Gejala Tipes, Penyebab dan Cara Mencegahnya

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/gejala-tipes.html
Tifus atau lebih mudah diucap oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan tipes merupakan sebuah penyakit yang mengjangkiti manusia karena terjadinya peradangan pada usus. Penyakit tipes merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella yang menyelinap kedalam tubuh manusia melalui saluran pencernaan berupa usus, setelahnya bakteri akan menyebar ke seluruh tubuh dengan media darah sebagai perantaranya (infeksi sistematik).

Jika Anda adalah orang yang berkecimpung di dunia kedokteran pasti sudah tidak asing dengan penyakit ini, namun apabila Anda (pembaca) merupakan orang awam dengan bidang kedokteran dan ingin mengetahui bagaimana sih bibit bebet dan bobot tentang penyakit ini, berikut ini akan dijelaskan mengenai penyakit tipes dimulai dari gejala, penyebab, dan cara mencegahnya.

Gejala Penyakit Tipes


Gejala atau tanda penyakit tipes bisa Anda kenali dari beberapa hal seperti berikut.

1. Keracunan Makanan (Salmonellosis)

Terasa nyeri di bagian perut, sering mual, dehidrasi (kehausan), muntah, diare, dan demam merupakan tanda atau gejala tipes yang disebabkan oleh keracunan makanan.

2. Radang Usus

Gejalanya bisa berupa demam, diare yang disertai darah, dan rasa nyeri di bagian perut.

3. Keracunan Darah

Jika keracunan darah maka akan timbul beberapa gejala seperti demam, berat badan turun drastis, rasa nyeri di perut, bernafas lebih cepat, tekanan darah menurun, ukuran hati membesar, sering kedinginan (menggigil), nafsu makan terganggu, jantung berdetak lebih kencang, sering kaget, dan limfa membesar.

4. Lemas, Pusing, dan Sakit Perut

Akibat demam yang tinggi biasanya penderita akan sering lemas disertai kepala pusing. Karena hati dan limfa membengkak biasanya penderita juga akan merasakan sakit di bagian perut.

5. Pingsan

Dalam kondisi normal biasanya penderita akan lebih rileks dengan berbaring tanpa melakukan banyak pergerakan, namun jika kondisi parah kerapkali terjadi gangguan kesadaran sehingga pingsan.

Penyebab Penyakit Tipes


Seperti yang telah dijelaskan tadi, penyebab seseorang menderita tipes adalah dikarenakan adanya bakteri yang menyusup kedalam tubuh, nama bakteri tersebut adalah Salmonella Typhi. Bakteri ini bisa masuk karena sebelumnya menempel pada makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Prosesnya ketika makanan yang kita makan secara tak langsung tanpa disengaja menjadi tidak sehat karena adanya lalap yang hinggap pada makanan tersebut sebelum Anda konsumsi. Hewan inilah yang membawa bakteri tersebut pada makanan.

Tak hanya itu, penyebab sepelenya bisa juga karena kebiasaan Anda tidak mencuci tangan dengan bersih ketika ingin makan karena bakteri tersebut besar kemungkinan menempel pada telapak tangan Anda yang akan Anda gunakan untuk mengambil makanan.

Cara Mencegah Penyakit Tipes


Jika Anda takut menderita penyakit ini, maka segeralah melakukan beberapa langkah pencegahan agar Anda tak terjangkiti tipes. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit tipes secara sederhana yang diawali dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh kita agar tidak menjadi sarang penyakit. Setelah itu lakukan beberapa tips berikut untuk menjaga kondisi Anda agar tak terserang tipes.
  • Jangan sembarangan jajan di pinggir jalan karena Anda tidak tahu apakah proses pengolahan, baik itu menggoreng ataupun merebusnya dengan cara yang benar dan dilakukan di tempat yang bersih atau kotor.
  • Jika ingin mengonsumsi telur, pastikan untuk menggoreng atau merebus telur sampai benar-benar matang, jangan dibuat setengah matang.
  • Tingkatkan sistem imun Anda agar terhindari dari tipes dengan cara melakukan imunisasi tipes pada dokter.
  • Jaga juga kesehatan Anda dengan cara beristirahat yang cukup dan berkualitas, sehari minimal 7 - 8 jam.
  • Olahraga secara teratur, lebih baik Anda lakukan ketika pagi hari saat angin masih segar dan belum tercampur oleh polusi.
  • Jika Anda sudah pernah menderita tipes, usahakan untuk mengurangi waktu kerja Anda atau setidaknya jangan sampai Anda kelelahan karena penyakit ini sewaktu-waktu bisa kambuh.
  • Mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan.

Penjelasan penyakit tipes ini semoga berguna untuk Anda, dan jika Anda adalah pengidap tipes maka bersabarlah karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Yang terpenting Anda jangan pasrah karena tipes merupakan penyakit yang bisa diobati, baik secara medis ataupun herbal/alternatif.

Related Posts