Kandungan Gizi Tauge (Kecambah) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

shares |

ADVERTISEMENT

Tauge atau kecambah
Tauge (taoge atau toge) merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Namun yang terjadi di masyarakat, ketika seseorang mengatakan Taoge biasanya merujuk pada kecambah dari kacang hijau. Sedangkan kata kecambah berarti merujuk pada kecambah dari biji kacang kedelai. Bentuk kecambah diperoleh setelah biji diproses selama beberapa hari. Proses tersebut dinamakan sebagai perkecambahan.

Tauge biasanya dimanfaatkan sebagai campuran masakan seperti tumis. Misalnya tumis tahu, tempe atau udang sering dicampur dengan tauge.

Kandungan Gizi Tauge (Kecambah)


Bila dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau taoge lebih bergizi. Protein taoge lebih tinggi dibandingkan dengan protein biji aslinya. Hal itu terjadi karena selama proses menjadi kecambah terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Proses berkecambah (germinasi) meningkatkan daya cerna karena berkecambah merupakan proses katabolis yang menyediakan zat gizi penting untuk pertumbuhan tanaman.

Kandungan gizi yang terdapat pada taoge adalah vitamin A, B kompleks, C, E, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino, dan protein.

Kandungan gizi dalam 100 gram taoge:
Bagi penderita asam urat, sebaiknya berhati-hati mengonsumsi taoge karena berasal dari kacang-kacangan yang dapat menaikkan kadar asam urat.

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan


Karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang cukup banyak, taoge sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Berikut ini beberapa manfaat tauge bagi kesehatan:

Mencegah kanker
Karena banyak mengandung serat dan air, taoge membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar sehingga tidak memberi kesempatan karsinogen (zat-zat penyebab kanker) menempati di dinding usus yang menyebabkan kanker usus besar. Penelitian di AS menunjukkan, pria yang banyak makan bahan makanan yang mengandung coumestrol yang terdapat pada taoge, jarang terkena kanker prostat.

Mencegah serangan jantung
Saponin pada taoge dapat menurunkan kadar kolesterol "jahat" LDL tanpa mengganggu kandungan HDL, si kolesterol "baik". Dengan demikian, risiko terkena serangan jantungnya turun.

Menguatkan tulang
Kandungan coumestrol yang merupakan estrogen alami berfungsi sama dengan esterogen sintetis tapi lebih baik karena tidak memiliki efek samping. Estrogen dalam taoge dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Meningkatkan kekebalan tubuh
Taoge kaya zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Demikian juga kandungan saponinnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kesuburan
Vitamin E yang banyak terkandung pada taoge dapat membantu meningkatkan kesuburan pada kaum perempuan, membantu mencegah kanker payudara, gejala PMS, pramenopause, dan gangguan akibat menopause. Sebagai sumber antioksidan, taoge juga mampu memperlambat proses penuaan dini.

Kecantikan kulit
Taoge baik untuk kecantikan, tentu saja karena kandungan vitamin E-nya. Vitamin ini berfungsi membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan vlek-vlek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut, dan melangsingkan tubuh.

Melancarkan pencernaan
Karena sifatnya yang basa, taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan.

Manfaat taoge untuk mencegah gangguan menstruasi dan menopause
Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi.

Jika Anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi,konsumsi touge secara teratur juga baik untuk menghindarai menopause dini


Manfaat tauge untuk kesehatan Liver (hati)
Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.

Manfaat lainnya
Taoge juga bisa dipakai sebagai penurun demam, antihipertensi, meningkatkan energi serta penawar racun.

Related Posts