6 Penyebab Rambut Rontok Yang Perlu Anda Ketahui

shares |

Penyebab Rambut RontokRambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mengalami masalah dengan kerontokan rambut memang wajar terjadi, namun jika rambut yang rontok terlalu banyak itu sudah diluar batas wajar. Untuk itu Anda harus kenali beberapa penyebab rambut menjadi rontok agar Anda bisa mengetahuinya, simak langsung berikut ini ulasannya.

Penyebab Rambut Menjadi Rontok

1. Faktor keturunan

Orang tua yang sering mengalami masalah dengan kerontokan rambut biasanya juga diturunkan kepada anak-anaknya, sebab salah satu faktor penyebab rambut rontok adalah gen alias keturunan. Jika faktor pertama ini Anda alami, segera konsultasikan pada dokter ahli kulit agar Anda mendapatkan solusi terbaiknya.

2. Stres

Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh pikiran yang stres. Untuk itu agar rambut Anda tidak mudah rontok, jangan pernah membiarkan otak Anda terlalu keras untuk berpikir agar tidak cepat stres.

3. Diet

Diet juga menjadi pemicu kerontokan rambut, khususnya untuk diet ekstrim yang bisa membuat tubuh menjadi kekurangan asupan gizi dan vitamin sehingga berdampak pada kesehatan rambut, kulit dan juga berat badan.

4. Gaya rambut

Tampil keren itu memang seru, tapi tampil beda itu harus diperhatikan. Jika Anda membuat penampilan menjadi beda daripada yang lain dengan jalan mengubah gaya rambut, misalnya mewarnainya ataupun menggunakan produk kesehatan untuk membuat model rambut menjadi seperti yang Anda mau itu adalah pilihan yang salah. Sebab hal tersebut justru membuat Anda menjadi kurang menarik akibat rambut yang lama kelamaan akan merasakan efeknya, yaitu merontokkan rambut.

5. Bahan kimia

Banyak produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia sehingga tidak mengherankan jika penggunaan produk perawatan rambut terlalu sering dapat membuat rambut lurus Anda menjadi rontok.

6. Hormon

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Terkadang ibu hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon sering mengalami masalah dengan rambut rontok yang cukup parah.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut rontok. Selain itu ada juga kebiasaan buruk yang membuat rambut menjadi rontok, misalnya seperti membungkus rambut basah dengan handuk, menyikat rambut dengan tenaga ekstra, mengikat rambut terlalu rapat, dan memakai hair extension yang semuanya itu sangat tidak baik untuk kesehatan rambut.

Related Posts