Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/02/makanan-sehat-untuk-menghilangkan-stres.html
Apakah Anda salah satu dari beberapa orang yang benci hari Senin? Mungkin ada pertanyaan dari mereka yang tidak mengerti kenapa banyak orang membenci awal pekan. Bagi sebagian orang hari Senin adalah hari dimana kesibukan sebagai manusia pekerja dimulai. Dimana disana juga terdapat rutinitas, tekanan, serta hormon stres. Hormon stres ini bisa berbahaya dan merusak tubuh.

Kedamaian hati sebenarnya merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan stres. Dan yang perlu Anda lakukan adalah selalu berfikir positif dan melupakan bermacam hal yang menyebabkan stres. Karena itu Karena itu, merefresh semua fikiran Anda di akhir pekan dengan mengisinya dengan liburan adalah penting.

Anda bisa melakukan beberapa kegiatan santai di akhir pekan seperti sekadar cuci mata di mal, jalan-jalan ke pantai, keluar bersama teman atau bersantai di rumah dengan keluarga. Namun, untuk menghindari stres anda juga bisa mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Sebelumnya perlu diketahui, makanan lezat dapat melawan stres, seperti sayuran, buah, beberapa jenis ikan yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

Kacang almond dan kenari

Jenis kacang ini mengandung vitamin E dan antioksidan, yang baik untuk mempertahakankan kekebalan tubuh. Selain mengandung banyak vitamin E dan antioksidan, almon juga mengandung vitamin B yang memiliki efek menenangkan pikiran. Jadi, kacang ini bermanfaat untuk menangkal stres. Cobalah taburkan almon pada salad, misalnya, atau mengoleskan selai almond pada roti.

Menurut Associate Professor of Biobehavioral Health di Penn State, Sheila G. West, MD, stres terjadi karena peningkatan hormon adrenalin yang juga meningkatkan tekanan darah dan energi. Konsumsi kacang almond sekitar 15 gram sehari membantu menurunkan tekanan darah, sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras. Ketika sedang berada di bawah tekanan, cobalah salad, sereal, atau havermut dengan tambahan kacang almond dan kenari ini.

Susu skim

Beberapa orang sering mengalami insomnia dan kegelisahan. Jika kebetulan mengalami gangguan ini Anda mungkin bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Cobalah siapkan segelas susu skim. Kalsium yang terkandung dalam susu skim bermanfaat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf.

Susu skim juga memberikan keuntungan khusus untuk perempuan, terutama mereka yang mengalami Pre Menstrual Syndrome (PMS), perubahan suasana hati, kecemasan, dan emosi eksplosif yang semuanya terkait dengan stres.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2005, terbukti wanita yang mengonsumsi 4 gelas susu rendah lemak memiliki kontrol 46% lebih besar atas suasana hati dibandingkan dengan wanita yang hanya mengonsumsi 1 gelas susu per minggu.

Bayam

Sayuran yang dapat menenangkan adalah bayam. Bayam mengandung magnesium dan mineral yang dapat membantu menurunkan tingkat stres kita. Kurang asupan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala dan membuat kita merasa lelah. Jika tidak terlalu suka bayam, campurkan saja dalam sandwich atau salad untuk sarapan. (baca: Manfaat Bayam)

Havermut

Havermut mengandung karbohidrat. Senyawa ini penting bagi kesehatan manusia karena membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin dan senyawa kimia yang santai dan menenangkan. Menurut Judith Wurtman, Ph.D, yang juga penulis The Serotonin Power Diet, semakin tubuh menyerap karbohidrat, akan ada lebih banyak serotonin. Havermut memakan waktu lebih lama bagi tubuh untuk mencerna, proses pencernaan yang panjang membuat tubuh kita tidak mudah merasa lapar. Jadi, selain mengatasi stres, juga baik untuk program diet.

Ikan salmon

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilaporkan Journal of the American Medical Association, omega-3, DHA, dan asam lemak juga melindungi terhadap penyakit jantung. Kita disarankan makan 100 gram ikan, terutama ikan berlemak seperti salmon, makerel, herring, dan tuna, setidaknya dua kali seminggu.

Salmon juga memiliki kemampuan untuk mengatasi stres, karena kandungan omega-3 di dalamnya juga merupakan musuh besar dari hormon stres. Selain pada salmon, kita juga dapat menemukan DHA dan asam lemak pada telur, yoghurt, susu, dan produk kedelai, tentu saja ini tidak sebaik yang dikandung dalam ikan salmon.

Buah Jeruk

Ketika menghadapi stres saat presentasi dengan klien, Anda sebenarnya dapat mengatasinya dengan mudah. Minum segelas jus jeruk atau makanlah buahnya. Vitamin C dalam buah berwarna oranye ini memberikan kekebalan terhadap tubuh dan mengurangi stres.

Penelitian psikofarmakologi yang dilakukan di Jerman, mengumpulkan 120 responden yang diberi 3.000 miligram vitamin C, dan mereka merasakan hormon stres berkurang. Demikian juga, tekanan darah juga kembali normal.

Buah Alpukat

Avokad bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk mengatasi panik yang berlebihan. Buah ini mengandung lemak baik yang dapat menenangkan pikiran, sehingga baik juga untuk mengatasi stres. Berdasarkan penelitian di National and Blood Institute, salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah adalah dengan makan alpukat, karena memiliki kandungan kalium yang memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. (baca: Manfaat Buah Alpukat)

Nah, jika saat ini Anda mengalami stres, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan diatas. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.

Related Posts