Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/07/manfaat-buah-rambutan-untuk-kesehatan.html
Rambutan adalah tanaman buah yang tumbuh subuh di kawasan tropis. Buah ini diperkirakan berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Penyebaran rambutan ke pelosok negeri sudah banyak, seperti misalnya Amerika Tengah, Kamboja, Afrika, Malaysia, Indonesia, Karibia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka. Buah rambutan dapat mudah dibeli ketika musimnya, sehingga buah ini disebut sebagai buah musiman.

Jenis-Jenis Buah Rambutan


Dinamakan rambutan karena daging buahnya diselimuti oleh kulit yang berambut agak panjang, tajam dan lumayan kaku jika disentuh. Rambutan mempunyai banyak jenis:

Rambutan Rapiah

Jenis rambutan yang paling diminati banyak orang karena rasanya sangat manis, daging buah yang tebal, dan sedikit kenyal. Keunggulan dari rambutan rapiah adalah bijinya yang ‘ngelotok’ dari daging buah, sehingga Anda bisa menikmati keseluruhan daging.

Rambutan Si Nyonya

Dikatakan ‘Si Nyonya’ karena tampilannya yang sangat cantik dan menarik untuk dipandang. Rambut buah yang lebat dan berwarna merah semakin memperelok penampilan si nyonya. Orang yang suka dengan rambutan jenis ini beralasan karena rasanya yang cukup unik.

Sebetulnya masih banyak jenis buah rambutan lainnya, tetapi saya tidak mungkin membahas semuanya. Intinya buah rambutan menyimpan banyak nutrisi yang secara keseluruhan baik untuk menyokong kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi Rambutan


Pada 100 gram buah rambutan setidaknya terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, dna 58 mg vitamin C. Buah ini cukup mudah untuk dicerna karena kandungan seratnya lumayan banyak, yaitu 2 gram serat tiap 100 gram buah rambutan. Karena cukup rendah kalori, buah rambutan sangat cocok untuk menyukseskan program diet.

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan


Banyaknya gizi pada buah rambutan jenis apapun menjadikan buah ini banyak menyumbangkan bantuan kesehatan untuk tubuh. Berikut ini manfaat buah rambutan untuk tubuh.

Penangkal Radikal Bebas

Seperti dilansir laman Times of India, pada kulit buah rambutan terdapat beberapa senyawa organik seperti asam galat. Fungsi dari senyawa organik ini sesuai hasil dari sebuah penelitian untuk tubuh adalah sebagai penangkal radikal bebas (membantu melindungi terjadinya kerusakan oksidatif dalam tubuh).

Penambah Stamina

Buah rambutan juga cocok dikonsumsi sehabis olahraga karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya berperan sebagai pengembali energi atau penambah stamina. Banyak suplemen kesehatan yang tersusun dari ekstrak kulit dan buah rambutan untuk membantu memulihkan tenaga.

Melindungi Ginjal

Sementara kandungan fosfor pada buah rambutan membantu menjaga kesehatan ginjal untuk mengeluarkan kotoran yang tidak seharusnya dibiarkan mengendap. Disini rambutan juga membantu pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh, baik itu dalam hal perbaikan maupun peremajaan. Fosfor dan kalsium pada rambutan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Obat Diabetes

Jika Anda penderita diabetes, pasti tak jarang menemukan produk obat yang terbuat dari ekstrak kulit manggis. Sebetulnya ada buah lain yang juga efektif dalam menurunkan kadar gula darah (glukosa), yaitu rambutan.

Buah rambutan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Asia Tenggara untuk mengobati diabetes, tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit kronis lain. Selain itu, kandungan antioksidan berupa flavonoid yang berhasil ditemukan dari hasil penelitian dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa menyebabkan obesitas.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau istilah populernya hipertensi bisa memicu seorang penderita terkena stroke atau serangan jantung. Untuk mencegahnya Anda bisa meminta bantuan dari buah rambutan yang mampu untuk mengurangi tekanan darah dan menghaluskan kulit Anda.

Manfaat buah rambutan sangat banyak, jadi jangan Anda sia-siakan buah yang bisa didapatkan dengan harga murah ini. Ingat, kesehatan itu adalah anugrah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia selain cinta.

Related Posts