Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan Dalam Lemari Es

shares |

Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Lemari EsSudah seharusnya kita selalu menyimpan berbagai jenis makanan dan sayuran yang mudah busuk ke dalam lemari es (freezer) agar dapat mencegah menempelnya bakteri pada permukaan kulit makanan. Selain itu, makanan yang di masukkan kedalam lemari es juga bermanfaat untuk membuat makanan atau sayuran tersebut menjadi tahan lama dan tetap terlihat segar meski sudah lama. Tetapi apakah Anda tahu bahwa tak semua makanan bisa disimpan di lemari es atau kulkas?

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda simpan dalam lemari es seperti dilansir dari laman Eatingwell.

1. Tomat

Banyak yang mengira jika menyimpan tomat dalam lemari es dapat membuatnya anti busuk dan tahan lama. Namun secara teknis, tomat masih tergolong dalam jenis buah-buahan meskipun banyak orang yang menganggap tomat dikategorikan sebagai jenis sayuran.

Sebenarnya tomat akan tetap segar jika berada dibawah sinar matahari dibanding berada dalam lemari es yang bersuhu dingin. Jadi, lebih baik Anda tidak menyimpan tomat dalam lenari es karena setelah Anda memetiknya, kandungan vitamin dalam tomat tetap terjaga tanpa perlu di simpan dalam lemari pendingin.


Kemangi atau daun kemangi ini memiliki sifat yang sama dengan tomat, yaitu menyukai panas. Oleh sebab itu, lebih baik Anda tidak menyimpan kemangi dalam lemari es agar daunnya tidak cepat layu. Cara yang benar untuk membuat kemangi tahan lama setelah dipetik adalah dengan menyimpannya dalam secangkir air yang diganti setiap dua hari sekali dan letakkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari.

Alternatif lain untuk metode penyimpanannya bisa menggunakan plastik yang longgar atau berlobang agar udara tetap bisa masuk dan mengalir di dalam plastik, selain itu penyimpanan dengan metode ini juga bisa membuat daun tetap lembab.


Lebih baik menyimpan kentang dengan cara membungkusnya menggunakan kertas biasa ketimbang disimpan dalam lemari es, cari tempat penyimpanan yang sejuk agar kualitas kentang tetap terjamin.

4. Bawang

Ketiga jenis bawang (bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay) sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es. Lebih baik Anda menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering dimana terdapat sirkulasi udara yang baik dalam ruangan tersbut.


Jika disimpan dalam lemari es, alpukat yang belum matang akan lebih sulit proses pematangannya. Jadi lebih baik Anda menyimpan alpukat yang belum matang tadi diatas meja, namun jika sudah matang tidak masalah jika disimpan dalam lemari pendingin.

Itulah beberapa makanan, baik buah dan sayur-sayuran yang sebaiknya tidak Anda simpan dalam lemari es. Kebanyakan orang menganggap kelima makanan diatas tidak masalah jika berada dalam kulkas, namun fakta berkata lain bukan?

Related Posts