7 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Anda

shares |

Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh AndaSebagaimana kita tahu, lari memang salah satu olahraga yang asyik, simpel, dan paling menyehatkan. Hampir semua orang lebih memilih rutin melakukan olahraga lari, sebab sangatlah praktis dan efisien untuk melakukannya. Namun sudahkah Anda tahu segudang manfaat lari bagi kesehatan tubuh? Simak berikut 7 manfaat lari bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Lari Bagi Kesehatan

1. Menambah konsentrasi

Terjadi sebuah peristiwa yang cukup lucu di Inggris, yaitu pada sebuah kantor yang karyawan-karyawannya sangat hobi lari namun ada juga yang tidak. Pada saat seorang karyawan olahraga lari pagi (jogging) terlebih dahulu sebelum bekerja, biasanya atasan selalu mengatakan bahwa hari itu dia hanya melakukan sedikit kesalahan, bekerja dengan konsentrasi yang lebih baik, dan juga lebih cekatan.


Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa seseorang yang meluangkan waktunya sebentar untuk berlari sebelum tidur dapat membantu meminimalisir insomnianya di menit ke 17 (sudah tertidur), sedangkan bagi yang tidak berlari biasanya baru akan tertidur pada menit ke 68, terkadang ada yang sampai satu jam lebih baru bisa tidur.

3. Memperkuat tulang

Biasanya orang lebih memilih lari di pagi hari alias jogging, kenapa? Karena di pagi hari sinar UV matahari masih baik untuk kesehatan, jadi vitamin D yang diserap oleh tubuh juga masih natural. Tentu Anda sudah tahu kalau vitamin D sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuatnya bukan?

4. Menjaga ketajaman daya ingat

Lagi-lagi dari hasil penelitian di Amerika, lebih tepatnya pada sebuah studi di Jurnal  Geriatri menelurkan hasil bahwa seserang yang aktif dapat mengurangi risiko mengidap demensia atau pikun di masa tuanya.

5. Mencegah flu atau pilek

Orang yang lebih suka lari, setidaknya satu jam seiap hari lebih kebal terhadap bakteri yang menyebabkan Anda menjadi flu atau pilek. Itu tandanya berlari juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

6. Bernafas menjadi lebih mudah

Seorang penderita asma sangat disarankan untuk berlari secara rutin, sebab salah satu manfaat luar biasa dari lari adalah untuk mempermudah dan melonggarkan saluran pernafasan.

7. Membuat Anda berumur panjang

Siapa yang tidak ingin berumur panjang? Tentu semua orang mau. Jika Anda termasuk, cukup dengan rutin berolahraga lari pagi sudah bisa membantu Anda terlihat lebih awet muda. Penjelasan ini adalah hasil riset sebanyak 22 kali yang dilakukan oleh segelumit ilmuwan dari Swedia.

Itulah beberapa manfaat lari bagi kesehatan tubuh Anda yang rutin melakukannya. Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang akan Anda peroleh dari lari, untuk membuktikannya silahkan dicoba sendiri.

Related Posts