Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/02/cara-menghilangkan-bau-mulut-tak-sedap.html
Masalah bau mulut adalah masalah yang sangat serius bagi sebagian masyarakat termasuk Anda yang aroma mulutnya sangat tajam dan menusuk hidung bagi orang-orang disekitarnya, apalagi jika kita sedang berbicara dengan orang lain, membuat kepercayaan diri Anda menurun.

Seperti halnya bau badan, bau mulut memang sangat mengganggu, terlebih jika Anda diharuskan untuk berbicara pada orang yang menurut Anda penting. Memiliki bau mulut tentu dapat membuat lawan bicara Anda menjadi illfil. Bau mulut tidak bisa dianggap remeh, karena selain bisa menurunkan rasa percaya diri, bisa saja merupakan pertanda dari penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, atau gangguan pencernaan.

Pada umumnya, Bau Mulut disebabkan tidak rajin menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman. Namun, ada beberapa penyebab munculnya bau mulut lainnya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Nanti dulu, ketahui sebabnya.

1. Gigi Berlubang
Salah satu faktor penyebab utama bau mulut adalah gigi berlubang. Disebabkan karena adanya penumpukan sisa makanan pada sela gigi yang berlubang sehingga mengalami pembusukan dan menimbulkan rasa sakit, bau mulu dan gusi bengkak dan infeksi. [ Obat Sakit Gigi ]

2. Tidak Sarapan Pagi
Coba Anda rasakan jika tidak sarapan pagi biasanya agak siang mulut Anda menjadi bau. Di dalam mulut, ada bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Dengan Anda sarapan pagi maka produksi air liur di mulut akan meningkat dan membunuh bakteri penyebab mulut. Selain itu, sarapan dangat baik untuk pencernaan.

3. Penggunaan Behel atau Gigi Palsu
Memasang behel atau gigi palsi juga dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Karena kawat gigi yang digunakan untuk menekan gigi akan menyulitkan Anda untuk membersihkan gigi secara merata.

4. Sariawan
Ketika Anda mengalami sariawan, biasanya terjadi infeksi di mulut dan menyebabkan nanah yang bisa menyebabkan bau mulut. [ Obat Sariawan ]

5. Peradangan pada gusi
Masalah peradangan gusi tidak dapat dianggap sepele. Selain dapat menyebabkan bau mulut, peradangan gusi dapat menyebabkan penyakit jantung. Radang gusi awalnya disebabkan plak bakteri yang menempel pada gigi.

6. Merokok
Selain menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, merokok juga penyebab dari bau mulut. Sebaiknya mulai sekarang, berhentilah merokok demi kesehatan badan dan mulut Anda.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Nah sekarang, marilah kita telaah bagaimana cara menghilangkan bau mulut.

1. Rajin Menggosok Gigi
Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Ini adalah suatu keharusan. Jika Anda ingin menghilangkan bau mulut, mulai dari sekarang Anda membiasakan diri untuk menggosok dan membersihkan gigi minimal 2 kali sehari.

2. Mengkonsumsi Buah-Buahan
Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang bisa digunakan adalah pear, apel, jambu, lemon dan lain-lain. Serat buah yang tinggi bisa menjadi pembersih gigi. Selain itu, juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Banyak Minum Air Putih
Air putih bermanfaat untuk menjaga kestabilan air dalam tubuh Anda termasuk air dalam mulut Anda, selain dapat menghilangkan bau badan, minum banyak air putih juga dapat menjadikan tubuh Anda lebih segar.

4. Hindari Alkohol dan Merokok
Jika Anda adalah orang yang memperhatikan kesehatan, alkohol dan rokok tidak ada gunanya untuk kesehatan. Justru dapat memperburuk kesehatan termasuk kesehatan dalam mulut yang mengakibatkan bau mulut tidak sedap.

5. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C dapat membunuh pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, tomat dan lain-lain.

6.Memanfaatkan Daun Beluntas
Daun beluntas dipercaya mampu membatu dan mengatasi masalah bau mulut caranya,siapkan beberapa lembar daun beluntas, cuci bersih,dan direbus dengan 2 gelas air.setelah mendidih angkat dan dinginkan.pergunakan air rebusan daun beluntas tersebut sebagai obat kumur.

Nah, demikian tips cara menghilangkan bau mulut yang bisa saya berikan disini. Dengan melakukan beberapa cara diatas, Anda akan terbebas dari bau mulut dan dapat mengembalikan rasa percara diri Anda.

Related Posts