Manfaat dan Khasiat Minyak Kayu Putih

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/07/manfaat-dan-khasiat-minyak-kayu-putih.html
Minyak kayu putih (cajuput oil) merupakan salah satu jenis minyak esensialyang dihasilkan dari proses penyulingan daun dan ranting dari pohon kayu putih (melaleuca leucadendra). Pohon kayu putih ini banyak tumbuh terutama di wilayah Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara. Atau dapat juga tumbuh di daerah-daerah dengan musim kemarau yang jelas.

Sesuai dengan namanya, pohon kayu putih memang memiliki batang yang berwarna putih, dapat terkelupas seperti busa yang berlapis-lapis, memiliki daun yang berukuran kecil-kecil serta mudah menguap jika terkena panas. Baunya yang khas membuat minyak kayu putih banyak disukai atau bahkan justru dibenci oleh sebagian orang.

Manfaat minyak Kayu Putih untuk Kesehatan


Hampir semua orang mengenal minyak kayu putih dan memanfaatkannya sebagai obat tradisional untuk menghangatkan tubuh, terutama untuk bayi dan anak-anak, dapat juga digunakan untuk meredakan masuk angin, perut kembung, gatal-gatal akibat gigitan serangga, dan juga iritasi kulit. Selain itu, minyak kayu putih juga dipakai sebagai bahan campuran untuk membuat minyak telon, parfum, ataupun produk rumah tangga lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari minyak kayu putih yang perlu untuk diketahui;

Menyembuhkan penyakit kulit

Minyak kayu putih dikenal sebagai minyak esensial yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti luka lecet pada permukaan kulit atau juga karena infeksi. Hal itu karena minyak kayu putih terbukti dapat menenangkan kulit dan mampu mencegah datangnya virus, bakteri, serta jamur. Minyak kayu putih juga dapat mengobati luka yang bernanah. Karena memiliki sifat antimikroba yang baik, minyak kayu putih juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat sabun, deodoran, lotion, parfum, pasta gigi, dan berbagai produk kesehatan lainnya.

Aromaterapi dan relaksasi tubuh

Minyak kayu putih memiliki aroma yang khas sehingga dapat digunakan sebagai obat analgesik yang alami. Cobalah untuk berendam dalam air hangat yang telah diberi beberapa tetes minyak kayu putih. Selain dapat mengurangi sakit akibat nyeri sendi, aromanya juga mampu menghilangkan stres dan dapat membuat tubuh dan juga pikiran menjadi rileks.

Perawatan kulit

Minyak kayu putih dapat dijadikan sebagai bahan untuk memijat atau dapat juga dicampurkan pada krim yang biasa digunakan untuk scrub. Jika hal itu rutin dilakukan dapat membuat kulit tubuh menjadi halus dan lembut, juga dapat menyamarkan bekas luka pada kulit.

Meringankan pusing atau sakit kepala

Sakit kepala yang menyerang tentunya akan membuat aktivitas terganggu dan rasa tidak nyaman. Dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada bagian kepala yang sakit dapat membantu meredakan pusing dan sakit di kepala yang mengganggu.

Mengobati flu dan hidung tersumbat

Selain menggunakan inhaler, flu dan hidung tersumbat juga dapat diatasi dengan cara menghirup aroma minyak kayu putih. Aroma dari minyak kayu putih ini akan membantu melegakan hidung yang tersumbat.

Menghilangkan mabuk perjalanan

Oleskan minyak kayu putih pada perut dan hirup aromanya, hal itu dapat menghilangkan mabuk perjalanan sehingga perjalanan menjadi menyenangkan dan tidak terganggu.

Sebagai bahan campuran pewarna kuku atau pacar

Apabila ingin mendapatkan warna cat kuku yang lebih cerah, tambahkan sedikit minyak kayu putih ke dalam campuran pacar (pewarna kuku) tersebut.

Mengobati batuk

Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan segelas air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit akibat batuk dan tenggorokan juga menjadi lega.

Desinfektan

Minyak kayu putih yang dicampur dengan air dapat digunakan sebagai desinfektan rumah tangga yang efektif serta mudah didapat.

Sirkulasi Darah

Minyak kayu putih merupakan stimulan yang baik yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara meningkatkan aktivitas jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak kayu putih bagi tubuh. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan minyak kayu putih di rumah dan selalu membawanya saat bepergian.

Related Posts