Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/09/manfaat-bunga-kenanga-untuk-kesehatan.html
Mungkin ada banyak orang belum mengetahui tentang manfaat bunga kenanga untuk kesehatan. Masyarakat umum mengenal bunga kenanga digunakan untuk di taburkan di atas makam ketika sedang berziarah serta untuk di gunakan pada upacara adat. Bunga kenanga yang bernama latin Canangium odoratum baill merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Memiliki harum yang khas dan kelopak bunga berwarna kuning dan kuning kehijauan dengan tinggi pohonnya dapat mencapai 50 meter.

Selain dijadikan sebagai perindang halaman rumah dengan pohonnya, kenanga juga memiliki manfaat lain dengan baunya yang harum. Misalnya untuk aromaterapi di salon-salon spa dan beberapa produk kecantikan dengan wanginya yang menenangkan. Sehingga akan memberikan efek perasaan yang ringan, tenang, rileks dan ampuh untuk mengusir penat. Selain itu, bunga kenanga juga memiliki manfaat untuk kesehatan badan serta dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Bunga Kenanga

Apa saja manfaat bunga kenanga untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini:

Memulihkan kondisi paska melahirkan. Dengan cara bunga kenanga muda dicampur dengan kunyit, kayu rapet, dan jakeling. Kemudian ditumbuk hingga halus. Tumbukan tersebut kemudian dicampur dengan air matang hangat, peras untuk mengambil sarinya. Minum sari tersebut tiga kali sehari

Bermanfaat untuk mengatasi penyakit Bronkhitis. Dengan cara merebus tiga kuntum bunga kenanga ke dalam 250 ml air. Air rebusan tersebut dapat diminum dua kali sehari

Bermanfaat untuk meredakan penyakit sesak napas. Dengan cara merebus satu genggam bunga kenanga yang di tambah dengan satu sendok the gula pasir ke dalam 300 ml air. Rebusa hingga tersisa separuh airnya. Tunggu hingga agak hangat, dan segera minum sebelum menjadi dingin

Bermanfaat untuk menyembuhkan malaria. Manfaat bunga kenanga untuk mengobati penyakit malaria dapat dilakukan dengan cara menyeduh empat kuntum bunga kenanga kering ke dalam 250 ml air panas. Diamkan hingga hangat kemudian segera minumlah.

Meringankan sakit pada kepala atau juga migrain. Dengan cara empat kuntum bunga kenanga direbus dengan setengah ruas jahe yang sudah di tumbuk dan 500 ml air. Rebus hingga tersisa separuh airnya, dan minumlah ketika hangat

Meringankan hingga menyembuhkan reumatik dan encok. Caranya, ambil beberapa kuntum bunga kenanga lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan ke daerah yang sakit.

Bermanfaat untuk menyembuhkan kudis dan bekas gigitan serangga. Dengan cara bunga kenanga secukupnya di tumbuk lalu di tempelkan ke area yang sakit.

Bunga kenanga untuk mengatasi bau badan berlebih. Dapat digunakan dengan dua cara, yakni dengan cara di rebus untuk diminum airnya, atau di rebus untuk digunakan mandi airnya.

Mencegah keputihan pada wanita. Dengan cara meminum air rebusan bunga kenanga, atau menggunakan air rebusan bunga kenanga yang sudah hangat untuk digunakan membasuh daerah kewanitaan setelah buang air kecil.

Bermanfaat untuk menyembuhkan gagal ginjal. Dengan cara bunga kenanga di campur dengan temulawak dan direbus denga segelas air hingga tersisa separuh airnya, dan minumlah ketika sudah agak dingin

• Bermanfaat untuk meringankan sampai mengobati peradangan pada saluran kencing dengan kandungan antibiotiknya.

Sebagai obat batuk tradisional. Dapat dimanfaatkan dengan merebus bunga kenanga dengan segelas air. Apabila sudah matang, campur air rebusan tadi dengan satu sendok teh air jeruk nipis, aduk dan minumlah selagi hangat.

Itulah beberapa daftar manfaat bunga kenanga yang aman untuk mengatasi masalah kesehatan anda. Untuk pengobatan luar, bunga kenanga cukup ditumbuk saja untuk selanjutnya di oleskan pada bagian yang dibutuhkan.

Baca juga artikel mengenai manfaat bunga sepatu serta manfaat bunga mawar untuk menambah wawasan anda tentang tanaman obat yang bisa dijadikan ramuan tradisional.

Related Posts