan lemak akan mengurangi minyak dan masalah yang ditimbulkannya pada wajah Anda.

Gunakan masker Pisang
Selain dapat dikonsumsi untuk mengurangi kram saat haid, pisang juga mengandung Vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Cara membuat masker dari pisang adalah haluskan pisang, lalu aplikasikan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika Anda berjerawat, Anda dapat menambahkan madu di dalamnya. [ Masker Wajah Alami ]

Gunakan kertas minyak
Kertas minyak adalah alat paling mudah digunakan dan dianjurkan jika kulit Anda berminyak. Kertas ini dapat digunakan kapanpun pada area wajah yang berminyak, seperti jidat, hidung dan dagu. Tempelkan kertas pada area wajah berminyak, angkat kertas setelah 15-20 detik dan minyak akan menempel pada kertas. Pada beberapa kertas minyak dilengkapi dengan taburan bedak, sehingga dapat membuat wajah Anda kembali bersinar dan segar.

Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat


Wajah berminyak sangat erat kaitannya dengan jerawat. Ketika minyak terperangkap di dalam pori-pori bersama dengan bakteri dan kotoran, maka timbullah jerawat. Berikut ini cara perawatan wajah berjerawat:

Memilih Pelembab
Pelembab yang cocok untuk kulit berjerawat adalah yang mengandung bahan-bahan yang membantu mengenyahkan bakteri penyebab jerawat. Semisal: benzoyl peroxide. Cari produk pelembab khusus untuk kulit berjerawat yang bertuliskan hypoallergenic dan oil free. Dengan demikian kulit Anda tidak akan berminyak dan berkilau-kilau.

Masker Stroberi
Masker yang satu ini selain membantu mengeringkan jerawat, juga akan mengurangi kelebihan minyak di wajah. Bila dilakukan secara rutin dan telaten, Anda akan melihat hasil perbandingan kulit yang lebih cerah serta tidak berkilau. Caranya, ambil 2-3 butir strawberry yang, lalu dihancurkan dan dicampur dengan madu. Kemudian 3-4 hari sekali diaplikasikan pada wajah berjerawat. [ Obat Jerawat Tradisional ]

Powder foundation
Foundation jenis ini yang terbaik mengontrol kadar minyak berlebihan pada kulit. Mencegah penyumbatan pori-pori serta mudah diaplikasikan. Karena jauh lebih ringan ketimbang yang lainnya, Anda yang punya problem jerawat parah boleh sesekali memakainya sebagai alas bedak.

Memilih Cleanser
Lebih baik belilah cleanser yang mengandung bahan-bahan tambahan seperti salicylic acid, sodium sulfacetamide, atau benzoyl peroxide. Bahan-bahan tersebut membantu membuka pori-pori yang tersumbat, mengurangi warna kemerahan pada jerawat, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Nah, itulah beberapa tips cara merawat wajah berminyak dan wajah berjerawat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar kesehatan dan kecantikan.

Related Posts