Superfood untuk Mencegah Penyakit Kanker

shares |

Superfood Brokoli
Kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Bahkan kasus kematian akibat kanker masih berada di deretan yang tertinggi saat ini. Maka sudah selayaknya kita menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak terkena kanker. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah kanker.

Belakangan ini dunia kesehatan mengenal istilah baru terkait makanan, yaitu superfood. Apa itu superfood? Superfood adalah makanan kaya nutrisi atau mengandung nutrisi lengkap yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Superfood haruslah mudah didapat dan harganya tidak mahal.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan super atau dikenal dengan istilah superfood tadi yang dapat mencegah penyakit kanker.

Brokoli

Seperti halnya tomat yang mengandung nutrisi penting untuk mencegah kanker prostat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, brokoli juga diperkaya zat anti kanker yang disebut sulforaphane. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan brokoli adalah kanker payudara, rahim, kelenjar prostat, usus, ginjal, hati dan paru-paru.

Jamur

Jamur adalah ciptaan alam yang paling unik karena mereka bukanlah tanaman sungguhan yang bahkan tidak memiliki akar. Jamur adalah anggota dari keluarga fungi. Anda tidak perlu meragukan kehebatan jamur karena semua jenis jamur mengandung kandungan gizi yang tinggi seperti selenium, vitamin B kompleks, tryptophan, tembaga, dan kalium bersamaan dengan fitonutrien. Jamur memiliki kekuatan antioksidan hebat untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas berbahaya.

Dalam beberapa literatur disebutkan brokoli juga mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak, sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kerang

Sebuah penelitian di Jepang yang di muat dalam jurnal Circulation, Januari 2006 menyebutkan, mengonsumsi kerang minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah serangan stroke iskemik dan serangan jantung. Kerang mengandung asam lemak omega 3 yang berperan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan penyakit kardivaskular lainnya.

Kerang juga diperkaya dengan zinc yang ditengarai dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria. Hormon ini berperan penting untuk meningkatkan kesuburan pria.

Semangka

Lebih dari 90 persen komposisi semangka terdiri dari air. Kandungan air dalam semangka diperkaya dengan vitamin dan mineral penting seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, kalium dan magnesium.

Beta karoten, lutein, dan zeaxanthin bekerja sama melindungi kesehatan mata dari macular degenaration, atau penurunan fungsi mata akibat bertambahnya usia. Sedangkan kalium dan magnesium membantu fungsi insulin dalam mengendalikan gula darah (mencegah diabetes).

Tempe

Tempe bisa dijadikan alternatif pengganti daging. Sebab, tempe merupakan bahan pangan berprotein nabati yang bernilai tinggi. 100 gram tempe mengandung 18,3 protein, sedangkan 100 gram daging mengandung 18,8 dan 100 gram telur mengandung 12,2 protein. Karena proteinnya yang hampir sama dengan daging, maka tempe bisa dijadikan pilihan tepat sebagai superfood murah meriah.

Tomat

Tomat mengandung lycopene yang sangat tinggi. Lycopene merupakan antioksidan yang mendukung kesehatan prostat dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Para ahli medis sering menganjurkan para pria untuk gemar mengonsumsi tomat untuk kesuburan dan umur panjang.

Oke, itu dia beberapa superfood alias makanan super yang dapat mencegah penyakit kanker. Jadi, jika Anda ingin terbebas dari kanker, konsumsilah beberapa jenis makanan di atas dan biasakan gaya hidup sehat.

Related Posts