Gejala Demam Berdarah, Penyebab dan Cara Pencegahan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/gejala-demam-berdarah-penyebab-dan-cara.html
Demam berdarah atau demam dengue yang disingkat dengan DBD menjangkiti seseorang akibat infeksi virus dengue yang disebarkan atau ditularkan oleh nyamuk. Menurut wikipedia, penyakit ini juga disebut sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi) karena pengidap akan merasakan beberapa problem seperti nyeri hebat yang seakan-akan membuat tulang remuk dan patah.

Gejala Demam Berdarah


Beragam gejala yang dirasakan oleh penderita umumnya adalah sakit kepala, kulit kemerahan seperti sedang campak, nyeri otot dan persendian.

Lebih lengkap dan jelasnya seputar gejala DBD adalah sebagai berikut:
  • Tiba-tiba tubuh mengalami demam hebat selama 2 - 7 hari (38 - 40 derajat celcius)
  • Ketika virus menyebar akan timbul gejala sepeti tubuh menggigil meski cuaca sedang terik, sakit kepala, nyeri ketika menggerakan bola mata ke segala arah dan tak jarang yang mengalami nyeri punggung
  • Mulai terlihat bintik-bintik merah seperti campak saat melakukan pemeriksaan dengan metode uji torniquit
  • Terjadi pembengkakan hati
  • Sering syok karena tekanan darah menurun
  • Trombosit akan menurun dibawah 100.000/mm3 dan terjadi peningkatan hematokrit diatas 20%
  • Seiring tersebarnya infeksi virus dalam tubuh, hidung akan mengeluarkan darah (mimisan)
  • Saat buang air besar kotoran yang dikeluarkan berupa lendir yang bercampur dengan darah (melena)

Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD)


Demam berdarah dengue disebabkan oleh infeksi virus dengue yang secara sistem ilmiah menamakan dan menklasifikasikan virus ini kedalam famili Flaviviridae dan egnus Flavivirus.

#Proses Penularan Virus

Virus ini bernaung dalam tubuh manusia karena ditularkan atau disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini umumnya menyebarkan virus di siang hari melalui gigitannya, satu gigitan bisa menginfeksi manusia.

Ketika nyamuk ini menggigit orang, air liur yang menyimpan dengue secara bersama akan masuk ke kulit yang kemudian akan tercampur dan mengalir dalam sel darah putih orang yang terinfeksi. Kalau sudah begini, sel darah putih yang seharusya membantu memproteksi tubuh dari berbagai ancaman malah menjadi media virus dengue untuk memperbanyak diri atau memproduksi kembali ketika sel darah putih ini bergerak-gerak dalam tubuh.

Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD)


Dilhat dari mekanisme penyebaran virus membuat para ahli medis mencari cara bagaimana seluruh masyarakat paham untuk menindaklanjuti penyakit ini agar tidak tersebar dengan mudah dengan melakukan langkah pencegahan. Pasti Anda sudah tak asing dengan yang namanya 3M, karena di TV sudah banyak iklan tentang ini. Ya, 3M merupakan langkah pencegahan paling mudah secara keseluruhan. Tapi tahukah Anda kalau ada cara lain yang bisa mencegah virus ini dengan mudah menyusup kedalam sel darah putih.

Lebih jelasnya berikut ini kiat-kiat untuk mencegah penyebaran virus ini:

Hindari ruangan yang lembab
Ruangan yang lembab sangat disukai oleh nyamuk jadi tak heran jika Anda kesal ketika tidur banyak sekali nyamuk yang menggerogoti kulit. Maka dari itu, agar tidur Anda bisa nyenyak dan nyamuk minggat dari kamar, bersihkan kamar Anda agar besih dan segar. Jangan lupa juga perbaiki dan perbanyak sirkulasi udara agar ruangan Anda tidak pengap.

Segera cuci baju kotor yang menumpuk
Pada baju dan kotor (apalagi tercampur keringat) memiliki banyak kuman yang bisa dijadikan santapan lezat oleh nyamuk. Tentu Anda sering melihat banyak nyamuk yang hinggap pada pakaian kotor. Maka dari itu cuci baju Anda sekarang juga, jangan biarkan menumpuk.

Tanamlah tanaman yang bisa mengusir nyamuk
Ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk, biasanya tanaman ini diolah menjadi obat nyamuk atau krim untuk mengoles tubuh yang digunakan sebelum tidur. Misalnya, bunga lafender dan jeruk. Jka Anda ingin membuat suasana rumah yang bersih dan terbebas dari nyamuk, coba tanam tanaman ini di halaman rumah Anda.

Demam berdarah merupakan penyakit yang paling sering menyerang seseorang saat musim penghujan. Jadi tak heran banyak orang yang masuk rumah sakit karena DBD saat musim hujan, jika Anda tak ingin istirahat selamat beberapa hari diatas ranjang rumah sakit, lakukan langkah pencegahan tadi agar terbebas dari gigitan nyamuk penyebab DBD.

Related Posts