Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/10/manfaat-buah-tomat-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
Tomat yang memiliki nama latin Lycopersicum esculentum Mill adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, semur, dan sambal tomat agar rasanya lebih sedap. Kadang juga dimakan begitu saja sebagai lalap atau camilan.

Saya sendiri biasa mengkonsumsi tomat dengan cara dipotong-potong lalu ditaburi sedikit gula pasir. Rasanya sangat menyegarkan. Kami disini menyebutnya rujak tomat. Anda juga bisa membuat tomat sebagai jus dengan cara diblender.

Kandungan Gizi Buah Tomat

Salah satu senyawa yang paling banyak terkandung dalam buah tomat adalah betakaroten, terutama likopen, yang oleh tubuh likopen ini diubah menjadi vitamin A. Bersama vitamin C dan vitamin E yang terkandung, membuat tomat memiliki sifat antioksidan.

Penelitian menunjukkan likopen akan lebih optimal diserap oleh tubuh setelah diolah, entah menjadi sup atau saus tomat. Jadi, tambahkan tomat pada masakan Anda sehari-hari.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan


Selain bermanfaat sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi, ternyata tomat juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan.

Mencegah Kanker

Laporan dari Journal of National Cancer Institute mengatakan, kaum pria pengonsumsi 10 porsi makanan berbahan dasar tomat jarang terkena kanker prostat. Diperkirakan berkat kandungan likopen.

Bukan cuma kanker prostat, penelitian dari Universitas Illinois pun menunjukkan, tomat dapat menghindari gejala kanker rahim. Begitu juga kanker lambung, usus besar, rektum, dan pankreas.

Mecegah Penyakit Jantung

Penelitian terhadap para pria Eropa menunjukkan, mereka yang dalam tubuhnya memiliki kadar likopen tinggi, jarang terkena serangan jantung. Kandungan asam salisilat juga mampu mencegah pengentalan darah.

Melancarkan Pencernaan

Tomat yang kaya serat, air, dan mineral membantu proses pencernaan. Mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga menambah nafsu makan. Kandungan asam malat dan asam sitratnya membantu mencgah terbentuknya batu empedu. Dengan sifatnya yang antiradang berkat zat tomatin, tomat dapat mencegah radang usus buntu dan saluran pernapasan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tomat dapat membantu, mencegah asam urat. Vitamin A dan C pada tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan


Selain untuk kesehatan, buah tomat juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Berikut ini manfaat buah tomat untuk kecantikan.

Menyehatkan Kulit

Vitamin B3 mampu menghaluskan kulit karena mampu melancarkan peredaran darah sehingga kulit mendapat kecukupan suplai makanan.

Menghilangkan Jerawat

Urusan jerawat juga bisa ditaklukkan dengan tomat karena zat tomatinnya yang bersifat antiradang dan antibakteri. Caranya, tomat yang sudah dibelah cukup dioleskan ke wajah, biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

Menghilangkan Komedo

Buah tomat bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Dengan menggunakan masker tomat secara teratur, Anda akan mendapatkan hidung mulus tanpa bekas merah-merah bekas memencet komedo.

Memutihkan Wajah

Selain menghilangkan jerawat dan komedo, tomat juga dapat membantu memutihkan kulit wajah. Caranya dengan membuat masker tomat dicampur dengan air lemon dan oatmeal. Oleskan campuran jus tomat, lemon dan oatmeal pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kandungan Nutrisi dalam 100 gram buah tomat


Catatan:
Selain kaya manfaat, tomat juga memiliki sisi negatif, terutama bagi mereka yang menderita radang seperti osteoartritis, dan radang sendi, juga mereka yang menderita asma. Dianjurkan tidak mengonsumsi buah tomat karena bisa memperparah penyakitnya.

Related Posts

38 comments:

  1. terima kasih infonya begitu banyak manfaatnya sebuah tomat

    ReplyDelete
  2. informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. ternyata tomat bisa untuk mutihin wajah jg yaa...!!
    baru tau, thank'z infonya..

    ReplyDelete
  4. wah.. jadi pengen nyoba maskernya .. thank ya infonya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. Wah, banyak banget manfaatnya gan...
    tetapi, manfaat tomat buat kesehatan cara pakainya gimana yah gan? agar dapat hasil yg maksimal....

    ReplyDelete
  6. Sudah tak coba untuk luluran rasa-rasanya kok nggak ada bedanya tuh

    ReplyDelete
  7. bila dipakai luluir wajah mggak ada bedanya

    ReplyDelete
  8. nice info, sy pernah mencobanya, dan memng trbukti, mncerahkan wajah.
    untuk teman2 yng ingin memutihkan wajah secara alami, gunakan cream yashodara,tdak mengandung mrkuri atau hidroquinon,sangat nyaman untuk digunakan .untuk info slanjutnya silahkan kunjungi http://www.creamyashodara.com/?ref=Purplelove

    ReplyDelete
  9. ternyata begitu banyak ya manfaat buah tomat bagi kecantikan, makasih gan infonya.

    ReplyDelete
  10. Wow, ternyata bisa menghilangkan komedo juga ya. Tomat memang ternyata menyimpan berbagai macam keistimewaan. Dimuat dalam artikel iyaa.com kalau terdapat lebih dari 7.500 jenis tomat. Namun, secara umum tomat dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya.

    ReplyDelete
  11. tomat memang buah yang kaya akan manfaat. banyak2 konsumsi utk mendapatkan manfaatnya

    ReplyDelete
  12. Tomat posisinya hampir sama ya soba dengan air putih, banyak manfaatnya abgi kesehatan. terima kasih telah berbagi artikel menarik ini, dan salam kenal

    ReplyDelete
  13. buah tomat memang sangat banyak sekali manfaatnya . thanks infonya

    ReplyDelete
  14. Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
    Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI SEMARANG
    chairul sarto utomo via sms telp
    085229348635, 085600125176 pin bb 3166854C. TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

    ReplyDelete
  15. Banyak juga manfaatnya ya..

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    ReplyDelete
  16. nice article, akan baik lagi jika ditambah dengan cara perawatan dari buah tomat untuk kecantikan wanitai

    ReplyDelete