10 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

shares |

Jantung sehat
Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kinerja jantung terganggu, maka pasokan darah ke seluruh tubuh pun jadi terhambat. Seiring dengan bertambahnya usia, maka kinerja jantung juga akan mengalami penurunan. Untuk mencegah hal tersebut maka kita perlu menjaga kesehatan jantung kita.

Banyak cara menjaga kesehatan jantung, mulai dengan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin, serta mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Nah, berbicara soal makanan, berikut ini saya informasikan berbagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung.

Ikan segar
Ikan banyak mengandung asam lemak Omega 3. Asam lemak Omega 3 berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh Anda dan membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi ikan kaya asam lemak Omega 3 sebanyak 1-2 kali per minggu dapat mengurangi risiko kematian koroner hingga 36%.

Teh
Teh kaya akan antioksidan polifenol. Mengonsumsi teh dapat menurunkan gejala beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan radikal bebas, seperti penyakit jantung. Para peneliti meyakini bahwa polifenol mencegah kolesterol buruk kita (LDL) dari oksidasi yang dapat menyumbat pembuluh darah. Baca juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber makanan rendah lemak dan kaya vitamin B, folat, kalium, besi, magnesium, serat, protein, dan fitokimia (senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis termasuk penyakit kardiovaskular). Kacang hitam, kacang almond, kacang merah, kacang navy, kacang polong dan buncis adalah beberapa contoh kacang yang baik untuk jantung Anda.

Paprika
Paprika kaya akan vitamin C, kalium, vitamin A dan antioksidan. Kandungan kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan sel yang berperan dalam kontraksi otot. Bagi penderita darah tinggi, dianjurkan mencukupi kebutuhan kalium dari buah dan sayuran untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung.

Bawang putih
Studi menunjukkan bahwa bawang putih berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskular termasuk kolesterol dan trombosit. Bawang putih lebih sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar. [ Manfaat Bawang Putih ]

Buah berry
Buah berry kaya akan antioksidan lebih dari buah lain dan sayuran. Selain itu, sebuah studi terbaru di Finlandia menunjukkan bahwa makan buah berry dapat membantu meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tekanan darah.

Jeruk
Buah jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk juga kaya akan folat, antioksidan, fitokimia, kalium & serat. Vitamin C baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan serat pada jeruk membantu menurukan kolestrol darah Anda. Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis

Gandum
Adalah sumber kalori sehat yang kaya serat, vitamin dan mineral, zat besi, magnesium dan folat. Beberapa studi telah mengaitkan konsumsi gandum untuk menurunkan kolesterol darah dan pencegahan penyakit kardiovaskuler. Sereal gandum, oat dan pasta gandum adalah contoh makanan yang baik untuk jantung Anda.

Beras
Sebuah studi menyatakan bahwa, dengan mengonsumsi beras maka Anda akan mendapatkan 12 vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat, kalium, dan vitamin C dengan lemak jenuh yang rendah daripada tidak mengkonsumsi beras. Studi ini juga menemukan bahwa mengonsumsi beras dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan salah pembunuh no. 1 di dunia. Maka dari itu jagalah selalu kesehatan jantung Anda.

Related Posts