Manfaat Daun Kelor dan Kandungan Nutrisi Menakjubkan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-daun-kelor-dan-kandungan.html
Kelor memiliki nama latin Moringa oeifera Lamk dan termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae. Tentunya anda pernah mendengar peribahasa "Dunia tak selebar daun kelor". Ya, daun kelor memang memiliki daun yang kecil-kecil.

Namun di balik daun kecilnya itu, kelor memiliki sejuta manfaat tak terduga bagi kesehatan. Lihat saja kandungan nutrisinya. Daun kelor mempunyai 7 x vitamin C pada jeruk, 4 x calcium pada susu, 4 x vitamin A pada wortel, 2 x protein pada susu dan 3 x potasium pada pisang. Woww, sungguh luar biasa!

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kandungan nutrisi daun kelor seperti dikutip dari Pondokibu.com:

1. Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

2. Daun kelor mengandung potassium

Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

3. Daun kelor kaya akan Vitamin A

Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare,dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.

4. Daun kelor mengandung kalsium

Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Manfaat Daun Kelor

Antimikroba, antibakteri, antiinflamasi (antiradang), infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus herpes simplek (HSV-1), HIV/AIDS, cacingan, bronchitis, gangguan hati, antitumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf, kolik di saluran pencernaan, rematik, sakit kepala, antioksidan, sumber nutrisi (protein dan mineral), dan tonik.

Anti-inflamasi.

Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “pohon ajaib” maupun “Pohon untuk Kehidupan”.

Dari penelitian daun kelor mampu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

Menurunkan kolesterol jahat.

Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu oleh pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stres. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus.

Mengatasi nyeri, letih, linu.

Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Manfaat Bunga

Antimikroba, antibakteri, infeksi, flu, cacingan, sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, gangguan saraf, sumber nutrisi, dan tonik.

Manfaat Biji Kelor

Antimikroba, antibakteri, kutil, penyakit kulit ringan, penjernih air, antitumor, sariawan lambung, demam, rematik, antiinflamasi, menaikkan kekebalan tubuh, sumber nutrisi, dan tonik.

Kulit Batang Kelor

Mengatasi karang gigi, gangguan pencernaan, flu, sariawan, antitumor, rematik, detoksifikasi, penetralisir racun ular serta kalajengking, sumber nutrisi, alat kontrasepsi dan afrodisiak.

Manfaat Akar Kelor

Antimikroba, karang gigi, flu, demam, asma, penguat jantung, antiinflamasi, rematik, bengkak kaki (edema), epilepsi, sakit kepala, afrodisiak, menjaga kesehatan organ reproduksi, penyegar kulit, mengobati penyakit ginjal, dan pembesaran hati (hepatamegali)

Di balik daunnya yang kecil, daun kelor ternyata mengandung khasiat yang begitu besar bagi kesehatan. Kurang lebih satu dekade lalu, kita mengetahui berita kelaparan dan gizi buruk di Ethiopia dan beberapa nega Afrika lain. Namun saat ini, berkat daun kelor dan program PBB bencana kelaparan tersebut tidak terdengar lagi.

Related Posts

49 comments:

  1. Luarr biasa tapi gimana cara mengolahnya gann toolong kasih tau juga

    ReplyDelete
  2. luar biasa thank berat,,, tapi cara olahnya gimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan kami buat artikel khusu mengenai cara meramu daun kelor untuk mengatasi berbagai penyakit. Karena caranya beda-beda untuk tiap penyakit.

      Delete
  3. biasanya kalao ada orang sakit dan disarankan untuk diberi obat dari sayur bening daun kelor itu artinya kondisi si-sakit sudah parah dan tidak ada harapan, artinya keluarganya harap sabar dan iklas.

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak manfaatnya juga ya .. baru tau nih ane ..

    ReplyDelete
  5. Saat ini zaman sudah praktis dan instan, cara pengolahan daun kelor tidak perlu ribet lagi.
    Kami menyediakan kapsul daun kelor ekstrak - teh daun kelor dan madu + ekstrak daun kelor.
    Silahkan hubungi kami jika anda berminat klik www.MaduKelor. com

    Terimakasih admin

    ReplyDelete
  6. baru tau kalau daun kelor atau tanaman kelor mempunyai banyak sekali manfaat.
    makasih gan infonya.
    salam kenal dan salam silaturahim sebab dengan bersilaturahim akan membuka pintu rizki kita semua.

    ReplyDelete
  7. very good good gooooooood..... Alhamdulillaaaaah

    ReplyDelete
  8. ternyata banyk khasiatnya, tq infonya

    ReplyDelete
  9. Sungguh Luar biasa makanya di takuti bangsa demit jika di konsumsi langsung bablas susuk dan ilmu demit di manusia

    ReplyDelete
  10. luar biasa kelor, seluruhnya bermanfaat bagi kehidupan (daun, bunga, biji, batang, akar).
    manfaatkan kelor untuk kehidupan yang lebih sehat.

