5 Jenis Makanan untuk Kesehatan Rambut

shares |

Kesehatan Rambut
Sering saya bilang bahwa rambut merupakan mahkota bagi wanita dan harga diri bagi pria. Tentu saja kesehatan rambut perlu dijaga seperti Anda menjaga kesehatan organ tubuh yang lain. Rambut yang indah berkilau, rambut tebal, subur adalah simbol dari kesejahteraan Anda.

Beberapa fakta memperlihatkan bahwa wanita lebih peduli terhadap kesehatan rambut mereka daripada pria. Karena itu, kita akan selalu melihat wanita berada di salon-salon kecantikan untuk perawatan rambut.

Tapi tahukah anda, bahwa makanan yang anda konsumsi dapat mempengaruhi keindahan dan kesehatan rambut. Apakah menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Nah, berikut ini saya berikan informasi beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Ikan Salmon

Selain baik untuk diet, ikan salmon juga baik untuk kesehatan rambut Anda. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B12 dan zat besi. Asam lemak omega-3 sangat diperlukan untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala. Sementara vitamin bertugas untuk membuat rambut lebih bersinar.

Kekurangan asupan omega-3 dapat membuat kulit kepala kering dan kusam serta rambut menjadi tak bernyawa.

2. Telur dan daging ayam

Telur dan daging ayam merupakan makanan sumber protein superior. Sementara protein merupakan zat pembentuk kuku dan rambut. Mengonsumsi telur dan ayam mendorong pertumbuhan rambut serta mengurangi kerusakan rambut.

Telur juga kaya akan vitamin terutama dari kelompok vitamin B, diantaranya vitamin B12 dan B7 (biotin). Sedangkan daging ayam merupakan sumber protein hewani yang dapat membantu mencegah kerapuhan rambut.

3. Sapi dan tiram

Daging sapi dan tiram merupakan sumber makanan yang kaya seng, itulah sebabnya mereka sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan rambut. Kekurangan seng adalah salah satu penyebab rambut rontok. Seng juga membantu memerangi munculnya uban terlalu cepat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang kenari dan kacang almond kaya akan asam lemak omega-3 dan zinc. Asam lemak omega-3 nutrisi penting yang berfungsi untuk membantu proses regenerasi rambut.  Sementara zinc berfungsi untuk menguatkan rambut dan mencegah rambut rontok.

5. Wortel

Semua orang tahu wortel merupakan sumber makanan yang sangat baik dari vitamin A. Diaman fungsinya lebih populer sebagai penjaga kesehatan mata. Namun tidak banyak yang tahu bahwa wortel juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Vitamin A mendorong pembentukan sebum (minyak) di kulit kepala. Sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut.

Selain makanan, anda bisa memberikan rambut anda nutrisi dan vitamin dari masker agar kesehatan rambut tetap terjaga. Caranya, silahkan lihat artikel mengenai masker rambut alami yang kami publikasikan beberapa waktu lalu.

Related Posts