Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/09/manfaat-bunga-mawar-untuk-kesehatan-dan.html
Mawar adalah tanaman bunga yang merupakan komoditas hortikultura bernilai ekonomi tinggi karena banyak diminati dan diburu oleh konsumen. Bunga mawar yang kini sudah banyak dibudidayakan secara komersial dinilai sebagai objek yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan penting karena salah satu penggunannya adalah dirubah menjadi minyak bunga yang nantinya digunakan untuk membuat parfum.

Dari tahun ke tahun (hingga kini), permintaan bunga mawar merah yang biasa disimbolkan sebagai lambang cinta agung dan mulia setiap pasangan menjajaki peringkat pertama, namun sangat disayangkan karena di Indonesia tergolong lambang akibat terpropagasi (pemindahan) secara konvensional. Ini terjadi karena bunga mawar potong bersifat ketergantungan terhadap musim, penyakit pada tanaman serta kecepatan multiplikasi yang lamban. Mawar juga merupakan bunga yang biasa digunakan untuk berbagai acara seperti pesta untuk mempercantik dekorasi.

Manfaat Bunga Mawar


Jika dilihat pemanfaatan bunga mawar dari segi umum, tentu Anda hanya mengira sebagai parfum atau minyak wangi tubuh maupun pakaian. Memang sejak berawal dari Persia, kemudian tersebar ke Arab hingga India, proses penyulingan mawar menjadi minyak mawar membuat masyarakat mengira gunanya hanya untuk itu.

Jika ditelusur lebih jauh lagi, bunga mawar di Indonesia kerap dijadikan bunga tabur (pemakaman), penghias pelaminan, dan bunga meja. Di India hampir disetiap ritual pasti banyak menggunakan bunga mawar, seperti ritual pemandian calon pengantin, penyambutan calon mempelai pria, dan masih banyak lagi.

Tapi, apakah Anda pernah mengira kalau bunga mawar ternyata bisa dijadikan obat tradisional untuk beberapa penyakit seperti flu, diare, infeksi saluran kemih dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh?

Berikut ini saya terangkan secara ringkas tentang manfaat bunga mawar untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Manfaat Bunga Mawar untuk Rambut


Air mawar asal pabrikan dianggap sebagai penyejuk alami yang mampu menutrisi kulit kepala dan melembabkan rambut. Jika Anda penasaran untuk mencobanya, ketika keramas dengan shampo, teteskan sedikit air mawar pada rambut sampai aroma wangi mawar keluar.

Apabila kondisi rambut basah tapi tidak habis keramas, Anda bisa juga mengoleskan air mawar pada rambut. Ini akan membantu merangsang pertumbuhan rambut, sangat cocok untuk Anda yang mengalami kebotakan. Beberapa manfaat bunga mawar untuk rambut lain misalnya membasmi kutu dan menghilangkan ketombe secara alami.

Manfaat Bunga Mawar untuk Wajah


Jika bisa berbicara, pasti wajah akan terus mengeluh saat kondisinya kering dan kotor. Berbagai masalah juga acapkali menimpa kulit wajah, mulai dari yang umum seperti jerawat, kusam, flek hitam hingga masalah pada kulit yang cukup serius.

Menggunakan air mawar untuk merawat kulit wajah dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada wajah seperti jerawat. Caranya dengan mencuci wajah dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan air mawar. Lakukan sampai wajah terlihat bersih dan cerah lagi.

Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit Tubuh


Bagian kulit yang terlihat jelas seperti lengan bawah, betis dan leher harus diberi perhatian lebih agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. Tidak harus putih, yang penting sehat dan terlihat cerah, begitu saja sudah memperindah penampilan atau pesona Anda.

Gunakan air mawar untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum dan pH alami pada kulit. Dalam seminggu Anda bisa melakukan mandi mawar sekali atau dua kali.

