Gejala Diabetes, Penyebab dan Cara Mencegahnya

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/gejala-diabetes-penyebab-dan-cara.html
Sekarang ini sedang marak-maraknya produksi minuman dingin dalam botol dengan berbagai varian rasa. Salah satu jenis minuman tersebut misalnya teh yang diberi perisa manis berlebih sehingga jika di konsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah tubuh para peminumnya.

Tak banyak orang yang bisa mendiagnosa diri apakah kadar gula dalam darahnya normal, dibawah batas normal atau justru sangat, hal ini bisa di siasati dengan mudah yaitu memeriksakan diri pada dokter agar mendapat kejelasan informasi.

Berbicara tentang diabetes yang memang diakibatkan oleh berlebihnya kadar gula dalam darah. Penyakit ini juga tak banyak yang paham apakah menimpa dirinya atau tidak karena tanpa disadari Anda bisa saja menderita penyakit ini tanpa tanda-tanda yang jelas.

Untuk itu sebagai langkah awal lebih Anda kenali apa saja gejala penyakit diabetes melitus, setelah itu ketahui juga penyebab dan cara mencegahnya.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus


Penyakid diabetes dibagi menjadi 2 tipe, yaitu diabetes tahap awal dan diabetes tahap lanjut.

#Gejala Diabetes Tahap Awal

 Poliuri => Disini penderita akan sering buang air kecil, khususnya saat malam hari dengan volume yang banyak. Seringnya buang air kecil ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang tidak bisa di terima oleh ginjal. Salah satu penanganan yang mudah bisa Anda lakukan dengan konsumsi banyak air setiap harinya agar urin yang keluar tidak terlalu pekat dan banyak sebab ginjal sudah menarik sejumlah air yang Anda minum.
 Polidipsi => Pada kondisi semacam ini tubuh Anda akan kekurangan cairan akibat ditarik oleh ginjal sehingga tubuh akan terus merasa haus (dehidrasi).
 Polifagi => Tanda ini bisa dilihat saat kondisi tubuh yang sering merasa lemas akibat adanya gangguan pada insulin sehingga sel tubuh tak mampu mencerna gula dengan baik. Dengan begini secara otomatis tubuh akan kekurangan energi sehingga membuat otak kanan merespon Anda butuh makan.

#Gejala Diabetes Tahap Lanjut (Akut)

Jika kesemua gejala diabetes tahap awal sudah Anda alami, berarti Anda menderita gejala diabetes tahap lanjut (akut) yang biasa di gejalai oleh hal-hal berikut.
 Kesemutan dalam jangka waktu cukup lama dan sering.
 Kulit terasa berlapis alias tebal.
 Tubuh akan merasa panas dan seperti tertusuk-tusuk jarum.
 Mudah mengantuk dan kelelahan.
 Kram, dan
 Gairan seksual yang menurun drastis.

Pada ibu hamil sangat sering mengalami keguguran, sekalipun bayi lahir dengan selamat, berat badannya akan lebih dari 4 kilogram.

Jika Anda sudah tahu betul mengenai kondisi tubuh Anda apakah Anda terserang diabetes atau tidak, sekarang cari tahu juga apa penyebab diabetes melitus sehingga bisa menyinggah pada tubuh Anda.

Penyebab Diabetes Melitus


Sama, penyebabnya juga terbagi menjadi 2 tipe karena penyakit ini digolongkan menjadi 2 tipe, yuk simak.

#Penyebab Diabetes Tipe 1


Diabetes tipe 1 erat kaitannya dengan kerusakan sel beta pulau-puau Langerhans dalam pankreas. Saat-saat seperti ini yang membuat tubuh tak mampu memproduksi insulin.

Penderitanya bisa anak-anak maupun orang dewasa yang disebabkan oleh faktor genetis/keturunan. Para penderita diabetes tahap awal ini mau tidak mau harus mendapat suntikan insulin dari luar tubuh.

#Penyebab Diabetes Tipe 2


Diabetes tipe 2 ini hanya terjadi pada orang dewasa karena orang dewasa paling sering mengalami obesitas (kegemukan). Penyebabnya karena penderita diabetes tipe 2 hanya menghasilkan insulin dalam jumlah sedikit sehingga tak mencukupi kebutuhan tubuh karena ada komplikasi-komplikasi yang disebabkan oleh obesitas.

Pada umumnya penyakit diabetes disebabkan oleh pola hidup kurang sehat. Jelas saja, sekarang ini orang sudah jarang memperdulikan kesehatannya akibat diperdaya oleh teknologi sehingga malas berolahraga dan memelihara kondisi tubuhnya. Namun, tidak ada kata terlambat, segera cegah penyakit diabetes dengan cara berikut ini.

Cara Mencegah Diabetes Melitus


1. Kurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan harian Anda bisa menjadi cara efektif untuk menghindari diabetes.

2. Olahraga

Mulailah rubah kebiasaan Anda berbaring santai diatas ranjang tiap bangun tidur di pagi hari. Motivasikan diri untuk hidup sehat dengan cara berolahraga agar tubuh tetap fit dan tak mudah terserang penyakit.

3. Menurunkan berat badan

Apakah Anda gemuk? Segera lakukan program diet sehat agar berat badan Anda turun karena berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko tubuh terserang diabetes.

4. Sarapan

Sangat penting untuk sarapan tiap hari karena bisa mengurangi risiko diabetes. Konsumsilah makanan yang sehat karena bisa mengontrol kalori dan nafsu makan.

5. Hindari minuman manis

Inilah yang terpenting. Jangan terlalu sering minum soda atau minuman jenis lain yang rasanya sangat manis karena bisa meningkatkan risiko terkena diabetes lebih cepat.

Itulah beberapa langkah sederhana sebagai cara mencegah diabetes melitus agar tak menjangkiti Anda.

Setelah Anda mengenal betul apa itu gejala diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes. Apakah yang akan Anda lakukan sekarang? Tetap ingin melakukan gaya hidup tak sehat setiap harinya? Pasti tidak.

Related Posts