Superfood Murah Meriah di Sekitar Anda

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/02/superfood-murah-meriah-di-sekitar-anda.html
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam artikel superfood untuk mencegah kanker, bahwa superfood atau makanan super adalah semua jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan dapat menunjang kesehatan tubuh manusia.

Contoh superfood yang telah diakui adalah acai berry dan rumput laut spirulina. Acai berry merupakan makanan yang kaya akan antioksidan. Sementara spirulina adalah salah satu makanan super dengan gizi lengkap. Namun keduanya cukup sulit ditemukan apalagi di indonesia. Jikapun ada, harganya sangat mahal.

Namun tidak selamanya superfood itu mahal. Buktinya, banyak superfood diantara kita yang mudah ditemukan dan didapat dengan harga murah. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tempe

Tempe adalah salah satu makanan super dengan kandungan gizi cukup lengkap. Beberapa pendapat bahwa tempe merupakan makanan rakyat kecil adalah salah kaprah. Di Eropa, tempe menjadi menu spesial di berbagai restoran. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam tempe antara lain kalium, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin b kompleks.

2. Wortel

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik yang sangat bermanfaat untuk organ penglihatan. Selain itu, wortel juga merupakan sumber dari beberapa vitamin dan gizi lainnya, yaitu vitamin K, vitamin C, serat, kalium, mangan, dan vitamin B6. Vitamin C dan A merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Ubi Jalar

Jenis umbi-umbian yang satu ini memang termasuk makanan yang sangat bergizi. Warna oranye di dalamnya mengandung beta-karoten yang berguna untuk pengolahan vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, kolin, dan serat, serta memiliki kandungan protein-antioksidan yang sangat berkualitas tinggi. Ubi jalar sangat mudah untuk diolah sebagai menu makanan yang bergizi, salah satunya bisa direbus maupun digoreng.

4. Bayam

Kandungan gizi dari superfood berwarna hijau tua ini telah diakui sebagai salah satu yang terbaik. Bayam merupakan “gudang” zat-zat penting yang berguna bagi tubuh, seperti: mangan, folat, magnesium, besi, kalsium, kalium, dan tryptophan. Bayam juga mengandung vitamin A, K, C, dan B2. Warna hijau tua dari bayam memiliki keistimewaan karena mengandung antioksidan yang sangat khas.

5. Jamur

Jamur memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Protein merupakan nutrisi terbesar yang dimiliki jamur. Rata-rata jamur mengandung 14-54 persen protein. Untuk kandungan vitaminnnya, rata-rata jamur pangan memiliki kandungan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (panthothenate), dan B7 (biotin). Jamur juga mengandung beberapa mineral, diantaranya selenium, magnesium, zinc, mangan dan kalium.

6. Strawberry

Sebenarnya semua jenis berry telah memiliki kemampuan yang baik sebagai antioksidan, tetapi jenis berry lainnya agak sulit untuk ditemukan di pasaran di Indonesia. Strawberry kaya akan vitamin A, C, dan K serta mengandung mineral penting seperti folat, kolin, serat, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Related Posts

1 comments

  1. Info yang menarik. Terkadang makanan murah dipandang sebelah mata karena makanan mahal lebih bergengsi dan dianggap lebih sehat. Mari makan tempe.

    ReplyDelete