Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Pengobatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/07/manfaat-lengkuas-untuk-kesehatan-dan.html
Lengkuas atau laos adalah tumbuhan berjenis umbi-umbian yang dapat tumbuh subur pada daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah. Sejatinya lengkuas dimanfaatkan oleh banyak orang menjadi bumbu masakan ataupun obat tradisional. Lengkuas menyimpan banyak nutrisi yang mampu mengobati berbagai penyakit.

Dalam hal bumbu masak, biasanya lengkuas diolah dengan cara awal dimemarkan rimpangnya kemudian dimasukan kedalam bumbu masakan yang sudah tercampur dengan bahan lain. Sementara untuk pengobatan, lengkuas yang paling sering digunakan adalah lengkuas merah atau Alpina purpurata K Schum.

Dikutip dari laman Stylecraze lengkuas mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Beberapa diantaranya adalah zat besi, sodium, vitamin A, vitamin C, antioksidan (flavonoid dan fitonutrien), beta-sitosterol, emodin, quercetin, dan galangin. Lengkuas juga menjadi sumber serat yang baik apabila diserap oleh tubuh.

Manfaat Lengkuas Sebagai Obat Tradisional


Dengar-dengar tanaman obat ini menyimpan khasiat yang melimpah. Apakah gosip tersebut benar? Berikut ini fakta bahwasanya manfaat lengkuas sangatlah banyak.

Mengobati Sakit Perut

Salah memilih makanan bisa menyebabkan sakit perut. Sebagai contoh adalah junk food yang biasa dijual di pinggiran jalan, makanan-makanan tersebut lebih baik Anda hindari karena bisa saja si penjual tidak memikirkan kondisi kebersihan makanan dan lingkungannya.

Berhubungan dengan sakit perut, lengkuas dapat meringankan rasa sakit pada perut akibat peradangan atau penyakit lain. Ketika konsumsi makanan yang dibumbui dengan lengkuas secara tidak sadar akan membuat Anda jadi lebih tenang.

Mencegah Mabuk

Apabila Anda tidak kuat dengan AC mobil atau mungkin Anda memang tidak bisa dibawa pergi jauh baik itu dengan kendaraan darat, laut maupun udara karena mudah mual, bawalah makanan yang bumbu masaknya terdapat lengkuas sebab lengkuas bisa mengatasi mabuk perjalanan akibat mual.

Meremajakan Kulit

Selain bagus untuk pengobatan, ternyata dalam hal perawatan tubuh lengkuas juga ikut membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Keajaiban ini dapat terjadi karena tak lepas dari kandungan antioksidannya yang terdiri dari 40 antioksidan, dimana masing-masing antioksidan saling melengkapi.

Mengeluarkan Racun

Di dalam tubuh terdapat racun yang cukup berisiko memicu gangguan kesehatan serius. Untuk mengeluarkan racun tersebut butuh bantuan dari makanan yang menyehatkan. Disini nutrisi yang tertanam pada lengkuas akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun dan kehadiran antioksidan dari lengkuas juga mampu mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Buatlah jus dari lengkuas, tetapi jangan terlalu banyak airnya. Karena krim dari hasil blender lengkuas ini bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit yang terbakar. Caranya dengan mengoleskan jus lengkuas, kemudian digosok-gosok menggunakan lengkuas utuh yang sudah dibersihkan pada bekas luka. Pengobatan ini dapat Anda rutinkan hingga bekas luka memudar.

Dalam kurun waktu 6 sampai 12 minggu akan terlihat perbedaan di bagian kulit Anda yang terkena luka bakar. Oiya, lengkuas yang akan dijus pastikan masih segar dan warnanya tidak terlalu gelap.
Membuat Kulit Bersinar

Lengkuas bersifat sebagai antiseptik dalam tubuh yang membantu menghaluskan kulit dari dalam. Tumbuhan yang biasa dijadikan bumbu dapur ini juga mampu membuat kulit Anda tampak bersinar.

Obat Jerawat

Jerawat membandel ataupun bekasnya bisa dihilangkan dengan lengkuas, tetapi reaksi positifnya memang agak memakan waktu. Anda bisa membuat jus dari lengkuas seperti tadi, lalu jadikan krim untuk wajah Anda. Jerawat akan hilang secara berangsur karena bakteri penyebabnya akan terangkat oleh krim dari lengkuas.

Demikian manfaat lengkuas untuk kesehatan. Semoga Anda bisa memanfaatkan tanaman ini tidak hanya untuk bumbu masakan, tetapi juga sebagai obat tradisional dan perawatan kulit cantik alami.

Related Posts