Kandungan Gizi Kacang Polong dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/kandungan-gizi-dan-manfaat-kacang-polong.htmlKacang polong adalah salah satu makanan ajaib, sebab bentuknya yang mungil memiliki khasiat yang banyak. Setidaknya terdapat tujuh macam mineral, delapan jenis vitamin, dan juga kaya akan serat protein di dalamnya. Gizi harian yang kita perlukan hampir mampu dipenuhi hanya dengan konsumsi si mungil ini. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa makanan ini hanya cocok untuk ngemil. Padahal, kacang polong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan orang yang rutin mengonsumsinya. Apa saja? Simak berikut ini kandungan gizi kacang polong dan manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Polong


#Sumber Protein Nabati

Kacang polong atau ercis merupakan salah satu kacang-kacangan yang menjadi sumber protein nabati yang populer di Indonesia. Di dalam 100 gram kacang polong rebus, terkandung 8 gram protein yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein kita sehari-hari.

#Asam Amino

Asam amino yang terkandung dalam kacang polong tidak kalah banyak dengan protein nabatinya, yaitu sekitar 102, cukup tinggi bukan?


Setidaknya terkandung serat sebanyak 8.3 gram dalam 100 gram kacang polong rebus yang dapat memenuhi kebutuhan serat Anda sebanyak 33% perharinya. Jenis serat yang terkandung dalam kacang polong adalah serat larut yang berfungsi baik sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan



Terlihat sekilas kacang polong mengandung lemak yang tidak sehat, namun faktanya terbalik. Kacang polong justru sangat rendah lemak dan tinggi protein sehingga mengonsumsi makanan sehat yang satu ini dapat berkontribusi dalam program diet Anda.


Kanker lambung dapat dicegah oleh senyawa coumestrol yang terkandung dalam kaang polong. Menurut penelitian, kanker lambung sudah dapat dicegah hanya dengan konsumsi sekitar 2 mg kacang polong per-harinya/

#Memperkuat sistem imun

Metabolisme dalam tubuh dapat diperkuat oleh si mungil ini, berkat kandungan antioksidannya seperti flavonoid, carotenoid, asam fenolat, dan polyphenol yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun, mencegah penuaan dini, dan juga sumber penambah energi alami.

Itulah beberapa kandungan gizi kacang polong dan manfaatnya untuk kesehatan Anda. Setelah mengetahuinya, apakah Anda ingin coba menanam sendiri kacang polong di rumah? Sebab menurut penelitian, selain baik untuk tubuh kacang polong juga sangat ramah lingkungan. Jadi kenapa Anda belum mencobanya sekarang?

Related Posts