6 Kandungan Khasiat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/khasiat-bawang-bombay-untuk-kesehatan.htmlBawang bombay adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan cita rasa lezat dan aroma menggoda pada masakan. Selain untuk memasak, ternyata para leluhur kita banyak yang memanfatkan bawang bombay untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Apakah Anda penasaran manfaat apa yang terkandung dalam bawang bombay? Simak ulasannya berikut ini.

Khasiat bawang bombay



Dari hasil uji laboratirum membuahkan hasil bahwa makan setengah bawang bombay mampu menunrunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, secara otomatis tentu bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan jantung. Agar khasiatnya lebih terasa efektif, Anda bisa rutin mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

2. Melancarkan peredaran darah

Vitamin C dalam bawang bombay yang di dampingi oleh bantuan fitokimia dan nutrien dalam bawang bombay memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk melancarkan perredaran darah dan meredakan inflamasi. 

3. Mencegah osteoporosis

Jika orang tua Anda sudah memasuki usia lanjut, bujuk orang tua Anda untuk mengonsumsi bawang bombay secara teratur tiap harinya, karena senyawa khusus dalam bawang bombay mampu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang.

4. Membantu mengontrol gula darah

Selain mampu untuk melancarkan peredaran darah, bawang bombay juga berkhasiat untuk mengontrol gula darah dengan bantuan kromium yang terkandungnya. Kromium adalah mineral penting yang membantu sel-sel untuk merespon kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.


Bawang bombay kaya akan serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Sehingga jika Anda hobi mengonsumsi bawang bombay, penyakit seperti susah BAB atau sembelit akan menjauh dari Anda.

6. Meningkatkan sistem imun

Tubuh Anda harus tetap fit agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu langkah mudah agar menjaga kesegaran tubuh adalah dengan bawang bombay. Di dalamnya terdapat senyawa khusus yang di percaya berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun.

Itulah ulasan singkat mengenai kandungan khasiat bawang bombay untuk kesehatan setiap orang yang rutin mengonsumsinya. Jika Anda tidak menyukai bawang bombay apabila langsung dikonsumsi mentah-mentah, cari alternatif lain saja yaitu dengan menjadikannya bumbu masakan.

Related Posts