13 Suplemen dan Vitamin Penting untuk Ibu Hamil

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/06/vitamin-untuk-wanita-hamil.html
Masa-masa awal kehamilan merupakan saat yang sangat penting bagi ibu dan calon bayi. Karena itu, sangat penting bagi calon ibu untuk mengetahui seperti apa tanda-tanda awal kehamilan agar dapat mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi calon bayi.

Wanita hamil membutuhkan nutrisi untuk mendukung kesehatannya serta perkembangan janin. Agar bayi dalam kandungan selalu sehat dan perkembangannya maksimal ibu hamil perlu memenuhi beberapa vitamin dan mineral. Berikut ini 13 suplemen dan vitamin penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar dirinya dan bayinya selalu sehat.

Zat Besi

Wanita hamil diketahui sangat rentan mengalami anemia (kurang darah). Oleh karena itu, zat besi merupakan mineral yang amat penting untuk dipenuhi oleh ibu hamil jika ingin tetap sehat. Zat besi dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dan pembentukan sel-sel darah merah. Zat besi bisa didapatkan dari makanan seperti daging merah, ikan, telur, buah kering, biji-bijian, sereal, roti, dan sayuran berdaun hijau. Baca: Makanan Sumber Zat Besi.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega 3 berperan penting dalam perkembangan otak bayi dalam kandungan. Sedangkan untuk ibu sendiri, asam lemak omega-3 ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, omega-3 dipercaya dapat menambah kecerdasan otak anak kelak. Sumber omega-3 bisa didapat dari ikan sarden, mackerel dan salmon. Baca: Makanan Sumber Omega-3.

Asam Folat

Dikenal juga sebagai vitamin B9, asam folat ini sangat penting bagi ibu hamil untuk membantu perkembangan janin sehingga mencegah bayi lahir cacat. Ibu hamil membutuhkan 400 mcg - 600 mcg asam folat setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung asam folat bisa didapat dari alpukat, brokoli, jeruk dan kacang-kacangan.

Vitamin A

Konsumsi vitamin A sangat penting bagi ibu hamil, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah. Sumber vitamin A bisa didapat dari makanan seperti wortel, sayuran hijau dan kuning, minyak ikan, margarin, minyak goreng, kuning telur dan susu. Baca: Makanan Sumber Vitamin A.

Vitamin B1

Vitamin B1 sangat berguna bagi ibu hamil, terutama untuk mengatasi morning sickness. Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin ini dapat melancarkan pencernaan. Vitamin B1 sangat dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester akhir kehamilan untuk menyiapkan produksi ASI ketika masa menyusui setelah melahirkan nanti.

Vitamin B2

Vitamin B2 sangat dibutuhkan oleh wanita hamil terutama di awal-awal kehamilan. Fungsinya untuk membantu perkembangan embrio di minggu pertama kehamilan. Makanan yang mengandung sumber vitamin B2 adalah keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau.

Vitamin B3

Sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama yang menjalani kehamilan pertama untuk mengurangi rasa mual dan membantu perkembangan otak janin. Sumber vitamin B3 bisa didapat dari makanan seperti gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, dan susu.

Vitamin B5

Sangat dibutuhkan oleh wanita selama kehamilan untuk menjaga kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh. Kebutuhan ibu hamil akan vitamin B5 adalah sebanyak 5mg per harinya. Makanan yang mengandung vitamin B5 bisa didapat dari hati, telur, keju, dan kacang tanah.

Vitamin B6

Vitamin B6 yang dikenal juga dengan nama piridoksin membantu ibu hamil dalam mencerna lemak menjadi energi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain gandum, ikan, susu, dan kacang kedelai.

Vitamin B12

Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian. Vitamin ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin membentuk sel-sel darah merah. Sumber vitamin B12 bisa didapat dari makanan seperti telur, susu, rumput laut, dan daging sapi.

Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan terutama oleh ibu hamil untuk membantu penyerapan zat besi. Selain itu, vitamin yang larut dalam air ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, buah kiwi, jambu biji dan pepaya.

Vitamin D

Memenuhi kebutuhan vitamin D sangatlah penting bagi ibu hamil, terutama untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes. Kebutuhan akan vitamin D bisa didapat dengan gratis, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu bisa juga didapat dari makanan seperti minyak hati ikan cod, jamur, kacang kedelai, tuna alengan dan susu.

Vitamin E

Vitamin sangatlah penting terutama untuk kesehatan kulit ibu hamil yang mengalami peregangan saat kehamilan. Selain itu, vitamin E berfungsi untuk menjaga asam lemak yang dibutuhkan bayi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E antara lain buah alpukat, bayam, kacang-kacangan dan minyak buah zaitun.

Vitamin K

Vitamin ini dikenal juga dengan nama Koagulasi. Fungsinya untuk mencegah pendarahan pada bayi dan menjaga kepadatan tulang pada wanita hamil. Sumber vitamin K sangat melimpah teruatam pada sayuran hijau dan buah-buahan.

Related Posts