7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/06/7-manfaat-berpuasa-bagi-kesehatan.html
Info Kesehatan - Puasa adalah ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh setiap muslim, khususnya kaum muslimin yang tidak pernah berhalangan (kecuali sakit). Ibadah puasa menjadi momen yang tepat untuk membersihkan diri dari segala dosa yang pernah kita perbuat, baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama makhluk-Nya.

Terkadang seseorang enggan berpuasa karena alasan tidak kuat. Ya itu memang tujuan puasa dimana kita harus menahan nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Maka dari itu banyak orang yang nekat mengendap-endap untuk makan ataupun minum.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan


Oleh karenanya agar Anda semakin termotivasi dalam menjalankan ibadah puasa, Anda harus tahu kalau sebenarnya berpuasa juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan. Tepat pada artikel ini akan dibahas secara ringkas seputar manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

Jantung Tetap Sehat

Penyakit jantung atau stroke adalah ancaman yang cukup serius bagi manusia. Terlebih lagi untuk masyarakat Indonesia yang dicap oleh banyak negeri sebagai negara yang dipenuhi dengan jumlah perokok aktif. Maka dari itu, puasa adalah masa-masa yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung dari timbunan nikotin. Puasa akan membuat tubuh memperbanyak produksi HDL dan meminimalisir LDL (kolesterol jahat) yang berbahaya bagi kesehatan jantung jika jumlahnya berlebih.

Hati Tenang, Adem Ayem dan Tentram

Salah satu perintah terberat ketika berpuasa adalah menahan emosi. Ini menjadi suatu keharusan, oleh karenanya berpuasa secara psikologis membuat hati menjadi lebih tenang dan tentram. Sementara dari segi medis puasa akan menurunkan kadar adrenalin pada tubuh. Reaksi positif bagi kesehatan misalnnya mengurangi risiko penyakit pembuluh darah, jantung, dan otak.

Kondisi Hormon Seksual Meningkat Pesat

Sebuah riset membuktikan adanya integrasi antara hormon testoteron (kejantanan), perangsang kantung (FSH), dan lemotin (LH) yang mana setiap hormon tersebut berpengaruh terhadap performa seksual.

Ketika berpuasa, ketiga hormon tersebut akan menurun semenjak beberapa hari pembukaan puasa. Namun, setelah beberapa hari siklus berpuasa dilaksanakan, ketiga hormon tersebut justru akan meningkat pesat sehingga gairah seksual pun cukup tak terkendali.

Menurunkan Berat Badan Orang Gemuk

Rupanya kegiatan puasa juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan seseorang yang menderita kegemukan. Dengan berpuasa, sistem pencernaan dalam tubuh, terutama usus akan bersih dari sisa-sisa makanan. Dengan begini, efek penimbunan lemak pun akan berkurang seiring kondisi usus semakin bersih.

Performa Sistem Imun Menjadi-jadi

Seharusnya, puasa membuat tubuh jadi lemas dan mudah terserang penyakit. Tapi telah terungkap kabar bahwasanya puasa justru membuat tubuh seseorang akan lebih kebal terhadap penyakit dikarenakan terjadinya peningkatan kadar Limfosit hingga angka 10 kali lipat dalam tubuh. Jadi mulai sekarang jangan Anda mengira kalau puasa akan membuat tubuh gampang sakit.

Meningkatkan Kinerja Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh dengan peran sebagai penyaring zat kimia dari makanan atau minuman yang dapat merusak organ tubuh lain.

Dengan berpuasa ginjal akan semakin bersemangat dalam bekerja, kenapa? Sebab saat menjalani puasa kadar osmosis urin berada dikisaran 1000 sampai 12.000 ml/kg air. Dan satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah mengurangi asupan mineral yaitu saat berpuasa.

Mencegah Diabetes

Penyakit akibat berlebihnya nutrisi yang menyokong kesehatan tubuh seperti diabetes, hiperkolesterol, dan obesitas akan ditangkal ketika berpuasa. Sebab, berpuasa akan memaksa tubuh mengontrol kadar gula dan lemak yang masuk ke dalam tubuh, dampak positifnya ya itu tadi, tubuh akan lebih kebal terhadap penyakit akibat kelebihan nutrisi.

Puasa sangat banyak manfaatnya, baik untuk kesehatan tubuh secara jasmani maupun rohani. Maa dari itu jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk memperbaiki diri Anda. Semangat berpuasa, carilah berkah ramadhan.

Related Posts