Makanan dan Minuman untuk Mencegah Gigi Berlubang

shares |

gigi sehat
Gigi berlubang merupakan salah satu bentuk kerusakan gigi yang juga menjadi penyebab sakit gigi. Penyebab gigi berlubang adalah sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Bakteri di mulut memakan sisa-sisa makanan dan mengeluarkan zat yang dapat merusak lapisan gigi. Lama-kelamaan, proses tersebut membuat gigi keropos, bolong atau berlubang.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah gigi berlubang? Selain menjaga kebersihan gigi, cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menjaga kesehatan gigi.

Apa saja makanan yang dapat mencegah gigi berlubang? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Air

Air merupakan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Anda perlu berkumur dengan air bersih setelah mengkonsumsi makanan ataupun minuman tertentu untuk membuang sisa-sisa zat makanan yang tertinggal di dalam mulut.

2. Produk susu

Susu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting. Susu dan produk olahannya seperti keju atau yogurt dapat menyediakan asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Salah satu fungsi kalsium adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Buah dan sayuran

Makanan kaya serat bisa menggosok gigi Anda dengan bersih. Buah-buahan dan sayuran yang renyah seperti mentimun yang juicy, semangka, apel, pir, memiliki kandungan air yang tak banyak fruktosa. Buah-buahan tersebut sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan mulut dan gigi.

4. Kacang-kacangan

Vitamin, mineral, kalsium, zat besi, kalium, seng dan nutrisi lainnya hadir dalam kacang-kacangan seperti kacang almond, walnut, kacang mete dan kacang tanah yang baik untuk kesehatan gigi Anda.

5. Teh hijau

Secangkir teh hijau hangat memiliki polifenol yang membantu menekan bakteri dan dapat membantu memerangi gigi berlubang dan plak. Kopi dan kakao juga bermanfaat.

Yang terpenting dari segalanya, jangan menyikat gigi setelah minum atau makan sesuatu yang asam, minuman berkarbonasi, karena enamel terkikis jauh lebih cepat.

Bilas saja dengan air secara menyeluruh, tunggu sekitar setengah hingga satu jam untuk membiarkan air liur secara alami melakukan tugasnya. Kemudian sikat gigi Anda.

Related Posts