Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/07/manfaat-daun-binahong-bagi-kesehatan.html
Telinga Anda masih kurang akrab dengan tanaman Binahong? Jelas saja, memang di Indonesia masih sedikit orang yang melirik keistimewaan dari tanaman ini. Binahong adalah tumbuhan dari alam yang bisa tumbuh dengan subur pada dataran tinggi ataupun dataran rendah. Nama latin dari tanaman ini adalah Bassela rubra linn.

Binahong adalah tumbuhan merambat yang konon diyakini berasal dari Korea, tapi lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam ketika berperang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sama 1970 an. Sementara di daerah orang-orang yang bermata sipit, China, tumbuhan yang disapa dengan Dheng San Chi ini sudah dijadikan sebagai bahan penambah nafsu makan.

Ketidaktenaran tanaman binahong mungkin karena belum pernah diekspos lewat media yang membahas tentang kesehatan alami ataupun di surat-surat kabar. Tapi tahukah Anda, meski namanya tidak setenar tumbuhan lain, binahong banyak digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Bagian dari tanaman binahong yang biasa dipakai sebagai racikan obat adalah daunnya. Tetapi tidak sedikit juga para ahli pengobatan alternatif yang menggunakan bagian umbi dan batangnya sebagai bahan utama pembuatan obat penyakit tertentu.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan


Menurut Soejiyo, salah satu mantan karyawan Kanindotex yang biasa hilir-mudik dari Solo - Semarang setiap kali bekerja. Dirinya mengatakan bahwa daun binahong adalah herba dapat mengembalikan stamina yang loyo. Jadi tak heran jika banyak obat kuat yang terdiri dari banyak tumbuhan obat peningkat vitalitas pria seperti binahong.

Selain berperan sebagai peningkat stamina, daun binahong juga bertanggung jawab untuk memulihkan luka dalam ataupun luar pasca operasi, terserang typus, mengobati sakit maag, radang usus dan ambeien. Bisa juga untuk mengobati pembekuan darah dan pembengkakan, meningkatkan sistem imun sehabis sakit, radang sendi, luka memar karena terbentur, asam urat dan mencegah stroke.

Daun Binahong untuk pengobatan dalam

Anggap saja Anda menderita salah satu penyakit dalam seperti yang disebutkan diatas. Soejiyo telah membuat resep tersendiri untuk membuat obat penyembuhnya dari daun binahong.

Cara meracik obat dalam dari daun binahong:
  1. Petik umbi (rhizoma) secukupnya, lalu cuci bersih.
  2. Rebus kedalam panci berisi 3 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa 2 gelas air.
  3. Tunggu sampai dingin, barulah minum airnya 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Resep obat tersebut bisa digunakan untuk memulihkan luka setelah operasi, penyakit maag, tipes, disenti, asam urat, sakit pinggang, disentri, mengembalikan kebugaran tubuh dan mencegah stroke.

Daun Binahong untuk pengobatan luar

Sementara untuk pemanfaat daun binahong sebagai obat penyakit luar, mungkin untuk menyembuhkan luka memar akibat terpukul, luka bakar, rematik, pegal linu, nyeri otot dan untuk perawatan kulit agar halus, Anda bisa membuat racikan obat dari panduan berikut yang juga telah dibuat oleh Soejiyo.

Cara meracik obat penyakit luar dari daun binahong:
  1. Siapkan segenggam daun binahong, lalu tumbuk halus.
  2. Balurkan daun binahong yang telah hancur pada permukaan kulit (bagian) yang sakit.
  3. Pastikan agar luka tersebut tertutupi.

Cara meracik obat penyakit luar dari daun binahong lain:
  1. Campur rhizoma atau umbi tanaman binahong, kemudian rebus dengan bahan lain seperti daun sirih dan temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk menyembuhkan rasa sakit pada jantung akibat terjadinya pembengkakan. 
  2. Selain itu juga bisa digunakan untuk penyembuhan pembengkakan liver, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Khasiat Daun Binahong Lainnya


Berikut ini khasiat lain dari daun binahong untuk mengobati penyakit yang kategorinya berat ataupun ringan, begitu juga jenisnya penyakit luar maupun dalam.

Manfaat lain dari daun binahong:
Obat Batuk
 Muntah Darah
 Paru-paru bocor
 Kencing manis
 Borok akut
Obat Sesak nafas
 Darah rendah (hipotensi)
 Patah tulang
 Kulit gatal/eksim
 Gegar otak ringan/berat
 Mengobati Disentri/BAB
 Hidung mimisan
 Ambeien berdarah
 Luka akibat terbakar
 Kecelakaan/tergores benda tajam
Obat jerawat
 Usus bengkak
Penambah nafsu makan
 Gusi berdarah
Melancarkan haid
 Meningkatkan stamina tubuh setelah beraktivitas
 Menghangatkan badan, dan
 Lemah syahwat

Ternyata banyak sekali manfaat daun binahong untuk penyembuhan penyakit, semoga Anda bisa membudidayakan tanaman ini dirumah setelah tahu apa saja keunggulan dari tumbuhan ini.

Related Posts