Cara mendapatkan air mawar tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bila Anda ingin mendapatkan air bunga mawar sendiri di rumah, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Sediakan beberapa kuntum bunga mawar (lebih baik yang berwarna merah),  ambil kelopaknya saja lalu cuci bersih.
  2. Rebus kelopak bunga mawar dengan api kecil menggunakan air suling hingga warnanya menjadi pucat.
  3. Saring airnya dan biarkan hingga dingin dengan sendirinya.
  4. Setelah dingin, masukkan air mawar tersebut ke dalam botol berwarna gelap. 
  5. Simpan di tempat teduh dan kering serta terhindar dari sinar matahari langsung.

Selain cara tersebut, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat air bunga mawar sendiri. Namun, cara tersebut adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Anda juga bisa menonton video mengenai cara pembuatan air mawar di bawah ini:


Manfaat Bunga Mawar untuk Obat


Batuk Kering: Siapkan 10 gram bunga mawar kering, cuci bersih, kemudian campur dengan 30 gram gula batu dan tim kedua bahan hingga setengah matang atau keluar airnya. Saring dan minum ketika sudah hangat. Baca juga artikel mengenai obat batuk tradisional untuk mengobati batuk kering dan batuk berdahak.

Bengkak Pada Kaki: Ambil 2 - 3 kelopak bunga mawar dan 30 gram daun sembung. Cuci bersih kedua bahan kemudian rebus dalam 600 ml air sampai tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari sehabis makan masing-masing 1 gelas.

Haid Tidak Teratur: Manfaat lain dari bunga mawar juga mampu membantu memperbaiki siklus haid yang tidak teratur. Gunakan 15 gram bunga mawar, bunga asoka/siantan, dan 90 gram tanaman lidah buaaya. Bersihkan semua bahan kemudian rebus dalam 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Saring air dan minum 2 kali sehari sehabis makan. Baca juga artikel mengenai obat terlambat bulan dan obat nyeri haid tradisional.

Nah, itulah beberapa informasi tentang manfaat bunga mawar untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional. Baca juga artikel tentang manfaat bunga pagoda sebagai obat tradisional. Semoga bermanfaat.

Related Posts

9 comments:

  1. sekilas info. Vitamin telah diketahui tidak berguna untuk mencegah kanker, walaupun tingkat yang rendah dari vitamin D berhubungan dengan peningkatan resiko kanker. Apakah ini merupakan sebab akibat dan suplemen vitamin D bersifat melindungi tidak pernah dinyatakan. Suplemen Beta-Carotene telah diketahui meningkatkan kanker paru-paru pada mereka yang beresiko tinggi. Asam folat telah diketahui tidak berguna untuk mencegah kanker usus, bahkan justru menuingkatkan terjadinya polip pada usus besar. Tidak jelas apakah suplemen selenium mempunyai efek pengobatan/pencegahan. selain itu, seiring dengan perkembangan jaman, kini pengobatan penyakit ini sudah banyak di lakukan secara herbal, salah satunya dengan menggunakan produk ziirzax dan typhogell, dan untuk info lebih lengkap, silahkan baca spesifikasi produk obat kanker ziirzax dan typhogell.

    ReplyDelete
  2. sekilas info. Vitamin telah diketahui tidak berguna untuk mencegah kanker, walaupun tingkat yang rendah dari vitamin D berhubungan dengan peningkatan resiko kanker. Apakah ini merupakan sebab akibat dan suplemen vitamin D bersifat melindungi tidak pernah dinyatakan. Suplemen Beta-Carotene telah diketahui meningkatkan kanker paru-paru pada mereka yang beresiko tinggi. Asam folat telah diketahui tidak berguna untuk mencegah kanker usus, bahkan justru menuingkatkan terjadinya polip pada usus besar. Tidak jelas apakah suplemen selenium mempunyai efek pengobatan/pencegahan. selain itu, seiring dengan perkembangan jaman, kini pengobatan penyakit ini sudah banyak di lakukan secara herbal, salah satunya dengan menggunakan produk ziirzax dan typhogell, dan untuk info lebih lengkap, silahkan baca spesifikasi produk obat kanker ziirzax dan typhogell.

    ReplyDelete
  3. Saya lebih suka memakanya langsung daripada hrus mengolahnya terlbih dahulu...

    ReplyDelete
  4. Manfaat Tersembunyi bunga mawar Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete