Makanan yang Mengandung Banyak Nutrisi

shares |

ADVERTISEMENT

sumber nutrisi
Berapa banyak makanan yang kita konsumsi setiap hari? Dan dari makanan tersebut apakah sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh kita?

Banyak dari kita terjebak dengan porsi makanan atau rasanya. Tapi tidak peduli dengan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi. Padahal bukan seberapa banyak makanan, melainkan seberapa banyak nutrisi yang kita dapat dari makanan tersebut. Lebih jauh lagi berapa banyak nutrisi yang bisa diserap tubuh.

Bagi anda yang selama ini hanya menilai makanan dari porsi dan kelezatannya saja, segera rubah paradigma berfikir anda. Nutrisi yang terkandung dalam makanan, itulah yang terpenting.

Nah, sebagai langkah awal, saya akan perkenalkan Anda kepada berbagai makanan yang mengandung nutrisi tinggi yang diperlukan tubuh agar bekerja lebih optimal.

1. Kalsium

Kalsium tak hanya terdapat pada susu, yoghurt, keju atau produk susu olahan lainnya. Makan ikan bersama tulangnya juga bisa mencukupi kebutuhan kalsium. Kerry Neville, R.D., seorang nutritionist asal Amerika mengatakan tujuh ikan sarden fillet bisa menyuplai 321 miligram, atau sekitar 1/3 dari kebutuhan kalsium harian. Begitu juga dengan 3 ons ikan salmon kalengan, memenuhi 18 persen kebutuhan. Sumber kalsium lainnya adalah tofu, di mana dalam 1/2 cangkir mencukupi hingga 25 persen.

2. Potassium

Selama ini pisang dan kentang yang dikenal punya kandungan potassium tinggi. Tapi mineral yang penting untuk menjaga fungsi hati dan ginjal ini juga tekandung dalam pasta tomat, kerang, tumbuhan polong (kadang kedelai, polong hijau, lentil) dan yoghurt. Potassium juga terdapat pada ikan halibut dan tuna.

3. Vitamin A

Vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata ini biasanya terkandung pada wortel, labu kuning, tomat, blewah atau sayuran serta buah berwarna oranye lainnya. Tapi bayam ternyata juga mengandung vitamin A. Dalam satu cangkir sayur bayam, bisa memenuhi setengah dari kebutuhan akan vitamin A. Begitu juga polong hitam dna brokoli kukus.

4. Vitamin C

Banyak orang lebih mengenal jeruk, jambu biji atau paprika merah sebagai sumber vitamin C. Tapi ternyata vitamin yang berperan sebagai aintioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas ini juga terdapat pada brokoli. Dalam satu cangkir brokoli yang sudah dipotong-potong, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sepanjang hari. Variasikan kecukupan vitamin C per harinya dengan sumber lain seperti kiwi, kembang kol, tomat atau kubis.

5. Zat Besi

Zat besi berfungsi membantu mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh. Zat ini biasa ditemukan dalam bayam, daging merah dan hati ayam. Tapi apabila Anda seorang vegetarian atau tidak ingin terlalu banyak mengonsumsi protein hewani, bisa menggantinya dengan kacang-kacangan, polong hijau/hitam, kacang kedelai atau lentil. Satu cangkir kedelai atau lentil yang dimasak bisa memenuhi sekitar 48 persen kebutuhan zat besi harian.

6. Zinc

Tiram disebut-sebut sebagai makanan paling kaya zinc. Tapi mineral yang berperan besar dalam mempertahankan fungsi imun dan mempercepat proses penyembuhan luka ini juga banyak terdapat pada dada ayam, yoghurt, tumbuhan polong dan kacang mete. Dalam satu cangkir tumbuhan polong atau 8 ons yoghurt bisa memenuhi kebutuhan zinc hingga 10 persen per harinya.

Itu dia berbagai makanan yang mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita agar tetap sehat dan kuat.

Related Posts

1 comments

  1. saat ini saya sedang menjalani diet, saya setuju nutrisi lah yang memegang pengaruh dalam kesehatan tubuh, karena kebanyakan orang saat ini yang penting kenyang, mari kita merubah paradigma dengan "makan lah makanan yang ber nutrisi"
    http://www.caradietcepatku.com/

    ReplyDelete