Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/09/manfaat-bunga-sepatu-untuk-kesehatan.html
Bunga sepatu atau kembang sepatu adalah tanaman bunga dengan ukuran besar, warna kelopak merah hingga keungu-unguan dan tidak beraroma. Kembang sepatu bernama Latin Hibiscus rosa-sinensis adalah tanaman semak yang kedatangannya diperkirakan para ilmuwan dari daerah tropis dan subtropis seperti negara-negara Asia Timur.

Di beberapa daerah seperti Malaysia, kembang sepatu diberi julukan bunga raya dan diklaim sebagai bunga nasional Malaysia tepat tanggal 28 Juli 1980. Orang jawa pedalaman menamakan bunga sepatu dengan kembang worowari.

Di daerah tropis, tanaman bunga sepatu dilestarikan dengan menenam dalam pot kemudian dijejerkan ke samping dalam sebuah rumah kaca (agar terkena sinar matahari) hingga benar-benar menghasilkan bunga. Kalau di kawasan subtropis berbunga sejak awal musim panas hingga musim gugur.

Karena pesona keindahan fisik dari bunga kembang sepatu membuat tanaman ini lebih sering dijadikan tanaman hias. Jika Anda ingin menghias halaman rumah atau pintu masuk dengan bunga-bunga, beli saja bunga kembang sepatu di toko bunga terdekat.

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan


Di Indonesia bagian bunga dan daun digunakan sebagai obat tradisional. Bisa juga dijadikan teh dengan cara menyeduh kembang sepatu yang telah dijemur atau dikeringkan.

Beberapa penyakit yang obatnya bisa dibuat sendiri dari tanaman kembang sepatu dan beberapa bahan lain contohnya sebagai berikut.

Gondongan (gondok)

Bahan: 40 gram kembang sepatu yang masih muda dan terlihat segar.
Pembuatan: Cuci kembang sepatu hingga bersih, kemudian rebus dalam air sebanyak 450 ml (3 gelas) sampai air tersisa 150 ml (1 gelas). Sebelum diminum, saring airnya dan tunggu agak dingin. Jika sudah, baru Anda minum obat ini sehari tiga kali dengan dosis yang sama.

Obat Keputihan

Bahan: 3 kuntum kembang sepatu yang segar.
Pembuatan: Bersihkan dengan air, lumatkan kembang sepatu dengan cara digiling atau ditumbuk. Masukkan dalam segelas air matang, kemudian tuangkan cuka beras putih secukupnya. Aduk beberapa saat. Saring dan minum airnya tiga kali sehari masing-masing 1 gelas.

Obat Sariawan

Bahan: 30 gram kembang sepatu.
Pembuatan: Aliri dengan air bersih sambil digosok perlahan, kemudian biarkan air tiris. Seduh dalam segelas air panas, diamkan selama 15 menit. Dinginkan, kemudian saring dan air obat sariawan diminum sehari dengan dosis yang sama.

Batuk Berdahak dan Berlendir

Bahan: 2 kuntum bunga sepatu yang muda dan segar.
Pembuatan: Lumatkan dengan cara meremas menggunakan kedua atau satu tangan. Seduh dalam segelas gelas air panas, kemudian tutup gelas tersebut. Saring dan diamkan semalaman. Keesokan harinya masukkan madu secukupnya dan minum ramuan tersebut pagi hari sebelum makan.

Selain berkhasiat sebagai tanaman obat, bunga sepatu juga memiliki beraneka ragam manfaat kesehatan dan kecantikan.

Kaya Antioksidan

Di bagian kelopak bunga sepatu terdapat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan racun dari tubuh serta menangkal radikal bebas. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda bisa membuat teh dari kelopak bunga sepatu yang sudah dikeringkan.

Meredakan Demam

Ketika sakit demam biasa, seharusnya Anda tidak perlu khawatir betul. Para dokter di Belanda menyarankan penderita demam untuk minum air putih yang cukup dan lebih baik minum teh herbal. Anda bisa membuat teh herbal dari kelopak bunga sepatu hingga demam mereda.

Manfaat Kembang Sepatu untuk Kecantikan


Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan dan pengobatan tradisional. Kembang sepatu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Terutama untuk kulit wajah dan rambut.

Perawatan Kulit Wajah

Bunga sepatu juga berkontribusi dalam merawat kulit, sama perannya dengan bunga mawar untuk melembabkan kulit. Cara termudahnya yaitu dengan menggosok kelopak bunga sepatu yang telah dibersihkan pada kulit wajah, leher, hingga tangan. Untuk kaki Anda bisa merendam kaki dalam air bunga sepatu.

Perawatan Rambut

Kembang sepatu kerap digunakan oleh nenek moyang kita sebagai herbal untuk perawatan rambut. Caranya, ambil 10-15 lembar daun kembang sepatu, kemudian remas-remas hingga keluar lendirnya. Oleskan pada rambut seperti menggunakan gel. Lakukan secara rutin maka Anda akan mendapatkan rambut yang hitam alami. Cara tersebut juga efektif untuk menghilangkan uban.

Manfaat bunga sepatu yang lainnya adalah mengatasi tumit pecah-pecah, mengencangkan kulit, menghilangkan selulit, memberantas ketombe, mengurangi rasa cemas dan menurunkan berat badan.

Related Posts