Gejala Kanker Serviks, Penyebab dan Cara Pencegahan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/gejala-kanker-serviks.html
Apa itu kanker serviks? Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit kanker ganas yang terbentuk dalam jaringan serviks (organ penghubung antara uterus dengan vagina). Kanker serviks dibagi menjadi beberapa tipe, namun yang paling umum biasanya diberi istilah dengan squamous cell carcinoma (SCC) yang merupakan 80 sampai 85 persen dari jenis kanker servriks. Kanker ini bisa menghinggap pada jaringan serviks akibat adanya infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Selain itu ada juga beberapa tipe kanker serviks yang langka dan tidak ada kaitannya dengan HPV seperti adenocarcinoma, adenosquamous, adenousarcoma, carcinoma, small cell, melanoma dan lymphoma.

Gejala Kanker Serviks


Gejala kanker serviks harus Anda waspadai agar jika suatu saat Anda mengalami beberapa tanda-tanda tersebut bisa dilakukan langkah pencegahan.

Sebenarnya gejalanya terbagi menjadi dua, namun sebelum membahas keduanya ada beberapa gejala umum yang sering dirasakan tubuh ketika ingin mengidap penyakit ini. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Terjadi pendarahan pada organ intim wanita saat menjalani hubungan seksual, dan disaat tidak dalam periode datang bulan atau sehabis menopause.
2. Darah yang keluar dari vagina begitu kental dan mengeluarkan bau tak sedap.
3. Pinggul terasa sakit dan nyeri saat berhubungan.

#Gejala Kanker Serviks Stadium Awal


Gejala kanker serviks stadium awal biasa ditandai dengan timbulnya keanehan pada dinding leher rahim atau serviks atau lebih tepatnya di area organ intim wanita. Perlu Anda ketahui kalau gejala kanker serviks stadium awal hampi tidak bisa dikenali dengan jelas, maka dari itu Anda wajib melakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter spesialis untuk melakukan vaksinasi kanker.

#Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut


Beda dengan stadium awal, untuk gejala kanker serviks stadium lanjut lebih mudah untuk di kenali karena kelainan fisik dan beragam keluhan sering dilontarkan oleh penderita seiring bertambah parahnya stadium kanker ini. Berikut ini gejala umum terjadinya kanker serviks stadium lanjut.
  • Jika mengalami keputihan sangat sulit untuk diobati bahkan tak bisa diatasi.
  • Terjadi pendarahan pada vagina, memang ini wajar ketika memasuki masa haid, namun Anda harus curiga karena hal ini salah satu tanda penyakit ini.
  • Pendarahan setelah menopause, maka dari itu segera lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan apakah Anda mengidap atau tidak.

Dengan mengetahui gejala kanker serviks maka Anda lebih mudah mendiagnosa apakah Anda kemungkinan besar terserang atau tidak.

Penyebab Kanker Serviks


Kanker serviks terjadi karena adanya infeksi Human Papilloma Viruses (HPV) yang menjadi faktor utama dan paling umum menjadi pemicunya. Virus-virus ini menular ketika berhubungan seksual, baik oral maupun anal.

Penyakit ini lebih sering diidap oleh wanita yang sering melakukan hubungan seksual karena sangat riskan menderita penyakit ini. Untuk wanita yang memiliki memiliki partner seks lebih dari satu lebih besar berisiko terserang kanker serviks.

Cara Mencegah Kanker Serviks


Waspadai gejalanya, kenali penyebabnya, selanjutnya lakukan pencegahan agar tidak terserang kanker serviks.

1. Melakukan tes papsmear secara teratur

Dengan intens melaksanakan tes papsmear bisa menolong Anda untuk memahami apakah Anda berisiko terkena kanker serviks atau tidak. Dengan begini, ketika sewaktu-waktu kanker serviks muncul Anda sudah bisa mengenal dan menangani dengan melakukan pengobatan di dokter, sehingga tingkat keselamatan Anda cukup tinggi.

2. Vaksin HPV

Salah satu faktor pemicu kanker servis adalah infeksi HPV. Tindakan yang bisa Anda pilih yaitu melakukan vaksin HPV secara teratur karena bisa mencegah kanker serviks lebih efektif.

3. Tidak gonta-ganti pasangan

Cukup pada satu partner insan, sebab jika Anda memiliki lebih dari satu infeksi HPV berisiko menular lebih tinggi pada Anda saat berhubungan intim.

4. Pola hidup sehat

Seiring melakukan langkah pencegahan Anda juga bisa memulai pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, mengatur pola makan, memilih makanan bergizi, tidak merokok, dan menghindari segala perbuatan yang bisa mengganggu kesehatan.

Sekarang ini sudah banyak produk herbal yang mampu untuk mengobati kanker serviks. Namun, lebih baik Anda jangan langsung tertarik dengan obat herbal yang beredar karena jika sesuatu terjadi pada Anda, siapa yang akan disalahkan? Untuk itu lebih baik langsung pada ahlinya yaitu dokter.

Related Posts