Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/08/manfaat-air-putih-untuk-kesehatan-dan.html
Air adalah komponen utama yang jumlahnya paling banyak dalam tubuh (memenuhi 58 - 77 persen). Kegunaan air dalam tubuh tentu tidak bisa dihitung secara pasti, tetapi hal utama yang diberikan oleh air putih bagi tubuh adalah menjaga kesegaran, melancarkan peredaran darah, memelihara fungsi saluran cerna dan mengeluarkan racun dalam hati.

Dalam satu tegukan air putih yang melewati bibir, lidah hingga ke tenggorokan dapat menghilangkan rasa haus dalam sejekap. Air juga sebagai obat paling murah, aman dan efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Itu karena air sama sekali tidak mengandung unsur yang membawa musibah seperti lemak, gula berlebih, kolesterol dan karbohidrat.

Manfaat Air Putih


Jika Anda adalah orang yang tiap harinya tidak lepas dari kegiatan berolahraga, artikel mengenai manfaat air putih ini sepertinya sangat cocok untuk Anda, tetapi jika sebaliknya semoga artikel ini dapat memotivasi Anda untuk rutin memenuhi kebutuhan cairan harian.

Merawat Kecantikan

Pertama, air putih menawarkan khasiatnya bagi kulit. Mencukupi kebutuhan air setiap harinya sangat membantu memelihara kondisi kulit tetap kencang, kenyal dan halus. Meskipun pada dasarnya kulit Anda berwarna gelap, kebersihan kulit Anda tetap jelas dipandang kedua mata.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Untuk mengolah makanan dan mengkonversinya menjadi energi tubuh, usus membutuhkan banyak cairan. Oleh karena itu agar proses pencernaan berjalan lancar Anda diwajibkan oleh tubuh Anda sendiri untuk banyak minum air putih.

Meningkatkan Sistem Imun dan Kesuburan

Dari hasil laboratorium penelitian lembaga riset trombosis di London. Inggris, seseorang yang setiap kali mandi menggunakan air dingin akan merasakan tubuh yang segar, bugar dan jauh berenergi. Mandi menggunakan air dingin juga meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh.

Sementara mandi dengan air dingin di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testoteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Yang pada gilirannya tingkat kesuburan yang menimbulkan gairan seksual pun akan bertambah.

Meskipun tidak ada kaitannya dengan air putih, tetap saja bagian dalam dan luar tubuh kita memerlukan bantuan tambahan dari air.

Obat Demam Paling Mujarab

Baru-baru ini terdapat sebuah tulisan dari seorang Ibu yang tinggal di Belanda, dirinya bercerita bahwa kala anaknya sakit di negeri penjajah itu sama sekali tidak diberikan obat oleh dokter.

Hal itu sempat memancing si Ibu untuk marah pada dokter, tetapi emosinya menjadi mereda setelah mendengarkan penjelasan dokter bahwa cukup berikan si anak air putih yang banyak dan paracetamol sudah bisa menurunkan suhu tubuh dalam waktu yang signifikan.

Menurunkan Berat Badan

Tadi telah dijelaskan kalau air tidak mengandung kalori dan lemak yang keduanya berkaitan dengan peningkatan berat badan. Sebanyak apapun Anda minum air putih, kemungkinan terburuk yang sebenarnya ringan adalah perut kembung sesaat.

Bahkan, para pakar diet menyarankan orang gemuk untuk minum air hangat sebelum makan agar perut merasa agak kenyang sehingga membuat dirinya melahap semua makanan. Ini merupakan cara paling mudah untuk menurunkan berat badan.

Penyeimbang Tubuh

Kinerja atau fungsi seluruh organ dalam tubuh sangat memiliki ketergantungan dengan air. Kurangnya jumlah cairan dalam tubuh dapat menurunkan aktivitas setiap organ, jika dibiarkan terlalu lama bakteri, virus, dan kuman penyebab penyakit dengan mudah menembus pertahanan tubuh sehingga jatuh sakit.

Dengan minum 8 - 10 gelas perhari kesemua organ tubuh, sel tubuh dan jaringan tubuh dapat bekerja dan saling melengkapi satu sama lain demi memelihara kondisi kesehatan. Itulah manfaat air putih yang patut Anda acungi jempol.

Related Posts