Menu Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/06/menu-makanan-sehat-untuk-berbuka-puasa.html
Info Kesehatan - Bagi umat Muslim, menjalani puasa Ramadhan selama sebulan penuh merupakan tantangan tersendiri. Setelah seharian berpuasa menahan lapar, tentunya ketika buka ingin menyantap makanan yang lezat dan menggugah selera. Lebih dari itu, menu buka puasa yang kita santap juga harus menyehatkan tentunya. Namun dalam kondisi ini, orang seringkali melupakan faktor kesehatan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka. Jika setelah menjalani puasa selama sehari tidak makan dan minum, namun ketika berbuka dengan makanan yang asal-asalan atau hanya enak tapi tidak bergizi maka tidak ada manfaatnya untuk tubuh.

Jika Anda tidak memperhatikan menu buka puasa yang Anda konsumsi, bukan hanya tidak ada manfaatnya bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kurang vitamin, maag dan sakit kepala. Selama menjalankan puasa wajib mendapat asupan gizi seimbang agar kondisi tubuh tetap prima meskipun berpuasa selama satu bulan penuh.

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa


Di bawah ini adalah makanan sehat untuk berbuka puasa yang dapat dikombinasikan dengan makanan sesuai favorit Anda. Selain mudah didapat, makanan ini juga mudah untuk diolah sesuai selera.

1. Beras merah
Mungkin Anda perlu mengganti nasi putih dengan nasi dari beras merah. Kenapa? Nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Nasi merah dapat membuat perut kenyang lebih lama dibanding nasi putih. Bukan hanya baik disajikan untuk menu buka puasa, nasi merah juga bisa disantap saat makan sahur.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran dengan daun hijau lebih mudah dicerna dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Oleh karena itu organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Sayuran berdaun hijau juga sangat dibutuhkan sebagai pemasok vitamin dan serat dalam tubuh. Memasak sayuran hijau juga tidak terlalu sulit, cukup ditumis atau disayur. Namun sebaiknya ketika memasak sayuran hijau jangan sampai layu karena akan banyak kandungan bermanfaatnya yang hilang.

3. Oat
Untuk yang menghindari nasi putih maupun nasi merah, Anda juga tetap membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Anda bisa membuat oat yang dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna oleh tubuh sehingga nutrisinya cepat diserap. Selain itu oat memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi ketika buka puasa.

4. Buah-buahan
Buah-buahan juga diperlukan ketika berbuka puasa. Tidak ada salahnya menyantap sepotong melon atau satu butir jeruk ketika berbuka puasa. Mengonsumsi buah-buahan ketika berbuka bisa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa seharian. Vitamin yang ada pada buah-buahan juga dapat membuat tubuh lebih segar sehingga lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah berikutnya. Selain itu, mengonsumsi buah segar juga dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengonsumsi makanan berat untuk berbuka puasa.

5. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan sudah dikenal mengandung protein yang tinggi. Ketika berbuka, mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Anda dapat membuat sayur asam atau sayur bayam dengan menambahkan kacang-kacangan di dalamnya. Kacang-kacangan mampu menjadi sumber protein yang diperlukan tubuh dan mudah dicerna serta tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa. Pasalnya begitu banyak Ibadah yang harus dilakukan pada bulan istimewa ini. Salah satu cara sederhana menjaga kesehatan selama bulan puasa yaitu dengan mengonsumsi menu berbuka puasa yang sehat seperti yang telah diuraikan di atas. Anda bisa mengkombinasikan makanan di atas sebagai menu berbuka Anda.

Baca juga artikel mengenai manfaat puasa dan cara puasa orang yang sakit maag agar kuat berpuasa sebulan penuh.

Related Posts