5 Efek Buruk Terlalu Sering Berolahraga

shares |

Efek Buruk Terlalu Sering BerolahragaSalah satu aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih segar adalah olahraga. Selain membuat tubuh menajdi lebih sehat, banyak orang yang berolahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, Namun terkadang, saking semangatnya niat seseorang untuk berolahraga sampai-sampai memaksakan diri untuk terus berolahraga.

Terlalu banyak berolahraga justru membuat tubuh menjadi tidak sehat, sehingga sama halnya seperti dengan kurang berolahraga. Terdapat beberapa efek buruk yang Anda peroleh akibat terlalu memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebih, seperti berikut ini.

Efek Buruk Terlalu Sering Berolahraga


1. Lebih mudah cidera

Tubuh menjadi lebih rentan terkena cidera akibat terlalu banyak berolahraga. Ligamen akan menjadi tegang sehingga efeknya bisa sampai patah tulang ketika Anda terlalu banyak olahraga. Tubuh juga perlu istirahat (tidur), sehingga jika Anda terlalu memforsir jadwal olahraga secara rutin perharinya akan menyebabkan jaringan tubuh menjadi mudah rusak.

2. Kurang nutrisi

Massa oto dapat berkurang akibat melakukan olahraga secara berlebihan dan juga bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Saat Anda memaksa tubuh untuk terus mengolah nutrisi dengan cara berolahraga secara terus-menerus, mengakibatkan kesehatan tubuh Anda menjadi terpengaruh secara keseluruhan.

3. Sistem kekebalan tubuh menurun

Secara wajar, olahraga memang dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh. Namun jika terlalu banyak berolahraga justru sebaliknya. Sistem kekebalan tubuh seseorang dapat melemah akibat tubuh yang kelelahan, dan efeknya adalah membuat sistem kekebalan tubuh menajdi tidak cukup efisien untuk membunuh bakteri yang berkembang dalam tubuh atau juga menjadi mudah terinfeksi.

4. Masalah tidur

Olahraga yang terlalu dipaksakan akan membuat tubuh menjadi merasa kelelahan dan tak bertenaga. Akibatnya tubuh menjadi lebih susah tenang sehingga berujung pada masalah tidur. Seluruh tubuh yang terasa sakit akibat olahraga yang terlalu dipaksakan akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Jika ingin tidur nyenyak dan cepat terlelap, baca tips agar tertidur lelap dengan nyenyak ini/

5. Kelainan makan

Seperti dikutip dari merdeka, terlalu sering berolahraga juga memicu munculnya kelainan makan seperti bulimia atau anoreksia.

Itulah 5 efek buruk jika terlalu sering berolahraga. Olahraga itu hanya untuk kegiatan santai bukan jadwal rutin keseharian Anda. Oleh karena itu, pikirkan juga waktu yang tepat untuk berolahraga.

Related Posts