Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/manfaat-mendengarkan-musik-untuk-kesehatan.html
Saat seseorang terserang stres, biasanya mereka lebih memilih untuk santai sejenak agar pikiran kembali fresh. Tidak sedikit juga mereka yang stres mengambil jalan agar pikirannya kembali tenang dengan cara mendengarkan musik favorit, baik itu musik klasik ataupun musik pop sampai yang urak-urakan. Tapi, dibalik itu semua ternyata ada hal yang menarik.

Mendengarkan musik selain bisa menghibur dan membuat riles, ternyata musik juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.


Berikut ini seperti beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan seperti dilansir oleh Yahoo Health.

Mengurangi Stres: Dari hasil penelitian yang dilakukan di Tzu Chi University, Taiwan membuahkan kabar bahwa musik dapat menenangkan jiwa. Dengan musik, pikiran akan menjadi lebih tenang dan riles. Jika begitu, tentu secara otomatis mendengarkan musik saat kepala penat dapat membantu mengurangi stres yang sedang Anda alami.

Meredakan Nyeri: Penelitian yang dilakukan di University of Utah pain Research Center juga menelurkan hasil bahwa orang yang lebih sering mendengarkan musik melow lebih tahan dengan rasa nyeri dibanding orang yang tidak mendengarkan musik sama sekali. Selain itu, orang yang hobi mendengarkan musik, tubuhnya akan lebih rileks sehingga rasa sakit yang muncul tidak akan terasa.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh: Sementara dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal of Cardiothoracic Surgery menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, khususnya untuk musik klasik seperti Mozart.

Membuat Tidur Nyenyak: Bagi Anda yang insomnia tidak ada salahnya untuk memutar musik beraliran lembut agar membuat tidur Anda menjadi lebih cepat dan membuatnya nyenyak. Sehingga ketika bangun esok harinya, tubuh akan menjadi lebih segar.

Jadi, secara keseluruhan musik memang baik untuk kesehatan. Namun itu semua tergantung dari aliran musik yang Anda dengarkan. Lebih baik Anda hobi dengerin musik klasik atau yang beraliran lembut agar telinga lebih rileks dalam menyaring suara.

Related Posts