17 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/10/17-manfaat-bunga-melati-untuk-kesehatan.html
Manfaat bunga melati bagi masyarakat umum dikenal sebagai bunga pelengkap pada acara adat, acara hajatan, dan ritual di samping bunga kenanga. Bunga melati yang bernama latin Jasminum sambac ini memiliki ciri mahkota bunga berwarna putih membentuk susunan berlapis-lapis dan menghasilkan harum yang lembut dan tahan lama khas bunga melati. dengan daun yang mempunyai bentuk ovale dengan ujungnya yang meruncing dan berwarna hijau. Jenis tanaman bunga melati ini termasuk tumbuhan semak, dengan pohon tertingginya sekitar 7 meter.

Bunga melati sendiri selain di gunakan untuk keperluan adat, juga di manfaatkan sebagai bahan dasar parfum. Entah itu untuk campuran atau parfum khusus bau bunga melati. Selain itu juga digunakan untuk minyak pijat dan minyak aromaterapi di salon-salon kecantikan. Akan tetapi, manfaat bunga melati tidak hanya terbatas pada hal tersebut. Manfaat bunga melati juga mempunyai peranan besar untuk segi kesehatan.
  1. Bermanfaat untuk meringankan gejala insomnia. Rendam sejumput bunga melati yang masih segar dalam air dingin selama beberapa saat. Gunakan bunga melati yang baru di rendam tadi untuk di kompreskan ke kelopak mata anda. Hal ini untuk membantu menenangkan pikiran agar tidak mengalami kesulitan tidur
  2. Meringankan sakit pada kepala. Ambil sejumput bunga melati, rendam dengan minyak zaitun atau minyak kelapa selama dua belas jam. Lalu gunakan minyak untuk dioleskan pada pelipis agar sakit kepala dapat reda
  3. Bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada payudara. Apabila setelah menyusui anak anda lalu payudara anda iritasi maka gunakan bunga melati yang sudah di tumbuk untuk ditempelakan pada yang iritasi, maka secara bertahap luka tersebuta akan kering dan sembuh.
  4. Bermanfaat untuk meringankan kulit yang terbakar.
  5. Bermanfaat untuk meringankan sesak napas. Dengan cara ambil beberapa bunga melati beserta daunnya, rbus dalam segelas air dengan di tambahi garam secukupnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk di minum.
  6. Bermanfaat untuk mengurangi ASI yang berlebih.
  7. Bermanfaat untuk meringankan gejala peradangan usus.
  8. Bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada ginjal.
  9. Bermanfaat untuk meringankan iritasi mata merah serta bengkak, dengan cara merendam beberapa kuntum bunga melati ke dalam air, lalu bunga yang sudah di rendam tersebut gunakan untuk di kompres ke kelopak mata.
  10. • Bermanfaat untuk meredakan bengkak akibat sengatan lebah atau serangga, dengan cara mengoleskan tumbukan bunga melati yang dicampur dengan minyak zaitun pada luka bengkak.
  11. • Bermanfaat untuk meredakan nyeri pada otot, dan persendian, dengan cara pengobatan luar. Yakni bunga melati di tumbuk dan dioleskan pada yang nyeri sambil dipijat.
  12. • Bermanfaat sebagai antiseptic yang mampu mengobati segala macam iritasi pada luka.
  13. • Bermanfaat untuk menyehatkan system pencernaan, dengan cara meminum rebusan air bunga melati secara rutin
  14. • Bermanfaat untuk detoksifikasi yakni proses meminimalisri racun-racun dari bahan kimia yang ada di dalam tubuh, dengan cara meminum air rebusan bunga melati dengan ditambah perasan air jeruk nipis. Minumlah saat pagi hari dan ketika air rebusan masih hangat.
  15. • Bermanfaat untuk diet atau penurun berat badan berlebih dengan teh melati atau melati yang sudah di keringkan lalu di seduh dengan air panas.
  16. • Bermanfaat untuk merenggangkan saraf yang tegang serta gangguan saraf yang serius.
  17. • Bermanfaat untuk meningkatkan seksualitas pada laki-laki dan perempuan.

Sangat banyak bukan manfaat bunga melati? Apabila anda memiliki tanaman bunga melati di pekarangan, maka rawatlah agar tetap tumbuh subur. Karena apabila sewaktu-waktu anda mengalami gejala-gejala seperti diatas maka anda dapat memanfaatkan bunga melati ini sebagai obat tradisional.

Related Posts