Kandungan Manfaat dan Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/10/kandungan-manfaat-dan-khasiat-buah-naga.html
Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Kebanyakan orang mengira buah yang dianggap membawa berkah ini berasal dari Cina. Mungkin karena buah naga hampir selalu hadir dalam setiap ritual atau upacara adat di Cina. Padahal, buah ini aslinya berasal dari Amerika Latin yang kemudian menyebar ke Israel, Australia, Cina, dan negara Asia Timur lainnya, Srilanka, dan akhirnya Asia Tenggara.

Beberapa jenis kaktus yang menghasilkan buah naga antara lain:
  • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
  • Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga


Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.

Sumber Vitamin C

Buah naga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga yang dikeringkan terbukti mengandung 10 kali lebih banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Sumber Vitamin B1 (tiamin)

Vitamin lain dalam buah naga adalah Vitamin B1 atau tiamin. Fungsinya untuk memproses karbohidrat degnan cepat dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Sumber Vitamin B3 (niacin)

Buah naga ampuh menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 atau niasin di dalamnya. Vitamin ini juga mampu membuat kulit terlihat halus dan bercahaya secara alami dari dalam.

Sumber Vitamin B12

Kandungan vitamin B12 membuat buah ini menjadi perangsang nafsu makan yang baik. Terutama bagi orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan, buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kaya Serat

Buah naga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Kaya Mineral

Mineral yang terkandung dalam buah naga adalah fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel.

Kandungan Antioksidan

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Kandungan Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon, enzim, dan senyawa lain. Jagalah kadar protein dalam tubuh dengan mengonsumsi secara teratur buah ini.

Rendah lemak

Terdapat banyak biji-biji kecil dalam buah naga. Rupanya, biji ini merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan karena menurunkan kolesterol baik dan menghilangkan kolesterol jahat.

Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, buah ini paling baik dikonsumsi untuk mengontrol gula darah agar tetap seimbang.

Menurunkan tekanan darah

Konsumsi buah naga mampu mengembalikan tingkat hipertensi seseorang menjadi normal. Berita bagus nih untuk mereka yang berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Menetralkan racun

Racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, membahayakan kesehatan. Namun, semua racun dalam tersebut dapat dinetralkan dengan rajin mengonsumsi buah naga.

Kesehatan mata

Buah naga mengandung karoten yang membantu menjaga kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan. Inilah kabar baik buat mereka yang tidak menyukai makan wortel.

Menurunkan berat badan

Sedang diet? Coba masukkan buah naga sebagai camilan sehari-hari. Selama beberapa bulan berikutnya, Anda akan melihat badan Anda terlihat ramping dan idel. Mengkonsumsi buah naga dianjurkan untuk menurunkan berat badan anda.

Mengobati asma

Batuk dan asma, beberapa gangguan pernapasan yang sering menyerang anak-anak dan orang dewasa. Ringankan gejalanya dengan rajin mengonsumsi buah naga.

Nah, itulah kandungan nutrisi pada buah naga serta beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Sedikit tips bagi anda yang ingin membeli buah naga untuk dikonsumsi, pilihlah buah naga yang sudah benar-benar matang. Cirinya bila ditekan terasa empuk dan warna pinknya bagus serta kulit buahnya mulus.

Related Posts

49 comments:

  1. trims, atas artikelnya, sangat bermanfaat bos!

    ReplyDelete
  2. buah naga enak rasanya dan kaya manfaatnya..

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya mengenai khasiat buah naga semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Kandungan vitamin c yg tinggi mantab utk anti oksidan....

    ReplyDelete
  5. sangat menarik... ternyata banyak sekali manfaatnya... terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  6. Wortel juga mampu menyembuhkan batuk gan, wortel memang serba khasiat

    ReplyDelete
  7. salah satu buah favorit aku nih.. kaya manfaat dan banyak manfaat.

    ReplyDelete
  8. informasinya sangat membantu, semoga semakin bermanfaat aja, amiin . . .

    ReplyDelete
  9. informasinya sangat membantu, semoga semakin bermanfaat aja, amiin . . .

    ReplyDelete
  10. perlu konsumsi banyak ni buah naga untuk kesehatanku dan keluarga terimaksih banyak ya infonya...

    ReplyDelete
  11. mantap memang buah naga.saya kemarin mencoba buah naga merah dan tubuh terasa dahsyat.bagi temen yang berminat ane punya stok buah naga merah.

    ReplyDelete
  12. Buah naga memang sudah tidak riragukan lagi manfaatnya, semua mungkin tidak terlepas dari kandungannya.Thks

    ReplyDelete
  13. Lengkap sekali infomasinya, sy jadi ingin memasukkan buah naga menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi rutin :) Skrg buah naga sudah lebih mudah ditemui

    ReplyDelete
  14. Wah ,, ternyata buah naga kaya akan Manfaat :D

    ReplyDelete
  15. Buah naga juga kaya akan Anti-Oksidan ,, :D

    ReplyDelete
  16. wah sangat bermanfaat sekali gan n ane baru tahu klw buah naga ada manfaatnya untuk kesehatan..

    ReplyDelete
  17. wihhh ternyata banyak banget ya manfaatnya..
    makasih ya atas artikel dan infonya gan :D

    ReplyDelete
  18. gak rigu dah mampir baca, jadi nambah deh ilmunya

    ReplyDelete
  19. sangat bermanfaat gan :)
    nihh kalo yg pngen tahu makanan penambah tinggi badan bisa diliat dibawah ini :
    http://thewitwicky.blogspot.com/2014/07/9-makanan-penambah-tinggi-badan-dengan-cepat.html

    ReplyDelete
  20. wah baru tau kalau buah naga memiliki banyak manfaatnya..

    ReplyDelete
  21. apa lagi kalo buat anak-anak katanya bagus banget ya buah naga ini..
    visit to http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  22. kalo untuk anak-anak bisa do?
    terimakasih ;)

    sekalian juga yukkk http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  23. untuk anak-anak juga bermanfaat ya sist?
    makasih :D

    read more http://veriska.com/

    ReplyDelete
  24. waah ternyata buah naga selain enak banyak manfaaatnya juga ya buat kesehatan

    ReplyDelete
  25. blog yang sangat bagus bagi kita untuk menambah pengetahuan...
    kunjungi juga http://www.buahsaya.ml

    ReplyDelete
  26. ternyata buah naga tidak kalah dengan wortel dapat menjaga kesehatan mata. tidak salah jika harganya pun terbilang mahal dibanding dengan buah lainnya. Menurut saya, untuk seseorang yang ingin menjaga kesehatan mau dari intern atau eksternal, lebih baik mengkonsumsi buah naga setiap hari.

    ReplyDelete
  27. Thank you for presenting information that's very interesting.

    ReplyDelete
  28. wah luar biasa yah buah naga, ternyata manfaatnya dashat sekali...mau coba konsumsi rutin :)

    ReplyDelete