    ReplyDelete
  11. di NTT sudah di lakukan pengembangan Kelor atau lebih dikenal dengan nama Marungga dan pengembangan ini akan dilakukan dalam jumlah lahan yang lebih besar dengan tujuan dapat memenuhi permintaan pasar dunia...

    ReplyDelete
  12. selain d olah sebagai obat,daun kelor bisa d olah sebagai apa saja?

    ReplyDelete
  13. Subhannallah... Dari Batang Hingga Daun sangat bermanfaat ^_^
    I'm Kailinese, I Love Kelor ;)

    ReplyDelete
  14. Subhannallah..............
    I'm Kailinese and I love Kelor! ^^

    ReplyDelete
  15. Makasih atas info kesehatannya...
    Dirumah sy banyak tanaman daun kelor,..
    Daun kelor memng sngat berguna untuk kesehatan....

    ReplyDelete
  16. daun kelor luar biasa kasiatnya tapi sayang sekarang ini sudah langka at susah dicari

    ReplyDelete
  17. terima kasih banyak , artikel ini sangat bermanfaat untuk saya dan sahabat-sahabat saya yang lain, saya sudah bookmark blognya kk,..

    Resep Bunda
    Reseper
    Download Software
    Sistem Pemerintahan Indonesia
    Sistem Ekonomi Indonesia
    Concert ID

    ReplyDelete
  18. wahhhh.. mantap infonya. kalau di daerah ku untuk daun dan buah kelornya dijadikan sayur..
    manfaat akar, batang dan bunga baru sekarang q tahu. thanks infonya y..
    sekedar info untuk resep sayur dari daun kelor.
    http://cara-perawatankecantikan.blogspot.com/2014/03/sayur-bening-daun-kelor.html

    ReplyDelete
  19. Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
    Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI LAMPER SARI SEMARANG
    chairul sarto utomo via sms telp
    085229348635. 08883932980 pin bb 75E8E26B TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

    ReplyDelete
  20. Kalau untuk Tonik Bagaimana cara meracik nya......? krn rambut saya mulai rontok, mohon informasinya...........

    ReplyDelete
  21. Om. Mnta referenainya ga? Karena kalo aku asal ngomong ke orang. Nnti orang ga bakal percaya. Buat promosi.

    ReplyDelete
  22. Om. Mnta referenainya ga? Karena kalo aku asal ngomong ke orang. Nnti orang ga bakal percaya. Buat promosi.

    ReplyDelete
  23. Jual serbuk daun kelor bentuk kantong dan bentuk kapsul. harga hub 081221415838

    ReplyDelete
  24. tolong dong cara pembuatannya nya juga

    ReplyDelete
  25. terimakasih atas info yang telah di berikan..
    maaf kalo boleh saya nanya, bagaiman cara mengkonsumsinya ya gan?
    makasih

    ReplyDelete
  26. nice info, sangat bermanfaat, thanks :)

    ReplyDelete
  27. Sewaktu saya kecil kalau saya sakit perut selalu dibalur dengan daun kelor dan kapur sirih, juga sering disuruh Ibu memanjat pohon kelor mengambil daunnya untuk dibuat sayur bening, sakit perut sembuh, sayur beningnya enaaaaak!

    ReplyDelete
  28. kalau mahu lebih banyak manafat atau kelebihan kacang kelor ini boleh baca di
    www.haji.myzija.com

    ReplyDelete
  29. Good info, terima kasih. Untuk mendapatkan jus daun kelor dan daun sirsak silahkan mampir Jus Daun Sirsak Untuk Mengobati Asam urat

    ReplyDelete
  30. lalu bagaimana cara meramunya?

    boleh juga klik link ini http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  31. Terimakasih informasinya, cukup membantu.
    Salam, Kumpulan produk Vitamin B3 [ http://goo.gl/hzFpPY ]

    ReplyDelete
  32. The website is very very good and very creative at all thanks has presented all of this.

    ReplyDelete
  33. eh... buruan, konsumsi daun kelor mas brow!

    ReplyDelete
  34. Yang butuh Serbuk Daun Kelor, Silahkan hubungi 081515549769.
    Harga terbaik, kualitas terjaga dengan baik.

    www.moringava.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. woowww...gak nyangka daun kelor yg biasannya di pakai sebagai tanaman
    pagar dan tumbuh liar di semak2 mempunyai kandungan nutrisi yg woww..

    ReplyDelete