Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/02/penyebab-dan-cara-menghilangkan-bau-kaki.html
Pada kesempatan kali ini saya masih akan memposting artikel mengenai bau-bauan. Setelah kemarin memberikan tips tentang cara menghilangkan bau mulut dan bau badan, kali ini saya akan berikan tips cara menghilangkan bau kaki.

Penyebab bau kaki adalah keringat yang bercampur dengan bakteri dan jamur pada kaki. Oleh karena itu, selain bau biasanya disertai dengan gatal. Ii terjadi karena beberapa faktor, misalnya jarang mencuci kaki, jarang membersihkan sepatu dan kaos kaki yang akhirnya menjadi sarang bakteri.

Lalu bagaimana cara mengatasi bau kaki? Solusinya sebenarnya cukup sederhana. tidak perlu menggunakan obat-obatan khusus. Cukup dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini, maka bau kaki anda akan segera hilang.

Cuci Kaki

Bersihkan kaki anda secara teratur. Anda bisa menggunakan air hangat dan sabun antibakteri. Jika perlu, lakukan perawatan dengan cara rendam kaki di dalam air hangat yang telah diberi dua cangkir garam mineral dan beberapa tetes minyak tea tree atau thyme untuk membunuh bakteri.

Kaos Kaki

Mulai saat ini Anda harus memperhatikan masalah kebersihan kaos kaki yang anda pakai. Apabila kaki anda sering berkeringat, sebaiknya gunakan kaos kaki dari bahan katun atau wol agar keringat bisa diserap dengan baik dan tidak bercampur dengan bakteri.

Selain pemilihan kaos kaki, selanjutnya adalah menjaga kebersihannya. Ganti kaos kaki setiap hari, kalau perlu dua kali sehari. Jangan sampai kaos kaki sudah seminggu masih dipakai juga.

Sepatu

Sebelum Anda memakai sepatu, semprotkan parfum atau minyak esensial ke dalam sepatu Anda. Atau jika tidak, Anda bisa menaburkan bedak bayi pada sepatu Anda. Cuci sepatu Anda secara rutin dan taruh di tempat yang terkena sinar matahari atau tidak lembap agar jamur tidak sempat berkembang biak.

Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan masing-masing satu sachet lavender atau kepingan kayu cedar ke dalam sepatu di malam hari agar aromanya lebih harum.

Cooling foot spray

Tak hanya menyegarkan kaki Anda, produk perawatan yang satu ini juga bekerja untuk membunuh bakteri penyebab aroma tak sedap yang menyelimuti kaki Anda. Tambahan mint atau lavender yang diberikan beberapa produsen juga sekaligus memberi efek relaksasi.

Kendalikan Keringat

Seperti yang sudah dibahas di awal artikel ini, bahwa penyebab bau kaki adalah keringat yang bercampur dengan bakteri. Semakin banyak produksi kerigat, semakin mungkin anda mengalami bau kaki. Maka dari itu, produksi keringat perlu dikendalikan. Caranya dengan mandi air teh hitam. Atau rendam kaki dengan air teh hitam dalam baskom selama 20 menit.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi dan menghilangkan bau kaki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saatnya ucapkan selamat tinggal pada kaki yang berbau.

Related Posts