Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/06/manfaat-buah-semangka-untuk-kesehatan.html
Buah semangka lebih familiar di telinga kita dibanding sebutan lain yaitu tembikai. Buah ini berasal dari Afrika dan bisa bertahan hidup di ladang tandus karena mampu menyimpan cadangan makanan dalam dirinya. Buah semangka sangat cocok apabila dimakan ketika cuaca panas atau sering dikatakan sebagai tengah hari bolong karena tersimpan banyak air pada daging buahnya yang sangat segar.

Buah yang menyandang nama latin Citrullus Lanatus ini masih satu keluarga dengan timun-timunan. Kandungan nutrisi pada buah semangka cukup banyak dan masing-masing memiliki peranan tersendiri dalam tubuh. Beberapa diantaranya adalah Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, kalsium, karbohidrat, zinc, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Semangka


Setelah mengetahui sekian banyaknya jumlah nutrisi yang tersimpan pada daging buah semangka sangat mustahil apabila buah yang bercirikan dengan kulit berwarna hijau dengan corak berupa garis kehitaman memanjang ini tidak menyimpan khasiat untuk kesehatan.

Disadur dari beberapa situs kesehatan tepercaya berikut ini beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan maupun kecantikan kulit dari luar.

Obat Kencing Manis

Kencing manis atau diabetes adalah penyakit metabolisme yang dicirikan oleh berlebihnya kadar gula dalam darah (glukosa), sehingga mengakibatkan kerusakan pada pengeluaran insulin. Jika penyakit ini tidak segara diberi penanganan medis akan membahayakan kesehatan penderitanya.

Disini buah semangka bisa dijadikan sebagai obat tradisional kencing manis, caranya dengan menoreh kulit buah semangka dan dipadukan dengan jambu biji yang masih mengkal. Setelah itu rebus dalam 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas air, kemudian diminum apabila air rebusan sudah tidak dingin.

Menurunkan Tekanan Darah

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi akan rentan terkena serangan jantung ataupun stroke. Sebelum terlambat, segera turunkan tekanan darah secara intensif dengan melakukan pengobatan alternatif menggunakan buah semangka.

Caranya cukup dengan minum jus buah semangka segar sehari 2 kali, atau jika Anda sedang sibuk-sibuknya mengurus pekerjaan buah semangka bisa langsung dimakan dagingnya alias tanpa dijus.

Obat Sariawan

Sariawan disebabkan oleh kurangnya air yang melintasi lidah dan bakteri. Meski dikatakan sebagai penyakit yang mudah disembuhkan, sariawan membuat penderita jadi tak nyaman untuk berbicara ataupun makan.

Salah satu obat sariawan tradisional yang bagus adalah buah semangka. Caranya dengan menempelkan bagian hijau pada bawah daging buah semangka. Jadi apabila Anda sudah menghabiskan dagingnya, jangan buang bagian hijaunya, Anda bisa menempelkan dan menggosokannya pada sariawan.

Menambah Daya Ingat dan Konsentrasi Otak

Semangka yang manis ini ternyata bisa memacu otak untuk berkonsentrasi lebih baik. Anda hanya perlu makan buah semangka sehari minimal 1 sampai 4 potong. Anggap saja buah semangka ini sebagai cemilan sehat di waktu luang Anda.

Mengatasi Rambut Rontok

Rambut memang rentan terserang masalah, seakan silih berganti. Salah satu masalah kerusakan rambut yang menjadi momok mengerikan di mata para wanita adalah rambut rontok berlebihan.

Cara mengatasinya bisa dengan semangka, lebih tepatnya menggunakan kulit semangka yang digosokkan pada kulit kepala secara merata atau menyeluruh agar kerontokan rambut bisa diminimalisir. Untuk perawatan ini sebaiknya Anda melakukannya pada sore hari.

Obat Gatal di Kulit

Manfaat buah semangka lainnya adalah untuk mengurangi rasa gatal pada kulit akibat tanaman beracun. Caranya dengan menggosokan bagian hijau semangka pada kulit yang gatal. Jika gatal tak kunjung hilang, maka Anda wajib memeriksakan pada dokter kulit. Siapa tahu Anda terserang bakteri yang tidak biasa atau alergi.

Oke, itua dia beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan. Hmmh, ternyata selain manis dan menyegarkan semangka itu menyehatkan juga.

Related Posts