Cara Alami Menjaga Kesehatan Kuku

shares |

ADVERTISEMENT

a href=Kuku adalah bagian kecantikan seseorang yang perlu dijaga dan dirawat agar selalu nampak sehat dan cantik. Kuku ada yang kuat dan ada yang rapuh dan mudah patah. Biasanya penyebab kuku menjadi cepat dan mudah patah adalah karena sering terkena diterjen, sering berada dalam ruangan ber AC. Maka anda harus menjaga kuku dari kekeringan dan memberikan pelembab pada kuku anda agar selalu bisa sehat dan kuat.

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan tips dan cara merawat kesehatan kuku agar selalu sehat dan cantik.

1. Tidak membebani kuku anda

Cara lain merawat kuku adalah dengan menjaganya untuk tidak dibebani. Jangan gunakan kuku untuk pekerjaan-pekerjaan berat seperti membuka kaleng, mencakar, mengetik, dll. Lebih-lebih kalau anda ingin memanjangkan kuku, lakukan usaha ekstra untuk menjaganya tetap sehat.

2. Membersihkan kuku

Cara menjaga kebersihan kuku pertama yaitu dengan menjaga kuku tetap bersih. anda bisa melakukan pembersihan dengan mencucinya atau dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai alat untuk membersihkan kuku dengan sempurna, bisa juga anda gunakan jeruk nipis.

3. Selalu melembabkan kuku

Tujuan dari melembabkan kuku yaitu supaya kuku menjadi tidak mudah rapuh dan patah. Gunakanlah air untuk melembabkannya serta jauhi penggunaan cat kuku.

4. Merawat kutikula.

Kutikula adalah lapisan pada kuku diatas lapisan epidermis. Lapisan ini bermanfaat untuk menjaga kuku dari bakteri dan jamur. Jadi jangan potong kutikula kuku agar kuku tetap sehat bebas bakteri. Dalam perawatan, anda bisa menggunakan minyak zaitun dan cream pelembut untuk perawatan maksimal kuku anda.

5. Melakukan diet seimbang

Kita tahu bahwa tubuh tidak hanya memerlukan asupan protein dan karbohidrat saja, namun perlu juga micro nutrien yang lain seperti mineral dan vitamin. Di sini tubuh akan cenderung untuk kekurangan vitamin D yang bisa berakibat kuku menjadi nampak kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu perlu dilakukan diet yang seimbang agar semua kebutuhan tetap terpenuhi, termasuk kebutuhan vitamin untuk kuku kita.

6. Gunakan sikat lembut

Mikroba dan kotoran dapat dengan mudah menempel pada sudut-sudut kuku kaki. Untuk itu perlu mengoleskan sabun antiseptik dan gosok perlahan dengan sikat. Lakukan secara teratur saat anda mandi dan setelah bepergian.

7. Pemakaian cat kuku

Untuk menghindari warna kuku kaki menjadi kekuningan setelah penggunaan cat kuku, oleskan base coat terlebih dahulu agar cat kuku tidak menempel langsung pada kuku kaki. Saat membersihkan kuku kaki dari cat kuku, gunakan pembersih cat kuku yang berkadar alkohol rendah agar kuku kaki tidak menjadi kering. Berikan waktu kuku kaki untuk bebas dari penggunaan cat kuku minimal seminggu dalam sebulan.

8. Konsumsi vitamin

Vitamin A bisa memberikan nutrisi penting pada kuku, Vitamin C, zinc, kalsium, vitamin B12 dan asam lemak untuk menjaga kuku tetap kuat dan terhindar dari kerapuhan. Konsumsi sayuran hijau, susu bisa menjaga kesehatan kuku tetap sehat dan kuat.

Demikianlah beberapa tips dan cara merawat kesehatan kuku. Kuku walaupun nampak tidak sederhana, ternyata fungsinya sangat luar biasa bagi kesehatan jari-jari manusia secara umum. Demikian juga sangat berguna dalam mendukung berbagai kegiatan sehari-hari.

Related Posts

5 comments:

  1. terima kasih banyak , artikel ini sangat bermanfaat untuk saya dan sahabat-sahabat saya yang lain, saya sudah bookmark blognya kk,..

    Resep Bunda
    Reseper
    Download Software
    Sistem Pemerintahan Indonesia
    Sistem Ekonomi Indonesia
    Concert ID

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak , artikel ini sangat bermanfaat untuk saya dan sahabat-sahabat saya yang lain, saya sudah bookmark blognya kk,..

    Resep Bunda
    Reseper
    Download Software
    Sistem Pemerintahan Indonesia
    Sistem Ekonomi Indonesia
    Concert ID

    ReplyDelete
  3. Kuku kaki yang sehat akan bikin kita nyaman dalam beraktivitas. Bayangkan saja, apabila kuku kaki anak bikin sakit. Apa yang dimuat www.iyaa.com bahwa kuku kaki tumbuh ke dalam juga bisa terjadi.

    ReplyDelete
  4. terima kasih telah mau berbagi tips menjaga kesehatan kaki, tipnta sangat membantu. oya klo boleh sy kaki tambahan ya ..
    untuk mejaga kesehatah kaki bisa juga dengan memakai kaos kaki wanita krn kos kaki mampu memyerap keringat di kaki..
    moga makin sukses..

    ReplyDelete
  5. terima kasih telah mau berbagi tips menjaga kesehatan kaki, tipnta sangat membantu. oya klo boleh sy kaki tambahan ya ..
    untuk mejaga kesehatah kaki bisa juga dengan memakai kaos kaki wanita krn kos kaki mampu memyerap keringat di kaki..
    moga makin sukses..

    ReplyDelete